Chaos Rings III

Chaos Rings III

1071

Art Chaos Rings III 01

Meskipun Chaos Rings III sudah dirilis di Jepang pada Oktober lalu, RPG populer ini baru menyambangi wilayah lain di luar Negeri Sakura tersebut sejak bulan Mei kemarin. Sebagai salah satu RPG yang dikembangkan oleh Media. Vision dan dirilis oleh Square Enix, Chaos Rings III merupakan penerus ke-4 dari seri game Chaos Rings setelah perilisan ketiga game sebelumnya yakni Chaos Rings, Chaos Rings Omega, dan Chaos Rings II. Berbeda dengan para pendahulunya, Chaos Rings III menjadi game pertama yang dirilis untuk handheld console PlayStation Vita. Untuk menambah pengalaman bermain, Square Enix memutuskan untuk melengkapi versi Vita yang berjudul Chaos Rings III: Prequel Trilogy dengan keempat game lainnya dalam satu paket.

Chaos Rings III dibanderol dengan angka yang cukup fantastis di mana di Google Play, game ini dijual dengan tarif hampir mencapai Rp270.000,-. Buat yang betul-betul penasaran harus memiliki kocek yang berlebih jika ingin menikmatinya. Tetapi harga yang tergolong premium untuk sebuah aplikasi game ini tidak datang begitu saja, karena ada estetika yang memang sepatutnya dibayar mahal. Chaos Rings III seolah-olah menasbihkan diri sebagai game Chaos Rings paling apik sekaligus epic. Pemakaian warna-warna yang lebih vibran dan cerah dengan dunia yang jauh lebih explorable membuat game ini pantas mendapatkan harga di atas rata-rata.

Screen Chaos Rings III 26

Predictable Story But Still Fun to Play
Chaos Rings III mengusung storyline yang mungkin sudah bisa kamu tebak, terutama jika kamu telah memainkan ketiga game sebelumnya. Bisa kami katakan kalau alur ceritanya tergolong sentimental dan sedikit melodramatis. Menurut ceritanya tokoh yang kamu mainkan kehilangan kedua orang tuanya di Marble Blue, planet di mana para Hunter berlomba-lomba mengeksplorasi tempat tersebut. Setelah usianya cukup dewasa ia memutuskan untuk menjadi Hunter juga, dan di sepanjang perjalanan ia akan bertemu dengan orang-orang yang kemudian menemaninya dalam berpetualang. Terdengar klise, bukan? Tapi jangan kecewa dulu karena sesuai harganya, Chaos Rings III bukanlah RPG biasa karena ada banyak kisah yang bisa kamu nikmati dalam permainan ini.

Beragam hal baru diperkenalkan oleh pihak developer dalam game ini, salah satunya adalah struktur mission serta penekanan gameplay pada special gene attacks, yang tak ayal menjadi salah satu perubahan paling besar dalam seri Chaos Rings. Meski begitu, Chaos Rings III tidak melepaskan elemen-elemen tradisional yang sudah biasa ditemukan dalam seri ini. Lain halnya dengan battle system yang terasa sebagai perubahan solid, di mana kamu akan mendapatkan anggota tim lebih banyak. Dalam Chaos Rings II kamu akan mengendalikan 2 orang selama gameplay berlangsung, tetapi dalam Chaos Rings III jumlahnya bertambah menjadi 3 orang. Setiap party member bisa bekerjasama demi menghasilkan kekuatan serangan yang powerful, jika kamu memakainya pada waktu yang tepat.

Setelah melewati introduksi di awal permainan, kamu akan diminta untuk memilih misi yang ingin dijalani. Sejumlah misi mungkin sudah kamu kenal dengan baik, terutama bagi mereka yang telah mencoba game-game Chaos Rings sebelumnya. Contohnya misi yang membawa kamu melewati berbagai stage guna menemukan item tertentu, atau misi yang membuatmu harus membunuh para monster di sepanjang perjalanan. Tetapi ada juga misi yang hanya menyuruh karakter utamamu untuk pergi ke sebuah kota, kemudian berbincang-bincang dengan sejumlah NPC yang terdapat di sana. Kalau boleh jujur, hanya sedikit misi-misi tersebut yang memiliki kaitan langsung dengan misi utama.

