7 Game Jurassic Series Terbaik yang Wajib Dicoba

1122

Sejak ditayangkan untuk pertama kalinya di tahun 1993, Jurassic Park menjadi salah satu judul film yang sering diadaptasi ke dalam video game karena menampilkan satu tema utama: kembalinya para dinosaurus. Hal itulah yang membuat para developer berlomba-lomba untuk menampilkan “perseteruan” antara dinosaurus dengan manusia melalui berbagai judul. Tetapi di antara sekian banyak game yang diadaptasi dari seri film Jurassic Park dan Jurassic World, ada 7 di antaranya yang tampil lebih menonjol karena dibekali dengan satu atau lebih elemen permainan yang membuatnya menarik untuk dimainkan. Ingin tahu game mana sajakah yang dimaksud?

 

07. Jurassic Park (1993)
Developer: SEGA
Platform: Sega Genesis

Oldies but goodies; mungkin inilah sebutan yang cocok diberikan pada permainan rilisan tahun 1993 ini. Dalam game ini Anda dapat memilih untuk bermain sebagai Dr. Alan Grant atau Velociraptor, dan bertugas untuk mencapai akhir dari setiap level. Meski terdengar mudah namun pada prakteknya sangat berbeda karena tiap level dihuni oleh beragam “musuh” yang harus dihadapi oleh masing-masing karakter, juga beragam rintangan yang mengharuskan pemain untuk memutar otak demi melewatinya.

 

06. Jurassic Park (1994)
Developer: SEGA
Platform: Arcade

A very simple game where all you have to do is shoot shoot and shoot! Dalam permainan berjenis rail shooter ini Anda bermain sebagai anggota InGen Commando dengan misi “membersihkan” Isla Nublar dari para dinosaurus. Tugas pemain hanya menembak semua (atau sebanyak mungkin) dinosaurus yang terlihat di layar sambil melaju melewati setiap stage. Yang menarik, lewat penerapan Air Drive System maka tempat duduk kita dapat melonjak-lonjak ketika mencapai medan tertentu atau terkena serangan para dino. Cool!

 

05. Jurassic Park 2: The Chaos Continues (1995)
Developer: Ocean Software
Platform: Super NES, Game Boy

Munculnya perusahaan BioSyn di Isla Nublar dengan tujuan mengambil alih Jurassic Park memaksa Dr. Alan Grant untuk kembali ke pulau tersebut untuk menghentikan mereka. Mengusung genre side-scrolling shooter, pemain hanya perlu melewati setiap level sambil menembaki semua musuh yang ditemui, baik berupa manusia maupun dinosaurus. Tapi sejumlah stage menghadirkan rintangan berbeda yang harus diselesaikan, misalnya menemukan jalur yang benar untuk mencapai akhir permainan.

 

04. Jurassic Park: Operation Genesis (2003)
Developer: Blue Tongue Entertainment
Platform: PC, PlayStation 2, Xbox

Berbeda dengan game-game bertema Jurassic Park lainnya, Operation Genesis menugaskan pemain untuk menciptakan dan mengurus prehistoric theme park milikmu sendiri. Terdapat banyak hal yang wajib Anda perhatikan seperti menentukan penempatan para dinosaurus, memenuhi kebutuhan mereka, mengirimkan tim untuk mendapatkan DNA dinosaurus untuk diciptakan, hingga menjaga kepuasan para pengunjung. Meski awalnya terasa memusingkan tapi lama-lama player bisa ketagihan dan betah memainkannya selama berjam-jam.

 

03. Jurassic Park: The Game (2011)
Developer: Telltale Games
Platform: PC, PlayStation 3, Xbox 360, iOS

Bagi gamer yang lebih menyukai aksi dan tantangan, permainan garapan Telltale Games ini mungkin akan terasa membosankan. Namun untuk mereka yang lebih suka mendalami bidang storyline, Jurassic Park: The Game memiliki semua itu. Mengambil setting di antara film Jurassic Park dan The Lost World: Jurassic Park, di sini pemain dapat menemui beragam individu (di luar versi filmnya) yang harus bertahan hidup di Isla Nublar yang sekarang dikuasai oleh makhluk-makhluk prasejarah.

 

02. Jurassic Park Builder (2012)
Developer: Ludia
Platform: Android, Facebook, iOS

Pada dasarnya Builder memiliki gaya permainan yang sama dengan Operation Genesis, di mana pemain ditugaskan untuk menciptakan sekaligus mengurus theme park berisi para dinosaurus milikmu sendiri. Tapi di sini semuanya telah mengalami beragam peningkatan, di antaranya para dinosaurus dapat ditingkatkan levelnya untuk menghasilkan lebih banyak pemasukkan, hingga munculnya sejumlah misi yang dapat dijalankan. Permainan yang cukup addicting bagi para penyuka genre construction and management simulation.

 

01. Lego Jurassic World (2015)
Developer: TT Fusion
Platform: Multiplatform

Ingin memencoba video game yang tidak hanya seru untuk dimainkan, tapi juga bisa menjadi hiburan yang baik? Mungkin game garapan TT Fusion ini menjadi jawabannya. Tidak hanya menampilkan beragam puzzle yang menantang untuk diselesaikan, Lego Jurassic World juga memungkinkan player membuka banyak karakter untuk dimainkan yang masing-masing dibekali dengan kemampuan uniknya tersendiri – termasuk sang sutradara Colin Trevorrow bahkan Steven Spielberg! Di samping itu, game ini juga memungkinkan pemain untuk mengalami beragam adegan populer dari keempat film Jurassic tapi sudah diotak-atik sehingga mempunyai banyak elemen humor segar. Go ahead, try it!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.