Baru Dirilis, Nintendo Switch Online Sudah Disusupi Hacker

272

Baru 3 hari yang lalu Nintendo meluncurkan Nintendo Switch Online, tapi layanan tersebut sudah berhasil disusupi oleh hacker, yang menambahkan game-game NES yang bisa dimainkan! Selain dibutuhkan untuk memainkan beragam game secara online, Nintendo Switch Online yang diluncurkan pada tanggal 18 September lalu memungkinkan para pelanggannya untuk memainkan 20 judul populer dari konsol klasik Nintendo Entertainment System alias NES, di antaranya adalah Super Mario Bros., Donkey Kong, dan The Legend of Zelda. Dan ke depannya, Nintendo berjanji untuk menambah koleksi game yang bisa dinikmati secara berkala.

Namun, seorang hacker dengan nama sandi DevRin mengunggah video via YouTube yang menampilkan opening dari Battletoads, yang tidak termasuk ke dalam 20 game NES yang tersedia saat peluncuran, dijalankan menggunakan NES game apps di Nintendo Switch Online. Lewat video lain, ia memperlihatkan game Battletoads benar-benar dimainkan melalui Nintendo Switch.

Video itu menarik perhatian modder bernama KapuccinoHeck, yang kemudian melakukan penelitian terhadap hal ini. Dan hasilnya cukup mengejutkan: ternyata dari game-game NES yang tersimpan dalam aplikasi Switch Online memiliki ekstensi .nes, sama halnya dengan ROM (read-only memory) untuk game Nintendo Entertainment System untuk dimainkan melalui emulator. Dengan begitu maka hacker dapat meretas emulator app pada Switch Online dan menambahkan sendiri game-game NES yang ingin dimainkan.

Walau begitu, KapuccinoHeck (melalui surel yang ditujukan kepada situs Kotaku) menjelaskan bahwa memasukkan game-game NES ke dalam aplikasi Switch Online hanya bisa dilakukan melalui konsol Switch yang telah di-hack. Di samping itu, prosesnya juga tidak mudah dan terdapat resiko besar di mana akun Nintendo Switch milik sang pelaku di-ban secara permanen. Apalagi Nintendo dikenal begitu protektif terhadap produk yang mereka miliki, dibuktikan dengan tuntutan yang mereka layangkan pada situs LoveROMs dan LoveRETRO, yang menyediakan game-game NES untuk dimainkan melalui emulator. Namun, KapuccinoHeck juga mengatakan bahwa “celah” yang terdapat dalam aplikasi NES di Switch Online bukan hal yang mudah untuk diatasi oleh pihak Nintendo dalam waktu singkat. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.