Jepang Membuka Sekolah untuk Teknologi Virtual Reality (VR) Secara Resmi

137

Virtual Reality (VR), Alternative Reality (AR), dan Mixed Reality (MR), adalah 3 tren terbaru yang saat ini memiliki peluang sangat besar dan diminati oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar di dunia. Karena hal tersebut merupakan sesuatu yang baru, otomatis baru sedikit orang-orang yang ahli di bidangnya.

Melihat peluang tersebut, salah satu institusi di Jepang kemudian membuka sekolah khusus Virtual Reality. Sekolah yang terletak di Ochanomizu, Tokyo ini dibuka pada 1 April 2017 kemarin.

Sekolah ini sudah membuka workshop pada bulan November tahun lalu dengan 350 pendaftar yang akan disaring hingga nantinya hanya tersisa sekitar 30 orang murid. Dan berdasarkan situs resminya, setiap kelas hanya akan menampung hingga 20 murid saja. Kelas tersebut diadakan setiap hari sabtu siang selama lima jam. Para guru yang mengajar adalah teknisi yang bekerja di bidang VR yang disebut “meister” atau “mentor”.

Hal menarik lainnya dari sekolah ini adalah para murid dan alumni dikumpulkan dalam “guild-guild” sekolah dan diajak bekerja sama dengan para profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya, sehingga mereka bisa merasakan perkembangan teknologi VR terkini dan yang sedang tren.

Tak hanya itu, lewat sistem guild ini para murid juga akan dibantu untuk mencari pekerjaan. Tapi yang paling seru dari sekolah ini adalah, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias gratis! Kok bisa gratis? Karena sekolah ini disponsori oleh berbagai perusahaan yang memang mencari talenta muda berbakat di bidang VR.

Walaupun saat ini kelas di sekolah VR sudah penuh, namun ada beberapa kelas yang masih membuka pendaftaran. Seperti kelas Creator yang nantinya kalian akan menggunakan program Unity sebagai tutorial untuk mengembangkan VR. Dan kelas Engineer, yang akan menjelaskan prinsip-prinsip teknikal teknologi VR.

Selain itu sekolah ini juga menawarkan kelas Business Planner yang mengajarkan perancangan, pembuatan, sampai manajemen pelayanan yang menggunakan teknologi VR. Setiap kelas ini akan berlangsung selama 3 bulan.

Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung dengan sekolah tersebut kalian bisa mengunjungi situs vracademy.jp. Siapa tahu kalian bisa lolos dan menjadi salah satu tenaga ahli VR yang berasal dari Indonesia!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.