Deus Ex: Mankind Divided

28

Di antara sekian banyak franchise yang menghadirkan alur cerita bernuansa dewasa, berhiaskan beragam intrik, pengkhianatan hingga konspirasi tingkat tinggi, Deus Ex menjadi salah satu seri yang berhasil meraih sukses di pasaran. Tidak hanya membekali dirinya dengan storyline yang rumit namun sanggup membuat para pemainnya penasaran, setiap game-nya mampu memberikan experience yang tinggi karena gamer dapat menggunakan beragam cara untuk memainkannya – memakai metode brutal dengan menghabisi semua musuh yang ditemui, melancarkan taktik stealth untuk mengalahkan lawan secara diam-diam, memperhitungkan semua pergerakan untuk menghindari konfrontasi secara langsung; semua tergantung pada keinginan player sendiri!!

Konsep tersebut terus dipertahankan dalam setiap game-nya, termasuk judul terbarunya yakni Mankind Divided selaku sequel langsung dari Human Revolution. Sebagai Adam Jensen, kini menjadi anggota pasukan khusus Task Force 29, kalian ditugaskan untuk mengatasi beragam aksi terorisme yang disebabkan oleh perpecahan di antara umat manusia – mereka yang mendukung mechanical augmentation dan kalangan yang menentang. Hal tersebut merupakan akibat dari Aug Incident, peristiwa di mana pemakai augmentation – yang disusupi biochip khusus secara rahasia oleh kelompok Illuminati – menjadi brutal. Namun seperti biasa, kasus yang dihadapinya berubah menjadi sangat pelik akibat adanya konspirasi kotor dari sejumlah kalangan…

Screen Deus Ex Breach 01

Filling the Loopholes
Adanya konspirasi yang melibatkan sejumlah faksi berpengaruh dalam dunia permainan Mankind Divided – contohnya Illuminati yang berusaha menguasai dunia melalui berbagai plot, Augmented Rights Coalition (ARC) yang berpihak pada pengguna augmentation dan masih banyak lagi – mengharuskan pemain untuk selalu berhati-hati dalam bertindak, dan tidak memberikan kepercayaan pada seseorang dengan mudah. Dan gamer, sebagai Adam Jensen, harus mampu membaca situasi dan serta memanipulasi mereka melalui beragam side-quest (di samping misi utama) demi menyelesaikan tugas yang kalian emban. Itulah salah satu nilai tambah bagi Mankind Divided yang patut diacungi jempol, di mana side-quest mampu memperkaya konten permainan.

Biasanya, side-quest hanya berupa misi tambahan sebagai pengalih perhatian supaya pemain tidak merasa cepat bosan. Namun Eidos Montreal mendesain misi-misi tambahan tersebut untuk mengembangkan storyline dari Mankind Divided, bahkan – setidaknya bagi kalangan gamer yang ingin mengetahui lebih jelas alur cerita yang terdapat dalam game ini – cukup penting untuk diselesaikan. Dengan mekanisme yang dinamis, tidak mustahil kalian bakal merasa seperti sedang menjalankan tugas utama ketika menyelesaikan sebuah side-quest karena semuanya berjalan begitu intens.

Screen Deus Ex Mankind 01

You Decide How to Play
Berkat kehadiran beragam fitur permainan yang mendukungnya, Mankind Divided akan memberikan reward bagi pemain tergantung dari playstyle yang mereka gunakan. Dan yang menariknya adalah: tidak ada satupun metode yang lebih unggul dibandingkan dengan metode lainnya. Untuk mereka yang menyukai aksi baku-tembak tingkat tinggi, kalian dapat memilih penyerangan secara frontal dengan menembaki semua musuh yang ditemui, mengaktifkan Titan Armor untuk mementahkan semua serangan yang ditujukan ke arahmu meski hal tersebut membuat energimu cepat terkuras, atau memanfaatkan kecanggihan sejumah augmentation pilihanmu. Intinya, game ini menyediakan semua yang dibutuhkan agar kita bisa menyerang secara agresif.

