Menjelajah Lebih Dalam Advance Class Tree of Savior yang Unik

499

Setelah mengenal empat profesi dasar dari karakter dalam game Tree of Savior, kali ini kita akan membahas advance job atau class dari keempat kelas dasar tersebut yang masing-masing diantaranya ada Swordsman, Archer, Wizard dan Cleric. Sebagai salah satu MMORPG populer pastinya ada faktor kunci yang menentukan kepopuleran dari Tree of Savior disamping faktor pembuatnya yang merupakan developer game Ragnarok Online generasi pertama. Faktor kunci yang membedakan game Tree of Savior dibandingkan game serupa misalnya Ragnarok Online adalah class system. Class system pada game Tree of Savior terbilang sangat unik karena nantinya pemain bisa mendapati total class berjumlah 80 class dan belum lagi rumor mengenai hidden class. Total class yang mencapai 80 class itu berasal dari empat kelas dasar, nantinya setiap kelas dasar akan memiliki 20 advance class namun sayangnya sampai saat ini masih belum semua terungkap. Lalu bagaimana untuk mencapai advance class tersebut? Dalam game Tree of Savior ini mempunyai dua jenis level yaitu Character Level dan Class Level. Saat class level pemain mencapai 15, maka pemain dapat melakukan rank up untuk memilih class selanjutnya dari class dasar yang dipilih.

Misalnya pemain memilih kelas atau profesi dasar sebagai Swordsman, saat pemain memasuki level 15, pemain dapat melakukan rank up (rank 2), pemain dapat memilih menjadi Highlander, Peltasta, atau tetap menjadi Swordsman. Jika pemain memilih tetap menjadi Swordsman, maka nantinya disebut Swordsman Tier 2 dan memiliki tambahan skill Swordsman. Pemain dapat memilih class yang sama sampai memasuki tahap Tier 3. Saat melakukan rank up lagi (rank 3), pemain dapat memilih menjadi Highlander, Peltasta, Hoplite, Barbarian, atau melanjutkan menjadi Swordsman Tier 3. Setiap rank up akan bertambah dua pilihan advance class.

Untuk lebih jelasnya, mengenai pembagian advance class dari keempat job atau profesi dasar dari game Tree of Savior bisa dilihat seperti berikut ini

[nextpage title=”Swordsman”]

Pada awal permainan profesi Swordsman digolongkan ke dalam Rank 1. Seperti dibahas sebelumnya, karakter dari job Swordsman memiliki sifat tanker dan dapat memberikan damage yang besar terhadap lawan dengan mengorbankan sedikit pertahanannya. Setelah karakter pemain mencapai level 15, pemain bisa memilih class yang ada pada Rank 2. Pemain bisa memilih untuk tetap menjadi Swordman, atau memilih 2 kelas DPS dari advance class Swordsman lainnya. Percabangan dari Swordsman dalam game Tree of Savior ini dibagi menjadi

  • Highlander (Rank 2)

Highlander merupakan percabangan atau advance class dari Swordsman yang memiliki ciri khas karakter menggunakan pedang raksasa untuk menyerang lawan. Highlander merupakan karakter dengan tipe DPS yang mampu menghabisi banyak musuh sekaligus. Highlander sendiri memiliki lima skill yang semuanya aktif yang terdiri dari Crossguard (bertahan menggunakan senjata), Cartar Stroke (menghantam tanah untuk memberikan damage kepada lawan), Wagon Wheel (mengayunkan pedang dan dapat mengakibatkan musuh terpental), Crown (menghantam kepala lawan dan mengurangi INT lawan), dan Moulinet (menyerang secara brutal sampai lima kali)

  • Peltasta (Rank 2)

