Hatred

Hatred – Kill em’ all until you get bored

156

Wall Hatred 01
Membantai semua orang dalam sebuah game bisa dibilang menjadi dosa yang menyenangkan bagi kebanyakan gamer. Bagaimana tidak: kalian bisa dengan bebas membunuh semua orang melalui berbagai cara. Hal ini pernah ditawarkan oleh game jadul berjudul Postal, dan kini Hatred pun lahir untuk mengikuti jejak game brutal tersebut. Namun apakan Hatred tetap menarik untuk dimainkan, atau hanya menjual kontroversi agar gamer penasaran untuk memainkannya?

gb_Screen Hatred 13

Hate Without Reasons
Perjalanan Hatred sebenarnya tidak terlalu mulus karena di awal kehadirannya saja game ini sudah menuai kotroversi. Beberapa orang yang anti kekerasan menganggap kalau game ini terlalu sadis dan bisa memicu para pemain untuk melakukan kekerasan, namun bagi beberapa kalangan, kekerasan dalam Hatred masih bisa diterima. Game ini mengisahkan tentang karakter utama berambut gondrong yang merasa muak dengan keadaan umat manusia di dunia, sehingga ia mengangkat senjata dan menghabisi sebanyak mungkin orang yang ditemuinya. Berbeda dengan kebanyakan game yang menempatkanmu sebagai pembela kebenaran dan keadilan, Hatred justru memberimu pengalaman menjadi seorang antagonis yang kejam dan brutal.

Di sini gamer bisa membunuh siapapun dalam permainan dengan bebas, jadi sekali bertemu dengan orang maka kamu bisa langsung main “Dor” atau menggunakan belati yang dimiliki. Namun tentu saja kamu harus melakukannya secepat mungkin lalu berpindah tempat, sebelum para polisi datang dan menangkap atau bahkan membunuhmu. Selain menggunakan senjatamu sendiri, kamu juga bisa mengumpulkan dan memanfaatkan berbagai senjata yang tercecer di jalan atau yang dijatuhkan oleh korbanmu. Misi utamamu adalah membunuh orang tak berdosa hingga mencapai jumlah tertentu, plus berbagai misi sampingan seperti menghancurkan toko sampai membunuh polisi. Tapi misi yang repetitif ini bakal terasa membosankan jika dimainkan dalam waktu yang lama.gb_Screen Hatred 02

Kalian akan melakukan aksi-aksi brutal tersebut dalam balutan gaya visual hitam-putih yang makin membuat suasana menjadi dingin dan “kejam”. Tapi di sisi lain, pemakaian nuansa warna ini sering menyulitkan untuk melihat posisi karaktermu, ditambah dengan sudut pandang isometric yang digunakannya. Terkadang saat situasi menjadi chaotic karena adanya kepungan para polisi, tiba-tiba kalian tak bisa menemukan karaktermu yang ternyata melebur jadi satu dengan pekatnya warna hitam di sebuah halaman rumah. Oh, Hatred juga memiliki satu fitur unik yakni munculnya adegan fatality di mana kalian dapat menemukan scene singkat yang menampilkan aksi pembantaian dengan jelas.

Screen Hatred 04

Not So Good
Jadi, apakah Hatred direkomendasikan? Jawabannya adalah: tergantung. Untuk mereka yang mencari permainan berbobot, tentu saja tidak direkomendasikan karena selain hanya menjual tema pembunuhan yang sangat kontroversial, game ini memiliki permainan yang repetitif. Awal permainan mungkin terasa menarik, namun setelah memainkannya selama beberapa waktu maka Hatred akan terasa hambar tanpa adanya tantangan yang berarti. Namun untuk gamer yang memang menyukai tema permainan jenis ini, dan sudah cukup umur tentunya, Hatred bisa jadi pilihan untuk sekedar bersenang-senang.

Overall Score: 5/10

Publisher: Destructive Creations
Developer: Destructive Creations
Genre: Shooter
Release: Juni 2015
Platform: Microsoft Windows


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.