Ghost in the Shell: Stand Alone Complex Online – First Assault

142

Diadaptasi dari serial Manga dan Anime populer Jepang, kamu mungkin sudah mengenal Ghost in the Shell sebagai sajian yang menarik dan penuh intrik. Kisah yang diangkat dari komik asli karangan Shirow Masamune ini akan beralih ke dimensi lain yang lebih modern, dunia game. Kini, hadir Ghost in the Shell: Stand Alone Complex Online – First Assault sebagai game berjenis FPS yang dikembangkan oleh Neople. Kalau kamu tahu, Neople sendiri merupakan tim pengembang yang berada di balik Dungeon Fighter Online dan tak henti-hentinya mengungkapkan gairah mereka terhadap seri Stand Alone Complex ini. Di sini player akan berperan sebagai elite augmented soldier yang melengkapi diri dengan berbagai perlengkapan senjata canggih dan skill khusus. Tak ayal kemampuan kamu akan melampaui kekuatan pasukan militer lain.

Stand Alone Complex bertujuan untuk menciptakan perdamaian di kota Jepang serta melindunginya dari serangan teroris, pembajak, dan organisasi kriminal yang ternyata berkaitan erat dengan kejahatan di dunia maya. Stand Alone Complex terdiri atas kesatuan tim dengan operasi yang disebut Public Security Section 9. Dikisahkan, masa depan dunia (khususnya Jepang) berada dalam bahaya. Section 9 duberikan tugas guna mencegah segala tindakan yang bisa merugikan. Kalau kamu sudah hafal betul manga atau anime-nya, kamu pasti tidak akan seterkejut para newbie. Betapa tidak, Neople menjanjikan akan berkiblat ke serial aslinya sebisa mungkin. Bahkan berbagai lokasi yang ada di game juga sama dengan aslinya. Lebih jauh lagi, pengisi suara karakter-karakter di dalam game ini pun masih menggunakan pengisi suara dari animenya.

Screen Ghost in the Shell Online 01

Stand Alone Complex menggunakan sistem bernama Skill Sync yang memungkinkan player mengombinasikan skill miliknya dengan skill pemain lain. Di lain pihak, semua karakter dalam Ghost in the Shell: Stand Alone Complex – First Assault diambil dari seri aslinya, baik kepribadian maupun kemampuannya tidak memiliki perbedaan. Karena keunikan karakter-karakternya tersebut, itulah yang membedakan Stand Alone Complex dengan game FPS lainnya. Kembali pada sistem Skill Sync tadi, saat karaktermu bergerak dan mengombinasikan skill miliknya dengan anggota tim lain, struktur game nya juga berbeda dengan standard shooter yang lain. Di sini kamu tidak hanya dituntut untuk memiliki jiwa kerjasama yang baik, tetapi juga harus peka terhadap strate kombinasi kemampuan atau skill. Saat karakter pemain lain berdekatan dengan karaktermu, kamu bisa mengunduh kemampuannya dan menggunakannya dalam pertarungan untuk jangka waktu tertentu hanya dengan mengetuk sebuah kunci. Ketika pemain lain ingin membagikan skill miliknya, di layar kamu akan melihat notifikasi yang bisa kamu gunakan seketika.

Screen Ghost in the Shell Online 04

Currency (GP) disediakan di sepanjang gameplay untuk kamu kumpulkan. Untuk semakin memperkuat karakter yang kamu mainkan, semua senjata tersedia untuk kamu buka dan kamu beli dengan GP tadi. Lain halnya jika kamu ingin mengubah penampilan karakter, kamu harus mengeluarkan uang. Ada tiga karakter yang bisa kamu mainkan secara gratis, sedangkan sisanya harus kamu dapatkan dengan menggunakan Operative License yang meminta GP. Setelah misi selesai, pemain juga akan menerima imbalan dalam bentuk augment modification chips yang bisa kamu aplikasikan ke karakter yang kamu pilih. Untuk menjaga keseimbangan permainan, Neople meyakinkan kalau sistem ini tidak akan membuat karakter yang kamu mainkan memiliki kekuatan di luar batas. Hal serupa juga berfungsi untuk senjata yang kamu miliki dan senjata yang ada di toko.

Screen Ghost in the Shell Online 02

Stand Alone Complex menyediakan beberapa mode. Seperti mode Terminal Conquest yang memiliki sistem capture and hold. Saat berpetualang di mode ini, kamu akan menemukan sejumlah terminal aktif di sekeliling peta yang harus dipegang oleh anggota tim dalam periode waktu tertentu. Mode ini menuntut lebih banyak koordinasi tim sehingga sistem Skill Sync tadi akan bisa lebih bermanfaat. Saat berada di sekitar terminal, kemungkinan tim lain akan berupaya untuk menyingkirkan tim kamu. Strateginya kamu bisa menggunakan satu anggota tim yang ada dalam mode tak kasat mata atau stealth. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti tutorial yang muncul di layar. Sekali ketuk pada kunci tertentu bisa mengubah terminal ke dalam keadaan stealth sehingga tim musuh akan kesulitan menemukan target. Di dalam modus operasi Section 9 kamu juga akan menemukan banyak ragam skills, termasuk pencari drones, sensor panas untuk menemukan musuh di balik dinding, senjata, kemampuan yang bisa meningkatkan kecepatan kamu, baju jel nano untuk mengembalikan daya HP, sebuah Arm Launcher guna meluncurkan misil tersembunyi, dan sebagainya.

Screen Ghost in the Shell Online 08

Mode terakhir yang bisa kamu mainkan di Stand Alone Complex adalah Demolition. Di dalam mode ini dua tim akan ditempatkan di sebuah tempat penuh ranjau/bom di mana setiap tim harus mempertahankan diri dari peledakan bom. Peta dunianya sendiri diadaptasi dari episode ke-9 seri Ghost in the Shell atau tepatnya di Section 9 PSS9 HQ. Peta tersebut memiliki dua target pemboman dengan tim kamu yang akan dibagi ke dalam dua grup. Sistem Skill Sync menjadi lebih penting di mode ini karena setiap anggota tim harus bisa bertahan hidup selama mungkin.

Tanggal rilisGhost in the Shell: Stand Alone Complex Online – First Assault memang belum ditentukan, tetapi kesempatannya menjadi FPS yang dinanti tahun 2016 ini sangat besar. Sistem Skill Sync membuat permainannya menjadi unik, sedangkan semua fitur shooternya memberikan elemen tambahan sehingga membuatnya berbeda.

Publisher: Nexon
Developer: Neople
Genre: MMOFPS
Release: TBA 2016
Platform: PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.