Final Fantasy Explorers

660

Penggemar berat seri Final Fantasy yang tidak fasih berbahasa Jepang mungkin telah cukup menderita setelah Final Fantasy Explorers yang orisinal rilis di bulan Desember 2014 lalu. Game bertema Final Fantasy yang diinterpretasi dengan gaya Monster Hunter tersebut telah meramaikan platform 3DS terutama bagi para penggemar Final Fantasy, tapi sayangnya hanya tersedia dalam versi berbahasa Jepang. Maka pastinya merupakan kabar gembira saat FFE diumumkan dan akhirnya rilis dalam versi US yang berbahasa Inggris di bulan Januari lalu.

Screen Final Fantasy Explorers 15

A Massive Fan Service
Rasanya yang perlu ditekankan dari awal adalah bahwa Final Fantasy Explorers tampak didesain sebagai sebuah bentuk fan service, atau dengan kata lain merupakan game yang benar-benar ditujukan bagi para fans dari dunia Final Fantasy. Berbeda dari kebanyakan judul Final Fantasy lainnya, FFE mengadopsi gaya permainan Monster Hunter, yaitu sebuah 3D Action-RPG di mana aksi utamanya terdiri dari berburu monster-monster raksasa atau dalam kasus ini yaitu para Eidolon. Berburu Eidolon, bereksplorasi, dan tentunya mengumpulkan poin experience untuk naik level, membeli ataupun membuat equipment baru, dan mempelajari berbagai skill dan abilities.

Screen Final Fantasy Explorers 14

Satu elemen yang sangat menarik dan membuat permainannya sangat fun dan bervariasi adalah sistem job karakter a la Final Fantasy yang dalam dan inovatif. Final Fantasy dikenal salah satunya dari jenis job atau “profesi” karakter yang sangat banyak dan bervariasi, masing-masing dengan equipment dan abilities uniknya sendiri. Nah, di sini kamu dapat mencoba dan berganti-ganti antara semua jenis job dengan mudah dan sesuai keinginan kapanpun kalian mau!! Asalkan karaktermu berada di area hub atau kota. Sistem ini mendukung aksimu dalam combat dan eksplorasi karena setiap monster memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing, yang pastinya dapat diatasi dengan mudah ketika kalian memilih tipe job dengan tipe serangan yang tepat untuk melawan monster tersebut.

Screen Final Fantasy Explorers 02

A Weakness You Can’t Ignore
Sayangnya, daya tarik variasi dari sistem job tersebut tidak sepenuhnya menutupi kekurangan FFE yang cukup mengganggu, yaitu quests yang sangat monoton dan menjadi repetitif dengan cepat. Tidak hanya itu, perjalananmu untuk menemukan area baru ataupun untuk kembali ke area yang sudah dieksplorasi sebelumnya akan memakan waktu yang lama karena tidak ada pilihan untuk bergerak secara instan atau fast-travel. Hal ini menjadi extra menyebalkan karena seperti kebanyakan RPG dari developer Jepang, FFE sangat mendukung pemain untuk melakukan grinding, yaitu mengulang-ulang suatu level atau terus menerus mengalahkan satu jenis musuh untuk mengumpulkan experience atau loot-nya.

Screen Final Fantasy Explorers 07

Berdiri sendiri sebagai sebuah Action-RPG, Final Fantasy Explorers cukup berhasil dalam menyajikan aksi berburu monster yang fun, namun menawarkan elemen eksplorasi dan petualangan yang justru sangat terbatas akibat quest monotonnya. Di satu sisi, elemen-elemen unik yang menjadikannya sebuah game Final Fantasy membuatnya menjadi judul yang sangat menarik untuk dimainkan terutama bagi para penggemar serinya. Namun di sisi lain, faktor tersebut menjadi satu-satunya penyelamat dari ancaman jurang kebosanan yang akan menjebak para pemain baru yang tidak familier dengan dunia Final Fantasy.

Overall Score: 7/10

Publisher: Square Enix
Developer: Square Enix, Racjin
Genre: Action-RPG
Release: Januari 2016
Platform: Nintendo 3DS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.