On the other hand, bagi kalangan yang menyukai tantangan lewat pemakaian metode stealth bisa menemukan beragam hal yang mendukung pemakaian metode ini. Mulai dari kemampuan untuk men-tracking posisi dan pergerakan musuh, cover system yang lebih baik di mana jagoanmu dapat bergerak dari satu tempat persembunyian ke tempat lain dengan cepat, melancarkan takedown untuk menghabisi lawanmu, dan lain sebagainya. Bahkan dengan sedikit kreativitas kalian bisa memanfaatkan AI lawan yang mumpuni sekalipun lho; dengan membuat bunyi-bunyian atau melempar benda-benda, kita bisa memancing perhatian seorang penjaga agar bergerak ke lokasi yang diinginkan sehingga menjadi mangsa empuk.

Ingin lebih ekstrim lagi? Cobalah menyelesaikan permainan tanpa membunuh seorangpun dengan menyelinap dari satu lokasi ke lokasi hingga menggunakan takedown yang tidak mematikan. Memang sih untuk melakukannya dibutuhkan kesabaran yang lebih besar, but you can totally do that. Pokoknya tidak ada cara yang salah dalam memainkan Mankind Divided.

Hal tersebut tentu menjadi angin segar bagi kalangan gamer karena mereka dapat menikmati permainan sesuai dengan seleranya masing-masing. Jadi, apakah itu menggunakan senjatamu untuk menghabisi musuh, mengendap-endap ke belakang mereka kemudian melancarkan takedown (atau menghindari kontak), meretas turret lalu memakainya untuk menghajar para penjaga, kalian tidak akan menemui punishment dalam bentuk apapun untuk melakukannya. Berbeda dengan game sebelumnya yakni Human Revolution yang “menganakemaskan” stealth, di mana pemain mendapat EXP lebih banyak jika memilih metode ini. Tentu hal ini menguntungkan mereka yang suka bergerak secara diam-diam, tapi tidak bagi kalangan yang suka terlibat dalam pertempuran dahsyat, betul?

Screen Deus Ex Mankind 03

Plan Your Augmentation
Usaha keras Eidos Montreal untuk memberikan kebebasan yang jauh lebih besar ketimbang yang disajikan dalam game sebelumnya, yakni Human Revolution, kelihatannya membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Pasalnya, Mankind Divided memberikan sejumlah opsi yang dapat diambil untuk menyelesaikan setiap situasi, selama kalian mempunyai EXP yang cukup tentunya. Untuk mendukung playstyle yang kalian sukai maka pihak developer telah menyediakan beragam augmentation yang dapat digunakan oleh jagoan utamamu. Yang menarik, karena pemakainya – alias Adam Jensen – tetap seorang manusia biasa, maka penggunaannya memiliki batasan tertentu agar tidak membebani tubuh sang host.

Yup, untuk menggunakan satu augmentation tertentu maka kalian harus menonaktifkan augmentation lainnya, dan hal tersebut memaksamu untuk memperhitungkan baik-baik fitur apa yang harus “dikorbankan”. Sebagai contoh, bagi mereka yang memilih untuk menggunakan strategi stealth, Remote Hacking sangat dibutuhkan karena memungkinkan kita untuk meretas berbagai hal dari jauh. Namun agar dapat memakai augmentation tersebut, apa yang akan kalian korbankan? Apakah Titan Shield yang memungkinkan Adam untuk menahan serangan selama beberapa waktu, kemampuan untuk men-track lawan, ataukah augmentation yang lain? Meski bisa diindahkan, tapi bersiaplah untuk menemui sejumlah negative feedback yang tentunya merugikan kita sendiri.

Screen Deus Ex Mankind 05

Step Into the Breach
Mankind Divided membawa permainan ke tingkat yang lebih tinggi dengan memperkenalkan multiplayer play melalui Breach Mode, fitur yang tidak ditemukan dalam game sebelumnya yakni Human Revolution. Di sini gamer tidak akan bermain sebagai Adam Jensen atau karakter lainnya tapi sebagai seorang Ripper, hacker versi masa depan yang melakukan penyusupan ke dalam dunia maya melalui teknologi Virtual Reality. Tugasmu pun sangat mudah: memasuki setiap server untuk mendapatkan sejumlah data point sambil sambil menghajar pasukan keamanan (baca: security software), kemudian pergi secepatnya dari sana sebelum keadaan berubah menjadi chaos. Premis yang sederhana memang, namun dalam prakteknya terasa sangat menantang lho!!