Screen Chaos Rings III 02

Sebagai bocoran, misi-misi sampingan tersebut bisa terdiri atas sebaris paragraf saja, atau hanya sekumpulan adegan sentimental yang dihadirkan dalam gaya Dragon Quest. Uniknya, semua side-quest tersebut bakal berubah-ubah setiap harinya dan kalau kamu tidak berhati-hati, maka kamu mungkin akan “tersesat jauh” sewaktu menjalankan misi-misi sampingan tersebut ketimbang saat mengerjakan misi utama. Untunglah Chaos Rings III menyuguhkan sistem save anywhere sehingga kamu bisa men-save perkembangan permainan kapanpun kamu mau.

Di samping Story Mode, ada juga Battle Mode di mana kamu bisa mengajak party member milikmu ke arena pertempuran untuk menjalani sejumlah tantangan. Tantangan-tantangan tersebut di antaranya adalah pertarungan dalam waktu yang terbatas dengan rewards menarik di akhir pertandingan. Setiap poin EXP yang berhasil kamu kumpulkan ketika berada di dalam mode ini bisa kamu bawa ke misi utama. Jadi jika kamu membutuhkan sedikit upgrade dan kehabisan misi sampingan untuk dijalankan, maka kamu bisa memilih Battle sebagai opsi tambahan. Namun sayangnya, Battle Mode hanya menyediakan sedikit percakapan dalam bahasa Inggris sehingga kamu bisa kebingungan mendengarkan komentar-komentar yang muncul terdengar dalam bahasa Jepang.

Screen Chaos Rings III 05

The New “Gene” System
Walaupun mekanisme permainannya tidak begitu berbeda jauh dengan JRPG lainnya, dan mungkin sudah sangat dikenal oleh para gamers yang gemar memainkan game jenis ini, Chaos Rings III memiliki keunikannya sendiri. Tidak seperti kebanyakan RPG di mana spell dan ability dipadukan dengan karakter yang kamu mainkan, di sini hal tersebut justru dipadukan dengan Gene. Gene merupakan sistem baru dalam Chaos Rings III yang memiliki konsep seperti cards. Setiap Gene yang kamu miliki bisa mendapatkan poin EXP selama dalam permainan dan sewaktu digunakan, Gene bisa memodifikasi status karakter utama – termasuk skill dan ability – yang tengah kamu mainkan. Tapi jika kamu menggunakan Gene yang baru, skill dan ability yang kamu miliki bakal kembali ke level 1.

Sama seperti kebanyakan game berbasiskan card, Gene dalam Chaos Rings III bisa kamu padukan dan upgrade untuk meningkatkan kemampuan karakter yang bersangkutan serta menciptakan kombinasi kemampuan baru. Tak hanya itu, kamu juga akan menghadapi pilihan untuk mengorbankan salah satu Gene untuk memberi kesempatan kepada Gene lain untuk naik level. Tetapi kamu juga bisa mendapatkan Gene secara acak dengan memanfaatkan koin yang sudah kamu kumpulkan di sepanjang permainan. Selain itu, koin-koin tersebut juga bisa kamu gunakan untuk membeli key yang bisa digunakan untuk membuka golden chest, membeli item yang sangat kuat, melanjutkan pertempuran (jika karaktermu tewas), atau membeli benda-benda lain yang bermanfaat.

Screen Chaos Rings III 12

Benda-benda paling murah yang bisa kamu beli dengan menggunakan koin adalah key yang hanya memerlukan dua keping koin. Dan percayalah, “membuang” beberapa keping koin untuk membeli key dapat menjadi investasi yang baik, karena biasanya golden chest berisi beragam item yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan beragam misi sampingan, atau memodifikasi equipment yang kamu miliki.

