Gamesiklopedia – Evolution of Hidden Blade ~ An assassin’s deadliest weapon

320

Kata Pengantar

Meski di setiap masa gamer bakal menemukan sosok assassin yang berlainan, mulai dari Altair hingga Jacob dan Evie Frye, namun mereka semua mempuyai satu kesamaan yang paling mencolok yakni: sama-sama menggunakan Hidden Blade sebagai senjata utama. Bahkan bisa dikatakan kalau Hidden Blade ialah senjata yang menjadi perlambangan Assassin Order!

Hidden Blade pertama kali dipakai oleh anggota Assassin Order yang berada di Masyaf. Untuk memakai senjata tersebut dengan baik maka seorang assassin harus merelakan jari manisnya untuk dipotong agar bilah pisaunya dapat keluar dengan baik tanpa mengenai (serta melukai) jari manis si penggunanya. Namun hal tersebut membuat anggota Assassin Order lebih mudah untuk diketahui oleh pihak lawan. Hingga akhirnya, Altair menuliskan desain baru untuk Hidden Blade di mana pemakai tidak usah memotong jari tangannya dalam sebuah codex, yang kemudian dikembangkan oleh penemu jenius Leonardo da Vinci. Sebagai hasilnya, Ezio tidak perlu memotong jarinya untuk memakai senjata tersebut!!

Art Assassin's Creed Hidden Blade 01

Seiring dengan berjalannya waktu, desain Hidden Blade pun semakin berkembang untuk mengakomodasi kebutuhan sang assassin. Salah satu fitur yang paling bermanfaat adalah penambakan mekanisme khusus untuk menembakkan projectile, baik dalam bentuk dart atau bilah dari Hidden Blade itu sendiri, yang memungkinkannya untuk membunuh atau melumpuhkan sasaran dari jarak jauh. Oh, diawali dengan “trend” yang dipakai oleh Ezio, memakai dua Hidden Blade menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan dan bahkan menjadi pertanda bahwa si penggunanya adalah seorang Master Assassin. Satu lagi: jika biasanya Hidden Blade dipasang pada bagian lengan, beberapa assassin (salah satunya adalah Shao Jun, tokoh utama dalam Assassin’s Creed Chronicles: China) memakai senjata bernama Hidden Footblade yang dapat mengeluarkan pisau dari kakinya!!

Hidden Blade bahkan masih digunakan oleh para anggota Assassin Order di jaman modern ini, yang dilengkapi dengan beragam teknologi canggih sehingga tampil semakin berbahaya. Contohnya Hidden Blade milik Siobhan Dhami (dari graphic novel Assassin’s Creed: Brahman) yang dilengkapi mekanisme self destruct yang dapat menghasilkan ledakan dahsyat ketika pemakainya meninggal!!

 

Hidden Blade Variations

Variation - Altair's Hidden Blade 01

  • Hidden Blade
    User: Altair Ibn-La’Ahad
    Meski desainnya masih sangat sederhana tapi di tangan Altair, Hidden Blade menjadi senjata yang sangat mematikan. Sayangnya, karena durabilitas tidak begitu baik maka bilah pisau yang terdapat dalam senjata tersebut tidak cocok digunakan untuk pertarungan frontal.

 

Variation - Ezio's Hidden Blade 01

  • Dual Hidden Blade & Hookblade
    User: Ezio Auditore da Firenze
    Berkat catatan penelitian yang dibuat oleh Altair, Leonardo da Vinci mampu menciptakan Hidden Blade yang kualitasnya jauh lebih baik sehingga dapat digunakan dalam pertarungan. Bahkan senjata ini mendapatkan tambahan modifikasi selanjutnya yakni Hook Blade, yang memungkinkan user-nya untuk bergelantungan dengan lebih leluasa.

 

Variation - Connor's Hidden Blade 01

  • Pivot Blade
    User: Connor Kenway
    Jika dilihat sekilas, bentuk Hidden Blade yang digunakan oleh Connor tidak bebeda dengan desain sebelumnya. Tetapi uniknya, bilah yang dimiliki senjata tersebut bisa berotasi sehingga membuatnnya dapat digenggam layaknya sebuah pisau biasa.

 

Variation - Edward's Hidden Blade 01

  • Hidden Blade
    User: Edward Kenway
    Bentuk dari Hidden Blade yang digunakan oleh Edward Kenway tidak berbeda dengan desain senjata milik Ezio, hanya saja bilah pisau yang digunakan lebih lebar. Di luar itu, Hidden Blade milik Edward dihiasi ornamen tengkorak yang menandakan bahwa ia adalah seorang pirates.

 

Variation - Arno's Hidden Blade 01

  • Phantom Blade
    User: Arno Dorian
    Perubahan desain Hidden Blade paling drastis bisa ditemukan di era Arno Dorian, di mana senjata tersebut dilengkapi dengan mekanisme khusus yang dapat “mengembang” menjadi semacam busur. Dengan begitu maka ia mampu menembakkan beragam jenis dart untuk melumpuhkan atau bahkan menghabisi musuh dari jauh!!

 

Variation - Jacob's Hidden Blade 01

  • Assassin Gauntlet
    User: Jacob & Evie Frye
    Hidden Blade paling canggih (untuk saat ini) yang digunakan oleh Jacob dan Evie Frye. Selain dibekali dart gun untuk menembakkan beberapa jenis dart, senjata ini juga dilengkapi dengan grappling hook sehingga keduanya bisa mencapai tempat-tempat yang tinggi.

 

Variation - Connor's Hidden Blade 02

Did You Know?

  • Patrice Desilets, salah satu direktur kreatif untuk seri Creed Assassin ini menyatakan bahwa penambahan blade kedua di Assassin Creed II juga memiliki alasan jelas: “karena ini ada game Assasin Creed II, maka pisaunya juga ada dua bilah.
  • Hidden Blade (hadir dengan nama Sharp Dresser) jadi salah satu senjata yang bisa digunakan oleh kelas Spy dalam Team Fortress 2 buatan Valve.
  • Dalam web series Man at Arms, tim Sword and Stone serta Baltimore Knife & Sword pernah menciptakan Hidden Blade milik Edward Kenway dan Arno Dorian.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.