Bisa dikatakan kalau Breach merupakan versi sederhana dari permainan utama dalam Mankind Divided karena dalam menjalankan aksimu, kalian dapat menggunakan sebagian besar ability yang dimiliki oleh Adam Jensen. Awalnya kalian hanya dapat mengakses server kecil yang ditujukan sebagai tutorial, tempat di mana kita bisa mempelajari berbagai hal seperti meretas berbagai objek yang terdapat di lingkungan sekitarmu, mengunduh data yang diperlukan, dan lain sebagainya. Hampir lupa, Breach Mode juga menyediakan sistem skill tree yang – meski lebih sederhana dan terbatas – memungkinkan para pemain untuk mempelajari beragam skill yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Yang menarik, setiap server alias misi dalam Breach Mode mempunyai objective tersendiri yang mengharuskan pemain untuk beradaptasi. Sebagai contoh, dalam satu misi kita dibebaskan untuk menghajar semua musuh yang ditemui, sementara dalam misi lainnya jagoanmu harus menggunakan taktik stealth untuk menyelesaikan tugasmu. Uniknya, kadang kita bisa menemukan Darknet File berisi beragam kasus misterius di luar tugas utamamu yang – meski tidak harus – menarik untuk diselesaikan. Tergantung dari performamu dalam menjalankan misi, gamer bisa mendapatkan sejumlah uang untuk membeli beragam augmentation untuk memperkuat jagoanmu, meski bisa juga sih kalian memakai uang asli lewat fitur IAP yang disediakan.

Screen Deus Ex Mankind 07

Mankind Divided in Other Media 
Seperti halnya Human Revolution, pihak developer telah menyertakan sejumlah proyek tambahan untuk memperkaya lore dari Mankind Divided yang tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja. Proyek yang pertama adalah Deus Ex: Black Light, sebuah novel karya penulis kenamaan James Swallow yang mengisahkan tentang penyelidikan Adam Jensen dan rekannya Francis Pritchard demi mencari pihak yang bertanggungjawab atas Aug Incident – peristiwa yang membuat umat manusia terbagi ke dalam 2 kubu yang saling berseteru. Namun dengan semakin kuatnya pengaruh konspirasi yang menyelimuti dunia, bisakah Adam membawa kebenaran ke permukaan? Bagi yang berminat, Black Light telah tersedia di pasaran bersama dengan perilisan Mankind Divided.

Dan proyek yang kedua adalah Deus Ex Universe: Children’s Crusade, komik garapan Titan Comics yang terbagi ke dalam 5 chapter. Komik tersebut mengisahkan tentang adaptasi Adam Jensen sebagai anggota baru di pasukan khusus yang bertugas mengatasi terorisme yakni Task Force 29. Namun ketika menangani kasus penculikan yang dilakukan oleh sekelompok teroris, ia mendapati bahwa ternyata terdapat sebuah rahasia gelap di balik semua peristiwa yang terjadi!! Dengan gaya visual nan mantap disertai dengan storyline yang menarik untuk disimak, Children’s Crusade bakal menambah luas jalinan cerita yang dimiliki oleh Mankind Divided.

Screen Deus Ex Mankind 09

Final Thought
Melalui Human Revolution, Eidos Montreal – mengambil alih posisi Ion Storm selaku developer – mampu menjaga dan bahkan meningkatkan kualitas permainan dari seri Deus Ex. Selain mempertahankan semua keunggulan dari para pendahulunya, game tersebut berhasil menambahkan beragam hal positif seperti kehadiran beragam side-quest yang melengkapi storyline lebih jauh lagi, pengembangan di bidang gameplay dan lain sebagainya. Walaupun kelihatannya sulit untuk mengungguli standar yang ditetapkan oleh Human Revolution tapi ternyata Eidos mampu meningkatkan “prestasinya” melalui Mankind Divided, yang mampu menyajikan permainan dalam kualitas yang jauh lebih tinggi.

Lewat banyaknya variasi pendekatan yang dapat digunakan untuk menghadapi satu situasi tertentu, Mankind Divided benar-benar menyajikan fitur freedom yang mumpuni sehingga mampu memberikan experience yang menarik sesuai dengan playstyle milik setiap pemain.

Overall Score: 8/10
Publisher: Square Enix
Developer: Eidos Montreal
Genre: FPS, RPG
Release: Agustus 2016
Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *