Jadi Wadah Bagi 2 Juta Kreator Lokal, LINE Creativate 2017 Hadir Lagi

57

Didukung BEKRAF, LINE Creativate 2017 ajak masyarakat Indonesia Unjuk Kreatif

Memasuki tahun ketiga, LINE Creativate kembali diselenggarakan sebagai acara kreatif LINE terbesar di Asia Tenggara dan kompetisi digital kreatif terbesar di Indonesia. Perhelatan kreatif ini juga kembali didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan mengusung tema ‘Indonesia Unjuk Kreatif’. Setelah berhasil menarik lebih dari 15.000 insan kreatif untuk berpartisipasi di tahun sebelumnya, kali ini LINE Creativate 2017 kembali mengajak para insan kreatif untuk unjuk gigi lewat ragam kompetisi yang tergabung dalam smart portal LINE, seperti LINE WEBTOON, LINE Creator’s Market, LINE Chatbot, dan juga kompetisi kreasi konten lokal Indonesia.

“LINE Creativate merupakan pesta kreatif milik rakyat dan kreator lokal Indonesia. Lewat pesta kreatif yang demokratis ini, kami berkomitmen untuk terus mendukung talenta lokal, melakukan ekspansi, inovasi, dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya di Indonesia. Kami juga akan terus memperkuat ekosistem digital kreatif Indonesia dengan terus menggali potensi kreator lokal. Saat ini, LINE telah mewadahi hampir lebih dari 2 juta pelaku kreatif yang telah berkarya melalui ragam kreatif platform di LINE, dimana angka ini meningkat 58% sejak dilaksanakannya LINE Creativate 2016. Untuk itu, kami ingin terus memberikan kesempatan dan apresiasi bagi para kreator lokal lewat LINE Creativate 2017 dan membuka peluang bagi para kreator lokal Indonesia untuk membawa karyanya ke tingkat selanjutnya,” ujar Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia.

Selama tiga tahun dilaksanakannya LINE Creativate, LINE berhasil mewadahi para pelaku kreatif dan menjawab tantangan ekonomi yang dekat dengan masyarakat melalui pemanfaatan digital yang diwujudkan dalam bentuk kompetisi. Untuk itu, LINE Creativate 2017 kembali menghadirkan kompetisi LINE WEBTOON (komik digital), LINE Sticker (ilustrasi), dan untuk pertama kalinya di ajang LINE Creativate menghadirkan kompetisi LINE Chatbot.

Line2

“Tahun ini, BEKRAF kembali memberikan dukungan penuh kepada LINE untuk mengajak talenta-talenta lokal berkarya di LINE Creativate 2017. Selama tiga tahun, LINE Creativate telah berhasil mewadahi para pelaku kreator untuk berkontribusi mengembangkan potensi diri lewat konten-konten yang memiliki relevansi lokal. LINE telah menjadi platform kreatif yang sangat penting dalam pembangunan ekosistem ekonomi kreatif Indonesia. Untuk itu, kami ingin terus menggali potensi industri kreatif digital, dengan membangkitkan semangat yang berlandaskan keberagaman budaya Indonesia melalui LINE Creativate. Kami berharap para pemuda Indonesia dapat menyalurkan potensi dengan berkreasi dan jadi bagian revolusi para pelaku kreatif Indonesia,” tutur Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Dengan tema besar ‘Indonesia Unjuk Kreatif’, kompetisi LINE Creativate 2017 akan dibuka mulai 2 Agustus – 8 Oktober 2017, dengan memberikan total hadiah hingga lebih dari Rp 350,000,000 dan dukungan untuk mempublikasikan karyanya di platform kreatif dari LINE.  Acara puncak akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 Oktober 2017, yang akan menginspirasi publik melalui hasil karya Indonesia yang kaya, seminar inspiratif yang akan membuka peluang untuk setiap insan kreatif dalam memonetasi, terhubung dan menampilkan karyanya pada pasar nasional dan internasional.

“LINE percaya bahwa semua orang merupakan kreator dengan caranya tersendiri. Oleh karena itu, LINE Creativate 2017 memberikan wadah bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan kreativitasnya melalui kompetisi “Unjuk Kreasi Lokalmu”. Lewat LINE, kami siap mewadahi talenta lokal Indonesia untuk ikut serta, mengeksplorasi, dan mengembangkan potensi melalui kompetisi-kompetisi kreatif, serta meningkatkan daya saing para kreator. Apalagi, para kreator ini bisa menunjukkan bakatnya ke lebih dari 90 juta pengguna LINE,” lanjut Ongki Kurniawan.

Tahun ini, LINE bersama BEKRAF juga juga akan melakukan rangkaian roadshow ke tujuh kota di Indonesia (Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, Banjarmasin, dan Denpasar) yang akan dimulai pada 19 Agustus mendatang dan LINE akan turut berpartisipasi untuk mencari kreator lokal di seluruh Indonesia serta mengembangkan konten-konten yang relevan secara lokal dan berguna dalam ekosistem ekonomi kreatif.

“Kami berharap LINE Creativate 2017 akan menginspirasi publik melalui hasil karya budaya dan kearifan lokal Indonesia, lewat rangkaian kompetisi dan seminar inspiratif, yang akan membuka peluang bagi para insan kreatif Indonesia. Ayo jadi bagian dari LINE Creativate 2017 dan mari unjuk kreatif!” tutup Ongki Kurniawan.

Line3

Tentang Kompetisi LINE Creativate 2017:

Kompetisi #UnjukKreasiLokalmu:

Bertemakan ‘INDONESIA BANGET’, kompetisi ini bertujuan untuk berbagi cerita tentang kearifan lokal dan kebiasaan unik dalam keseharian masyarakat daerahmu melalui foto atau video di akun Instagram dengan hashtag #UnjukKreasiLokalMu. Contohnya tentang kuliner, kebudayaan, permainan, produk lokal, seni grafis, bangunan, pakaian, musik sampai tari – tarian bisa kamu ceritakan di sini.

Kompetisi LINE Sticker:

Kompetisi pembuatan stiker untuk para insan kreatif Indonesia yang mengkontribusikan karyanya dan digunakan oleh pengguna aplikasi LINE di seluruh Nusantara. Menawarkan total hadiah sebesar 100 juta Rupiah, kompetisi tahun ini bertema “MUATAN LOKAL” yang mengangkat konten-konten lokal sesuai dengan kehidupan yang terjadi di sekitar masyarakat Indonesia dan menonjolkan kekayaan budaya-budaya lokal Indonesia. 

Kompetisi LINE WEBTOON:

Kompetisi ini mengajak para komikus untuk membuat sebuah webtoon pendek mengandalkan kreativitas mereka. Bertema “HARI BERARTI” yang mengeksplorasi situasi atau kejadian penting yang terjadi pada hari tersebut dan menjadikannya tema sentral cerita secara keseluruhan.

Kompetisi LINE Chatbot:

Kompetisi pengembangan chatbot pada platform LINE menggunakan Messaging API dimana yang dilombakan dalam dua kategori yaitu Game dan Utilitas. Mengangkat tema besar ‘Indonesia Banget’, bot-bot yang menjadi pemenang dalam kompetisi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam lingkup nasional sekaligus mampu mempromosikan budaya-budaya lokal di Indonesia.

Informasi LINE Creativate 2017 dapat dilihat di www.linecreativate.com

Tentang LINE Corporation

LINE Corporation adalah sebuah perusahaan berbasis di Jepang yang mengoperasikan aplikasi pesan singkat LINE, sebuah layanan global yang dipakai di lebih dari 230 negara. LINE menawarkan layanan pesan singkat gratis—baik yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain maupun pesan grup—dan juga layanan telepon dan video call gratis, untuk domestik maupun internasional. LINE juga menawarkan beragam fitur sosial seperti stiker virtual yang popular dan emoticon yang berwarna-warni, Timeline, dan serangkaian family apps seperti LINE Games dan LINE Camera. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: http://linecorp.com/en/




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.