Memanfaatkan Google Maps secara Offline

765

Malu bertanya tak lagi sesat di jalan karena ada Google Map. Kehadiran Google Map menjadi oase bagi pengguna Android yang tidak tahu arah pulang, tersesat di jalan, atau kebingungan mencari alamat (asli). Akan tetapi, kehadirannya menjadi sia-sia jika di tengah jalan ketika Anda mencari alamat tertentu, paket data habis. Untungnya, ada cara untuk menggunakan aplikasi ini secara offline.
Saat ini Anda dimungkinkan untuk menggunakan Google Maps secara offline sehingga Anda akan tetap menikmati aplikasi ini meskipun kehabisan pulsa atau tidak menemukan Wi-Fi. Saya termasuk orang yang sering menggunakan Google Maps dan mengunduh peta offline-nya sangat bermanfaat. Kami menyajikan tips & tricks untuk menggunakan aplikasi andalan Google ini secara offline.

1. How to begin with

1. How to begin with
Pertama Anda harus membuka Google Maps ketika masih online dan mencari lokasi yang Anda inginkan. Setelah menemukan lokasi yang Anda inginkan, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh dan menyimpan peta tersebut untuk digunakan saat dibutuhkan nanti. Ketik ‘OK Maps’ di kolom pencarian. Anda juga bisa memanfaatkan ikon mikrofon dan memerintah melalui suara dengan mengatakan ‘OK Maps’. Kemudian akan muncul halaman yang meminta apakah Anda ingin mengunduh area bersangkutan atau tidak.

2. Download the maps

2. Download the maps
Sebelum menyimpan peta bersangkutan, Anda bisa mem-pan atau men-zoom ukuran peta sehingga menampilkan segala informasi yang Anda perlukan. Tidak seperti screenshot, peta offline bisa diperbesar dan menampilkan informasi selayaknya peta Google online, seperti nama jalan dan bangunan-banguan yang ditemukan di sana.

3. Open the maps

3. Open the maps
Setelah Anda menyimpan peta offline ke perangkat Anda, untuk mengaksesnya tap ikon menu hamburger yang terletak di kiri atas aplikasi Maps kemudian pilih ‘Your places’. Geser ke bagian layar paling bawah dan Anda bisa melihat semua peta yang Anda simpan di ‘Saved places’. Cukup tap peta yang Anda ingin lihat secara offline. Peta yang Anda unduh membutuhkan ruang penyimpanan yang lumayan besar. Sebagai contoh, peta offline kota New York akan memakan ruang sebesar 13 MB. Namun, jika Anda khawatir unduhan data peta offline akan memakan paket yang banyak, Anda mungkin ingin menggunakan Wi-Fi saat mengunduh peta tersebut.

4. Limitations of offline maps

4. Limitations of offline maps
Sayangnya, peta offline memiliki batasan tertentu yang berkaitan dengan fungsionalitas petanya. Terutama berkaitan dengan ukuran lokasi yang Anda cari. Seperti yang disinggung sebelumnya. area kota New York misalnya akan memakan banyak peta data cached dan Anda akan sering menerima pesan kalau peta bersangkutan tidak bisa diunduh. Jika menemukan kasus ini, Anda harus “memecah” peta-peta tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, termasuk area sekitarnya. Batasan lain yang bisa Anda temukan adalah fitur navigasi yang tak tersedia. Ditambah lagi perintah pencarian di dalam peta offline pun tak akan dapat dilakukan. Di lain pihak, peta yang Anda unduh hanya akan disimpan selama 30 hari dan setelahnya akan dihapus secara otomatis.

5. How to save your home and work addresses

5. How to save your home and work addresses

Fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah menyimpan alamat rumah dan kantor. Untuk melakukannya, Anda bisa membuka Google Maps, kemudian menekan tombol menu dan memilih Your Places. Di sini Anda akan melihat semua hal yang berkaitan dengan Home dan Work. Anda bisa menyimpan alamat keduanya di sini. Pun sekarang Anda bisa meminta Google Maps untuk menavigasi ke Home dan Work ketimbang menyimpan alamat bersangkutan.

6. How to get directions quickly

6. How to get directions quickly

Banyak dari kita yang sudah mengetahui cara menavigasi lokasi melalui perintah suara, arahan belokan per belokan, tetapi apakah Anda tahu kalau ada jalan pintas untuk melakukannya? Anda bisa mencari lokasi bersangkutan atau menyentuhnya di peta. Kemudian sentuh dan tekan tombol transportasi berwarna biru yang terletak di kanan bawah yang menampilkan gambar mobil, sepeda, atau orang. Google Maps akan memilih rute terbaik dan langsung menampilkan mode navigasi.

7. How to share your location

7. How to share your location

Untuk berbagi lokasi Anda kepada teman atau keluarga, cukup tap dan tekan lokasi Anda berasa yang ditandai oleh titik biru. Tekan alamat atau sesi Dropped pin yang terletak di bagian bawah layar untuk memperluasnya, kemudian ketuk Share. Anda akan melihat daftar aplikasi yang muncul secara pop-up di mana Anda bisa membagi lokasi tersebut.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.