7 Comic Prequel yang Wajib Dibaca

598

Secara umum, menggarap sebuah sequel atau prequel bukanlah hal yang simpel karena menyangkut produksi game baru, yang tentu ribet dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Rupanya, banyak tim developer video game menemukan cara baru untuk menjelaskan cerita suatu video game, tanpa harus menambah pengeluaran yang setara dengan produksi game baru. Jika membuat kompilasi gambar bergerak termasuk mahal dan ribet, maka mereka membuat kompilasi gambar diam, atau dengan kata lain, komik!! Berikut ini adalah beberapa judul game yang memiliki prequel comic yang menarik untuk disimak. [Aseek]

Batman Arkham City

Komic prequel dari Batman Arkham City ditulis oleh Paul Dini dan digambar oleh Carlos D’anda, mengisi jeda antara Arkham Asylum dan Arkham City. Komik mini-seri ini mengambil setting waktu satu tahun setelah Arkham Asylum, dan menjelaskan bagaimana pusat kota Gotham jatuh di bawah kuasa villain baru yang menyebabkan pergeseran kekuasaan antara pemerintah dan para villain Gotham.

Dead Space

Komik prequel Dead Space adalah cerita sebelum Dead Space: Downfall, sebuah film animasi yang juga berupa prequel dari game pertama dalam serinya. Komik ini mengisahkan cerita seputar The Marker, dan bagaimana artifak alien ini mempengaruhi orang-orang di suatu koloni pertambangan, sehingga akhirnya berakhir pada awal mula kemunculan para Necromorph. Komik ini ditulis oleh Antony Johnston dengan desain gambar oleh Ben Templesmith.

The Evil Within

Ternyata, game horor dari Tango Gameworks dan Bethesda Softwork ini juga memiliki komik prequel, yang dilansir bertujuan untuk memperkenalkan “calon” pemain pada dunia horor penuh kegilaan garapan Shinji Mikami. Komik yang ditulis oleh Ian Edginton dan digambar oleh Alex Sanchez ini menceritakan perjalanan seorang mahasiswa muda bernama Dana. Ia pergi dengan tujuan mencari temannya yang hilang, namun tiba di tempat penuh dengan mimpi buruk.

InFamous

Seri InFamous yang mengisahkan petualangan Cole MacGrath dengan kekuatan listriknya ternyata terbilang sukses, karena dua game dalam serinya memiliki komik prequel-nya masing-masing. Komik prequel dari InFamous yang pertama lebih fokus pada mengisi kekosongan alur cerita pada game-nya, berbeda dengan komik prequel dari InFamous 2 menceritakan perjalanan Cole McGrath saat ia melarikan diri dari Empire City di game pertamanya, menuju New Marais yang menjadi setting game yang kedua.

Injustice: Gods Among Us

Injustice: Gods Among Us menghadirkan konsep pertarungan antarpahlawan super dan alur cerita yang sangat berbeda dalam dunia komik DC, sehingga Warner Bros. merasa perlu memberi latar belakang dari game terbitannya tersebut, yang muncul dalam komik prequel. Komik ini menceritakan bagaimana anggota Justice League terpecah akibat kejadian yang menimpa Superman, dan mengapa para superheroes bertarung satu sama lain dengan kekuatan yang dapat mengalahkan Superman. Komik ini ditulis oleh Tom Taylor, dan digambar oleh Jheremy Raapack, David Yardin, Mike Miller, dan Tom Derenick secara bergantian.

Mortal Kombat X

Dengan banyaknya game Mortal Kombat dalam serinya, ceritanya sendiri tampak campur aduk tak keruan. Namun untuk game terbaru dalam serinya ini, NetherRealm Studios memutuskan untuk membangun latar belakangnya sendiri dalam bentuk komik. Komik prequel ini intinya menceritakan latar belakang dari beberapa karakter dalam game-nya, dan terutama memperkenalkan karakter-karakter baru yang memulai debutnya dalam Mortal Kombat X. Komik ini ditulis oleh Shawn Kittelsen dan digambar oleh Dexter Soy.

Tomb Raider: The Beginning

Seri Tomb Raider “dilahirkan kembali” melalui game Tomb Raider terbaru, yang menceritakan awal mula kehidupan Lara Croft sebagai seorang arkeologis petualang, yang dimulai dari atas sebuah kapal laut. Rupanya, pihak Crystal Dynamics ingin menjelaskan cerita di balik awal petualangannya tersebut melalui komik prequel, yang ditulis oleh Rhianna Pratchett. Komik ini bercerita tentang bagaimana Lara Croft bergabung dengan kru film seorang arkeologis bernama Dr. James Whitman, dalam ekspedisi menyeberangi lautan mencari kerajaan Jepang Yamatai.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.