Kreator Zero Escape Series Umumkan Game Barunya: AI: The Somnium Files

273

Industri gaming mengenal Kotaro Uchikoshi sebagai dalang di balik franchise Zero Escape, seri permainan visual novel yang sarat dengan nuansa misteri dengan alur cerita yang menarik untuk diikuti. Di tahun 2017 lalu, tepatnya di ajang Game Developer Conference, ia mengeluarkan mengumumkan bahwa dirinya tengah mengerjakan proyek game baru yang (kala itu) hadir dalam judul Project Sync, meski sayangnya tidak ada informasi lebih jauh mengenai judul yang ia kembangkan itu.

Tapi beberapa waktu lalu, di ajang 2018 Anime Expo yang diselenggarakan di Los Angeles Convention Center tanggal 5-8 Juli 2018 kemarin, Uchikoshi-san memberikan info terbaru mengenai proyek game yang digawanginya, di mana sekarang sudah mempunyai judul resmi yakni AI: The Somnium Files. Untuk proyek ini ia bekerjasama dengan Yūsuke Kozaki, manga artist yang dikenal sebagai character designer dalam game Fire Emblem: Fates (Nintendo 3DS) dan Fire Emblem Heroes (Android, iOS).

Mengambil setting tempat di sebuah alternate version dari kota Tokyo yang tampak lebih berkembang di bidang teknologi, AI: The Somnium Files menempatkan pemain sebagai seorang detektif bernama Kaname Date yang bertugas menyelidiki kasus pembunuhan misterius, di mana sang pelaku mencungkil mata kiri sang korban. Untuk membantunya dalam melakukan penyelidikan maka Date dapat menggunakan cybernetic eye pada mata kirinya yang dilengkapi dengan AI unit. Tidak hanya itu, ketika berhadapan dengan saksi mata maupun tersangka yang tidak bersedia bekerjasama dalam memberikan informasi, sang detektif bisa memasuki memori mereka yang ditampilkan dalam bentuk dreamscape, sebuah dunia fantasi yang bisa dijelajahi, untuk memperoleh info yang dibutuhkan.

Sebagai game bernuansa misteri, bisa dipastikan kalau AI: The Somnium Files bakal menampilkan beragam karakter yang memiliki keterlibatan dalam kasus tersebut. Untuk sementara, baru satu karakter saja yang dibeberkan ke khalayak ramai yakni Iris Sagan, gadis remaja berusia 18 tahun yang dikenal sebagai seorang net idol karena sering mengunggah video tentang dirinya ketika sedang menyanyi, menari, dan memainkan Let’s Play. Apa peranannya dalam misteri ini, belum diketahui dengan pasti.

Rencananya, permainan bergenre adventure tersebut akan dirilis secara global untuk konsol PlayStation 4 serta Switch, dan juga PC (via Steam), namun belum mempunyai tanggal rilis yang resmi. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.