Final Fantasy VII Remake – After all these years, the dream finally become reality!!

33

Terbayang bagaimana hebohnya pengunjung E3 2015 lalu saat mendapati bahwa Square Enix benar-benar me-remake Final Fantasy VII. Akhirnya, game yang sangat diharapkan oleh gamer selama bertahun-tahun terkabul juga!! Tidak hanya tampilannya yang berubah – kini tampak jauh lebih realistis dan spektakuler ketimbang versi aslinya, FFVII Remake meninggalkan sistem permainan aslinya yang memakai ATB (Active Time Battle), di mana ketiga party member-mu dan lawan menyerang secara bergiliran. Satu-satunya fitur yang asli adalah storyline-nya, yang menceritakan usaha Cloud dan grup Avalanche melawan perusahaan Shinra demi melindungi planet Gaia, namun akhirnya terlibat dalam masalah yang jauh lebih berbahaya.

Screen FFVII Remake 14

Berdasarkan demo yang telah diperlihatkan, Final Fantasy VII Remake terlihat lebih mirip dengan Final Fantasy XV karena menampilkan permainan yang action-oriented. Pasalnya, dalam demo tersebut nampak Cloud bergerak dengan bebas di area permainan hingga menyerang pasukan Shinra dengan Buster Sword-nya yang berukuran besar. Yang menarik, pihak developer mengatakan bahwa ATB masih digunakan dalam game ini meski fungsinya bukan untuk memilih command – contohnya Attack, Magic, Item, Summon – yang ingin digunakan, melainkan untuk sistem baru yang masih dirahasiakan. Tidak hanya itu, Remake juga akan menampilkan sistem permainan unik lainnya yang berbeda-beda tergantung dari gaya bermain setiap player. Cool!!

Screen FFVII Remake 12

Masih sama dengan versi aslinya, Remake tetap menampilkan party yang terdiri dari 3 karakter yang bisa digonta-ganti selama dalam permainan, plus kemampuan untuk memilik equipment yang ingin dipakai, meski belum ada kabar mengenai Materia yang menjadi fitur utama dalam Final Fantasy VII. Satu hal yang mungkin mengejutkan para fans adalah: Final Fantasy VII Remake tidak dirilis secara “utuh” melainkan terbagi ke dalam beberapa episode, di mana setiap episode akan menghadirkan experience yang menarik. Walau mungkin mengecewakan tapi hal tersebut bisa dipahami, karena untuk membuat game se”besar” FFVII dengan tampilan sedahsyat FFXV dibutuhkan sumber daya (dan waktu) yang sangat besar.

Screen FFVII Remake 02

Yang lebih mengejutkan adalah: Square Enix menyatakan bahwa bagian pertama dari Final Fantasy VII Remake telah rampung, dari awal sampai akhir – untuk episode 1 maksudnya. Apakah hal tersebut menandakan kalau chapter pertama dari petualangan Cloud Strife – bersama pasukan Avalanche – bisa segera gamer nikmati dalam waktu dekat ini? Mudah-mudahan sih begitu.

Publisher: Square Enix
Developer: Square Enix, CyberConnect2
Genre: Action-RPG
Release: TBA
Platform: PlayStation 4