Dompet Cryptocurrency Palsu Ditemukan di Google Play!

189

Sepekan terakhir ini, pengguna Reddit melaporkan dua aplikasi di Google Play yang telah menipu pengguna dengan menyamar sebagai dompet cryptocurrency. Dompet-dompet palsu ini adalah ADA Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet. Mereka diunggah oleh developer bernama CryptoWallmart dan masing-masing telah diunduh sebanyak 100 dan 500 kali.

Dengan meningkatnya popularitas cryptocurrency, bukan hal yang mengherankan bila melihat aplikasi jahat yang menyamar sebagai dompet  uang digital di Google Play Store. Penjahat siber tidak pernah berhenti mencari cara untuk memanfaatkan sebuah tren. Kami sendiri telah melihat aplikasi penambang cryptocurrency yang berpura-pura menjadi aplikasi populer di Google Play Store.

Bagaimana dompet palsunya bekerja?

Dompet ADA Cardano Crypto Wallet menipu pengguna sebagai dompet resmi Daedalus untuk cryptocurrency Ada Cardano. Aplikasinya menggunakan logo Daedalus dan mengklaim akan mengonversi koin cryptocurrency seperti Bitcoin dan Litecoin menjadi ADA Cardano. Namun, setelah dikirim ke alamat yang terdaftar di  aplikasi, uangnya akan lenyap.

Sementara itu, dompet All Crypto Currency Wallet mengklaim diris sebagai dompet multi-coin. Aplikasinya terlihat praktis. Namun, alih-alih menjadi dompet yang praktis, ia mencuri cryptocurrency yang dikirimkan kepadanya untuk diamankan. Aplikasinya bahkan menyertakan bonus untuk pengembangnya: tautan afiliasi dari Changelly, sebuah layanan yang membantu pemilik cryptocurrency menukar koin mereka dengan nilai tukar terbaik yang ada. Ketika pengguna mengeklik tautan afiliasinya dan menukar cryptocurrency yang mereka miliki dengan Changelly,  CryptoWallmart, sebagai pengembang ADA Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet,  akan mendapatkan 50% dari pendapatan dari Changelly.

Bagaimana melindungi diri (dan koin Anda) dari aplikasi penipu

Sesuatu yang harus dilakukan untuk melindungi perangkat seluler Anda adalah mengunduh dan memasang aplikasi antivirus, yang akan bertindak sebagai jaring pengaman dan melindungi Anda dari aplikasi jahat.  Avast Mobile Security  mampu mendeteksi dan menghapus aplikasi jahat.

Jangan mengunduh aplikasi selain dari toko aplikasi resmi, yang biasanya memeriksa keamanan aplikasi sebelum disediakan untuk umum. Namun, aplikasi jahat terkadang berhasil menyelinap masuk, sehingga penting bagi Anda untuk memverifikasi aplikasi yang ingin Anda unduh. Pastikan aplikasinya dibuat oleh sumber yang terpercaya dan tidak palsu. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs internet resmi perusahaan pengembang aplikasi yang mapan karena mereka sering mempromosikan aplikasi seluler mereka di sana dan membawa Anda ke tautan toko yang resmi di mana aplikasinya tersedia.

Selalu baca ulasan positif dan negatif sebelum mengunduh aplikasi apa pun. Bahkan, sekalipun sebuah aplikasi memiliki banyak ulasan positif, orang biasanya akan tahu apakah ulasannya asli atau dibuat-buat; ulasan positif yang mencurigakan bisa menjadi tanda bahwa sebuah aplikasi tidak boleh dipercaya. Dalam beberapa kasus, aplikasi memiliki ulasan negatif dan  pengguna melaporkannya sebagai aplikasi penipu. Ini tanda peringatan yang besar!

Langkah penting lainnya adalah membaca permintaan izin dari aplikasi dengan teliti. Jika izin-izin yang diminta tidak masuk akal dan sepertinya tidak diperlukan bagi aplikasi untuk berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum mengunduhnya. Secara umum, aplikasi yang menawarkan cryptocurrency sebagai imbalan atas nilai tukar yang lebih rendah harus dipertimbangkan sebagai penipuan. [Nikolaos Chrysaidos]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.