Left Alive, Spin-Off Dari Seri Front Mission

423

Dalam konferensi pers yang digelar oleh Sony Interactive Entertainment sebelum Tokyo Game Show 2017 dimulai, Square Enix memamerkan salah satu game terbarunya yang berjudul Left Alive melalui sebuah teaser trailer. Setelah itu, hampir tidak ada keterangan lebih lanjut dari sang developer mengenai proyek yang tengah dikembangkan tersebut selama beberapa waktu. Tapi memasuki tahun 2018, Square Enix menyatakan bahwa Left Alive masih “hidup”, dan memberikan sejumlah info mengenai permainan yang mengusung genre “survival action shooter” ini.

The Story


Game yang merupakan spin-off dari seri permainan Front Mission ini mengambil setting waktu di bulan Desember tahun 2127, di antara Front Mission 5 dan Front Mission Evolved. Secara tiba-tiba, Garmoniya Republic mendeklarasikan perang terhadap negara tetangganya yakni Ruthenia Republic dengan melakukan penyerangan terhadap Novo Slava, kota yang berada di perbatasan. Karena tidak siap menghadapi serangan dadakan tersebut, angkatan bersenjata Ruthenia yang ditempatkan di kota tersebut pun dihancurkan dengan mudah.

Tapi peperangan yang dialami oleh mereka yang masih bertahan pascapenyerangan Garmoniya Republic justru dimulai. Dan mereka adalah Mikhail Alexandrovich Shuvalov, Olga Sergevna Kalinina, dan Leonid Fedorovich Osterman, ketiga protagonis utama yang harus survive dalam event yang disebut “One Day Incident”.

The Protagonists
* Mikhail Alexandrovich Shuvalov


Seorang pilot mecha berjuluk Wanzer dari Ruthenia Army’s Second Mobile Platoon yang memiliki keahlian tinggi. Saat mempertahankan Novo Slava, pasukannya berhadapan dengan pasukan Wanzer terkuat milik Garmoniya Army sehingga mengalami kekalahan telak, dan menyebabkan Wanzer miliknya mengalami kerusakan yang parah. Kini Mikhail mendapati dirinya terisolir dari rekan-rekannya, dalam wilayah yang dikuasai oleh musuh.

* Olga Sergevna Kalinina


Mantan pilot Wanzer di Garmoniya Army yang beralih profesi menjadi polisi di Novo Slava, setelah kehilangan putrinya dalam konflik berdarah antara pihak militer dengan masyarakat sipil ketika bergabung dengan front pembebasan Novo Slava.

* Leonid Fedorovich Osterman


Awalnya bekerja sebagai mercenary, Leonid menjadi salah satu anggota paling berpengaruh di front pembebasan Novo Slava yakni NGFP. Ia dituduh sebagai pelaku pembunuhan ketua NGFP dan dijatuhi hukuman mati, namun entah mengapa Leonid hanya dijebloskan ke penjara. Penyerangan Garmoniya Army memberinya jalan untuk membebaskan diri.

Behind Enemy Lines


Left Alive mengajak pemain untuk mengalami peperangan melalui ketiga protagonis utama yakni Mikhail, Olga, dan Leonid, di mana berada di wilayah kekuasaan musuh membuat ketiganya harus melakukan segala cara untuk bertahan hidup. Adanya keterbatasan resource seperti peluru memaksa pemain untuk menghindari konfrontasi langsung dengan musuh dalam jumlah besar, serta menerapkan taktik stealth dan menggunakan jebakan untuk melumpuhkan lawan. Perlu diperhatikan bahwa meski lebih berisiko, gamer juga bisa melakukan penyerangan secara frontal, terutama setelah mencuri Wanzer milik musuh.

Berdasarkan info, crafting system menjadi salah satu fitur yang disertakan ke dalam gameplay, di mana nantinya pemain dapat menciptakan beragam jenis item yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dalam peperangan. Disebutkan bahwa Left Alive tidak akan menampilkan leveling system atau perkembangan skill.

Left Alive memberi kebebasan pada gamer untuk menyelesaikan objective yang diberikan, tapi berdasarkan metode yang diambil serta pilihan yang diambil (salah satunya adalah ketika berdialog dengan NPC) maka pemain akan menemui perkembangan cerita yang berbeda.

Menurut jadwalnya, Left Alive bakal dirilis untuk pertama kalinya di Jepang pada tanggal 28 Februari nanti di platform PC dan PlayStation 4, namun belum memiliki tanggal peluncuran resmi di luar Jepang. Selain hadir dalam edisi standar, tersedia pula Left Alive Ultimate Edition yang dibanderol seharga ¥25,000 berisi satu copy game, artbook berisi concept art buatan staff Kojima Productions yakni Yoji Shinkawa (character design) dan Takayuki Yanase (mechanic designer), Special Soundtrack CD berisi lagu-lagu gubahan komposer Hidenori Iwasaki, dan Wanzer tipe “Volk” yang menjadi elemen sentral storyline. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.