Etrian Odyssey X Hadirkan Kembali 4 Job Class Dari Installment Keempat

370

Beberapa waktu lalu, Atlus memberikan pengumuman bahwa mereka tengah menyiapkan installment terbaru dalam seri dungeon crawling RPG mereka yakni Etrian Odyssey X (baca: Cross), yang digadang-gadang sebagai judul terakhir untuk handheld console Nintendo 3DS. Di sini gamer bakal bermain sebagai salah satu dari ratusan adventurer dari berbagai belahan negeri, yang datang atas undangan Princess Persephone untuk menemukan harta karun yang tersembunyi di Lemuria, sebuah pulau terapung misterius di seberang lautan yang tertutup oleh awan.

Di samping mempertahankan berbagai fitur yang terdapat dalam game-game sebelumnya, Etrian Odyssey X juga menyertakan beragam elemen permainan baru ke dalam gameplay-nya. Di antaranya adalah kemunculan job class baru bernama Hero, prajurit tangguh yang bertarung menggunakan pedang serta perisai, dan tidak pernah menyerah meski berada dalam kondisi kritis. Selain dilengkapi dengan beragam skill yang bisa dipakai untuk membantu party member lainnya, Hero mempunyai wave attack nan kuat yang tidak dimiliki oleh karakter lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak update yang dibeberkan oleh Atlus mengenai game yang tengah mereka kembangkan, di mana info terkini yang mereka tampilkan difokuskan pada kembalinya 4 job class yang pernah muncul dalam Etrian Odyssey IV: Legends of the Titan yakni Landsknecht, Nightseeker, Arcanist, dan Imperial.

Landsknecht (Swordman dalam versi Jepang) merupakan pejuang garis depan yang bertarung memakai pedang maupun rapier. Berkat stats mereka yang seimbang maka job class ini sering dianggap sebagai jack-of-all-trade untuk bidang melee combat, sehingga membuatnya cocok digunakan dalam berbagai skenario pertempuran.

Berikutnya adalah Nightseeker, para assassin yang mampu menimbulkan beragam status ailment terhadap lawan melalui pisau lempar yang mereka gunakan. Tidak hanya itu, mereka juga dibekali dengan beragam skill jarak dekat nan berbahaya yang mampu melumpuhkan musuh dalam sekali serangan saja!

Job class selanjutnya yakni Arcanist (Mystic dalam versi Jepang) merupakan petarung jarak jauh, dikenal sebagai debuff-based class yang handal karena dapat menciptakan magic circle dengan kemampuan berbeda: bisa digunakan untuk melukai musuh, atau memulihkan rekan-rekan setimnya.

Terakhir adalah Imperial, petarung jarak dekat seperti halnya Landsknecht yang bersenjatakan pedang raksasa Drive Blade. Berbeda dengan job class lainnya, Imperial difokuskan pada menimbulkan damage besar dalam satu serangan, sehingga cocok digunakan untuk melumpuhkan lawan dengan cepat. Nantikan update berikutnya dari game yang menurut jadwalnya akan dirilis pada bulan Agustus 2018 nanti ini! [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.