Konsol PlayStation 2 Mengakhiri Masa Hidupnya

1589

Setelah malang-melintang di dunia gaming selama 18 tahun, konsol PlayStation 2 mengakhiri “masa hidupnya”. Melalui sebuah pengumuman di website resminya, Sony Japan menyatakan bahwa mereka akan menghentikan layanan perbaikan untuk PlayStation 2 serta periferal lainnya pada tanggal 31 Agustus. Pernyataan tersebut diawali dengan rasa terima kasih Sony terhadap dukungan fans setia selama bertahun-tahun, disambung dengan penjelasan bahwa mereka sudah tidak mempunyai persediaan suku cadang PS2 sehingga dengan berat hati harus memutuskan untuk menghentikan repair service di Jepang.

Tanda-tanda berakhirnya PS2 di Negeri Matahari Terbit sudah terlihat sejak bulan Juni lalu, di mana Sony mengeluarkan pemberitahuan kepada para pemilik konsol tersebut bahwa mereka memiliki waktu hingga tanggal 31 Agustus untuk mengisi aplikasi after-sales service lewat PlayStation Customer Support atau laman online repair service. Bagi konsumen yang melakukannya, mereka mempunyai waktu hingga tanggal 7 September untuk membawa konsol miliknya maupun periferal yang mengalami kerusakan ke depot perbaikan PlayStation Clinic.

Namun Sony juga mengeluarkan peringatan bahwa meski telah mengikuti prosedur yang berlaku, ada kemungkinan konsol milik kostumer tidak bisa diperbaiki akibat ketiadaan spare part yang dibutuhkan. Dengan berakhirnya repair service bagi PlayStation 2 dari Sony Japan, gamer di negara tersebut harus mencari metode alternatif untuk memperbaiki konsol mereka apabila mengalami kerusakan, terutama model Slimline keluaran tahun 2004 yang lebih rapuh ketimbang versi orisinalnya.

Sejak dirilis untuk pertama kalinya di Jepang pada tanggal 4 Maret 2000, PlayStation 2 mampu mempertahankan eksistensinya dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan penjualan yang mencapai lebih dari 155 juta unit secara global maka PlayStation 2 dinobatkan sebagai gaming console paling laris sepanjang masa, mengungguli pendahulunya yakni PlayStation yang hanya mencapai angka penjualan 102.49 juta unit.

Bahkan meski Sony telah merilis generasi penerusnya yakni PlayStation 3, popularitas PS2 masih tetap tinggi sehingga membuatnya terus diproduksi sampai tanggal 4 Januari 2013, di mana perusahaan tersebut memutuskan untuk menghentikan produksi produk yang masuk ke dalam jajaran “gaming console generasi ke-6″. Dengan rentang waktu 12 tahun maka PlayStation 2 menjadi salah satu gaming console dengan “masa hidup” paling lama. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.