Alasan Mengapa Pokemon Go Bukan Game Mobile Biasa

235

Intro

Game mobile paling ditunggu yang baru saja hadir ke perangkat smartphone, Pokemon Go, mengundang pemainnya untuk masuk ke dunia yang selama ini diimpikan oleh para penggemar seri ini. Sebagai game Augmented Reality (AR), pemainnya bisa berjalan di dunia nyata sambil membidikkan kamera smartphone mereka ke jalanan guna mencari Pikachu atau Snorlax yang mungkin bersembunyi di semak-semak.

Pokemon Go

Pokemon Go membawa pemainnya untuk menangkap Pokemon di wilayah tertentu. Setiap babak yang tersedia hadir dengan wilayahnya masing-masing. Dengan mengombinasikan Nintendo, The Pokemon Company, dan Niantic, game ini menjamin pemainnya untuk bersenang-senang dengan perangkat mereka.

Karena Niantic adalah pengembangnya, maka tak heran kalau perusahaan yang dulunya menyatu dengan Google ini menggunakan Google Maps untuk memetakan dunia para Pokemon. Sebagai game yang mendunia, Pokemon Go akan aktif di mana pun Anda berada. Meskipun hingga artikel ini diturunkan game ini baru tersedia untuk beberapa wilayah saja.

 

Gameplay unik di dunia nyata

Karena menggunakan tempat nyata sebagai dunianya, game ini menuntut Anda agar berada sekitar 100 kaki dari Pokemon, PokeStops, atau Pokemon Gyms jika ingin berinteraksi dengan meraka. Anda akan melihat lokasi-lokasi dan Pokemon tersebut ditempatkan secara otomatis menurut lokasi geografisnya. Sebagai contoh, Pokemon air akan berada di sekitar sungai atau danau, Pokemon Gyms berada di tempat-tempat keramaian seperti taman, mal, atau gereja. Sementara PokeStops sendiri berbasiskan lokasi-lokasi penting di wilayah Anda dengan menggunakan data dari Ingress, game terdahulu berbasis GPS milik Niantic. Jika ingin mendapatkan Poke Balls atau Potions, Anda harus pergi ke tempat tersebut.

Pokemon Go

Oleh karena itu, Pokemon Go akan menuntut Anda untuk pergi berjalan jauh jika ingin menangkap Pokemon yang muncul di peta atau jika ingin melatih Pokemon mereka ke Pokemon Gyms. Sesuai bagi Anda yang mobile, tetapi akan sangat menyiksa jika Anda adalah tipe mobile gamers yang senang diam di tempat. Tetapi justru aktivitas tersebut adalah salah satu sisi positif yang dimiliki oleh Pokemon Go. Siapa yang bisa membantah kalau berjalan-jalan adalah aktivitas yang buruk? Bahkan Anda bisa bertambah sehat!

Pokemon Go

Sayangnya, Pokemon Go menuntut pemainnya untuk terus terhubung ke Internet. Bayangkan Anda tidak memiliki koneksi yang stabil dan Anda harus berjalan ke wilayah-wilayah yang akan semakin memperparah jaringan Internet Anda? Merepotkan, bukan? Akan jauh lebih menyenangkan jika game ini juga bisa dimainkan secara offline.

 

Kaya fitur seperti seri animasinya

Di bagian bawah layar video terdapat bar Profile yang menampilkan sejumlah informasi karakter Pokemon Go yang diperlukan oleh pemain. Semisal avatar, nama profil, serta jenis Pokemon terdekat dan level yang mereka miliki. Sistem leveling untuk para pelatih di dalam Pokemon Go adalah kemajuan yang signifikan. Di dalam permainan Pokemon lain, Pokemon sendirilah yang hanya memiliki sistem kemajuan ini.

Pokemon Go

Oleh karena itu, kemampuan pelatih Pokemon di dalam permainan memungkinkan pemain mendapatkan kesenangan tersendiri. Kita tidak bisa menangkap Pokemon tanpa Pokeball. Pokeball atau bola Pokemon tidak hanya menjadi salah satu ikon Pokemon, tetapi juga akan menjadi fitur game yang harus dibeli.

Pokemon Go

Pokemon Go tersedia secara gratis di App Store dan Google Play. Tetapi tentu saja, game ini juga menwarkan pembelian di dalam aplikasinya. Dengan harga sekitar Rp 1,5 juta, Anda bisa mendapatkan 14.500 Pokecoins, sedangkan 100 Pokecoins dibanderol dengan harga Rp 15 ribu. Apa gunanya Pokecoins? Mata uang di dalam game ini bisa Anda gunakan untuk membeli Poke Balls atau umpan untuk menarik Pokemon ke lokasi Anda selama 30 menit. [SK/G+]

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.