Kembali ke sistem Gene, sistem ini mungkin terasa sangat membingungkan bagi para pendatang baru. Namun jangan khawatir, karena setiap gamer memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk beradaptasi dengan sistem card dalam game bergenre JRPG. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan pengalaman tambahan dengan sistem seperti ini, selain menggabungkan dua Gene untuk menghasilkan Gene yang lebih kuat, kamu bisa menjualnya untuk membeli Gene yang lebih baik (atau mengumpulkannya satu per satu). Semakin banyak yang kamu kumpulkan maka level party member yang kamu miliki akan semakin tinggi. Tetapi seperti dalam kebanyakan RPG, penyimpanan Gene memiliki batasan sendiri yang, untungnya, bisa diperluas memakai koin yang langka.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah sistem MP yang disuguhkan dalam Chaos Rings III. Bagaimana tidak? Selama dalam permainan, MP tersedia dalam suplai yang terbatas. Tidak berarti kamu tidak akan bisa menyelesaikan permainan, hanya saja kamu dituntut untuk tidak menghambur-hamburkan magic spell yang kamu miliki. MP-nya sendiri bakal kembali tersedia secara real time. Memang bukan sesuatu yang salah, tetapi dengan ketiadaan IAP untuk meningkatkan jumlah MP maka kamu harus berpikir dua kali saat hendak menggunakan magic spell.

Screen Chaos Rings III 06

Bigger Maps Than Previous Games
Serupa tapi tak sama dengan game-game Chaos Rings pendahulunya, di sini kamu bisa menentukan jalannya cerita berdasarkan level yang kamu pilih. Semisal, sebelum kamu pergi ke area tertentu, kamu dapat memilih jangkauan level yang akan dijalani dan ketika sudah sering bermain, kamu bisa memilih level yang lebih tinggi. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai ability baru yang memungkinkanmu menavigasi stage dalam Chaos Rings III secara berbeda, di mana stage tertentu memiliki gimmick tersendiri yang tidak bisa dirubah. Sebagai contoh, dalam stage awal jalanmu dihadang oleh sungai hanya bisa diseberangi dengan menunggangi raptor. Selama menunggangi raptor, kamu tidak akan bertemu musuh namun binatang itu tidak bisa digunakan di dalam ruangan.

Selain itu, peta dunia yang disajikan di Chaos Rings III memiliki ukuran yang lebih besar dengan alur-alur sampingan bercabang yang jumlahnya lebih banyak. Tidak hanya bertambah kuantitasnya, variasinya pun semakin beragam. Ditambah lagi dengan tampilan visual grafis yang jauh lebih berwarna dan hidup. Pun demikian, kamu akan tetap menemukan area-area gelap yang seperti sudah disinggung sebelumnya, seirama dengan tema yang sudah diangkat dalam game-game pendahulunya.

Art Chaos Rings III 02

Final Thought
Seperti yang bisa kamu harapkan, Chaos Rings III memberikan presentasi yang mengagumkan dan luar biasa. Tampilan visualnya sangat cantik, ditambah dengan musik latar bernuansa ear-catchy yang bisa kamu dengarkan. Terlebih lagi animasi yang disajikan dalam game ini sangat halus dan hampir tanpa beban, meskipun tentu saja tidak semua perangkat iOS atau Android cukup kuat menjalankan game yang (setelah kamu unduh) ukurannya hampir mencapai 2GB ini. Di lain pihak, antamuka yang dihidangkan Chaos Rings III didesain dengan baik sehingga mampu memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan. Ada pula hal menarik lain yang disediakan oleh Square Enix, yaitu kemampuan bagi gamers untuk mengunduh chapter atau babak tambahan jika permainan akan segera berakhir. Sedihnya, Square Enix tidak memberikan dukungan iCloud bagi pengguna perangkat iOS. Selain itu, kamu juga tidak akan menemukan dukungan untuk MFi controller.

Secara keseluruhan, Chaos Rings III menawarkan pengalaman bermain JRPG yang lebih kaya, terutama jika kamu pernah memainkan game-game Chaos Rings sebelumnya. Harga premium yang dibanderol untuk game yang di Jepang tersedia juga untuk perangkat PS Vita ini tidak akan merugikan. ]

Overall Score: 8/10

Publisher: Square Enix Co., Ltd.
Developer: Media. Vision
Genre: RPG
Platform: Android, iOS, PS Vita
Price: Rp266.785,- (Android), $19.99,- (iOS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.