Final Fantasy XV: Pocket Edition HD Kini Muncul di PS4 dan Xbox One

471

Sekitar seminggu lalu, gamer dikejutkan dengan munculnya ikon Final Fantasy XV: Pocket Edition HD dalam PlayStation Store di kawasan UK. Meski muncul pemberitahuan “This content cannot be selected at this time” saat di-click, kehadiran ikon dari game Final Fantasy XV “versi sederhana” yang dirilis di Android, iOS dan PC pada awal 2018 tersebut membuat banyak kalangan berasumsi bahwa sang publisher, Square Enix, berencana membawa mobile game tersebut ke platform lain.

Dan sekarang, asumsi tersebut telah terbukti melalui munculnya pengumuman resmi dari pihak Square Enix. Diinformasikan bahwa pada tanggal 7 September lalu, mereka telah merilis versi digital dari Final Fantasy XV: Pocket Edition HD untuk PlayStation 4 dan Xbox One, dan akan menyambangi Nintendo Switch dalam waktu dekat ini. Square Enix menyebutkan bahwa di minggu pertamanya, game tersebut akan dijual dengan harga 40% lebih murah dibanding harga orisinalnya yakni $29.99/£24.99 (sekitar Rp450 ribu).

Pocket Edition merupakan penyederhanaan dari Final Fantasy XV yang telah dirilis tahun 2016 lalu di platform PlayStation 4 serta Xbox One. Ceritanya difokuskan pada Noctis Lucis Caelum (ditemani ketiga rekannya yakni Prompto, Ignis dan Gladiolus), putra mahkota kerajaan Lucis yang berusaha mengambil kembali takhta kerajaan serta Crystal, yang direbut oleh kerajaan Niflheim. Final Fantasy XV: Pocket Edition tetap menghadirkan semua bagian dari main story beserta sejumlah event penting yang terjadi, namun dengan gameplay yang lebih sederhana ketimbang versi orisinalnya.

Beberapa contoh penyederhanaan yang bisa ditemukan dalam game ini adalah: hilangnya fitur open world, pemakaian sistem point and click untuk menggerakkan karakter, dan pertarungan yang biasanya memakan waktu cukup lama kini bisa diselesaikan dalam beberapa tap saja. Meski begitu, Pocket Edition menghadirkan sejumlah side-quest unik yang tidak bisa ditemukan dalam versi orisinalnya, seperti treasure hunting dan fetch quest. Final Fantasy XV: Pocket Edition dibagi ke dalam 10 chapter, dan hanya chapter pertama saja yang bisa diperoleh secara gratis sehingga pemain harus membeli 9 chapter lainnya untuk mendapatkan permainan yang utuh. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.