Berbeda dengan Highlander, class Peltasta lebih memfokuskan pertahanan dengan memanfaatkan perisai. Class ini bisa dibilang karakter tanker. Selain pandai dalam bertahan, Peltasta juga mampu memberikan serangan kepada lawan dengan menggunakan perisai. Peltasta memiliki empat skill serangan dengan satu tambahan buff yang diantaranya Umbo Blow (menggunakan perisai untuk menyerang), Swash Buckling (Mengancam musuh disekitar dengan menggunakan perisai), Guardian (Mengprbankan serangan untuk mendapatkan pertahanan lebih), Rim Blow (menyerang menggunakan tepian perisai), dan Shield Lob (melempar perisai untuk menyerang musuh)

  • Barbarian (Rank 3)

Advance class dari Swordsman Rank 3 yang sau ini sangat ahli dalam serangan fisik. Jika kamu penggemar berat DPS, kamu bisa memilih Barbarian ketika level karakter kamu memasuki level 45. Dikenal dengan DPS Speciality, Barbarian berbekal pedang raksasa dan buff yang banyak yang membuatnya semakin kuat. Diantara buff yang dimiliki Barbarian diantaranya ada Savagery (memberikan tambahan damage pada serangan tipe strike), Aggressor (mengurangi crtical rate dan critical evasion guna menambah akurasi serangan), Frenzy (menambah kekuatan serangan), Warcry (mengurangi pertahanan armor lawan), serta dua skill serangan diantaranya Embowel (menusuk musuh dan menendangnya dengan kuat), serta Stomping Kick (melompat tinggi dan memberikan damage lewat hentakan)

  • Hoplite (Rank 3)

Ciri khas Hoplite yaitu mengenakan tombak dan juga perisai. Class ini dikenal sangat apik ketika berhadapan dengan monster yang berukuran raksasa. Hoplite akan mendapatkan bonus attack ketika berhasil mengcounter serangan lawan. Hoplite memiliki empat skill serangan dengan satu buff diantaranya ada Stabbing (Menyerang lawan berkali-kali dengan tombak), Synchro Thrusting (menyerang lawan menggunakan perisai dan tombak), Pierce (menusuk musuh dengan kekuatan penuh), Long Stride (melompat kearah yang dituju kemudian menghentakkan tombak untuk menyerang secara area), serta buff Finestra (meningkatkan critical chance namun menurunkan hindaran)

  • Cataphract (Rank 4)

Cataphract merupakan advance class rank 4 dari Swordsman. Ciri khas cass ini adalah mengunakan senjata Spear atau tombak serta menunggangi mount. Cataphract merupakan spesialis baris depan dalam pertempuran. Dengan tombak nya, Cataphract mampu menerobos kerumunan monster. Selain itu dengan tombaknya mereka juga memiliki jarak serangan yang lebih jauh ketimbang class Swordsman lainnya. Skill yang dimiliki Cataphract antara lain Impaler (menusuk monster dengan ukuran small & medium dan membawanya. musuh yang tertancap di spear bisa digunakan untuk menyerang musuh lainnya), Earth Wave (menggumpulkan kekuatan lalu menghantam tanah dengan senjata untuk menyerang musuh), Trout (Kecepatan gerak meningkat ketika menggunakan mount), Stead Charge (melakukan dash dan menyerang musuh), Doom Spike (mengumpulkan kekuatan dan menusuk musuh dengan ujung spear), Rush (memutar spear di atas kepala dan menyerang musuh disekitar)

  • Rodelero (Rank 4)

Rodelero merupakan advance class Rank 4 dari class Swordsman. Rodelero dikenal sangat ahli dalam menyerang menggunakan shield. Hampir sama dengan Peltasta, Rodelero juga menggunakan pedang dan perisai, namun Rodelero lebih memfokuskan serangan menggunakan shield ketimbang bertahan. Skill yang dimilikinya antara lain Shield Charge (menggunakan shield dan berlari mendorong musuh, musuh terjatuh jika terkana serangan), Montano (menyerang bagian bawah musuh dengan kuat dan kemungkinan musuh akan terkena paralyze), Target Smash (Menghantam musuh dengan Shield yang memungkinan musuh deterkena efek dark), Shield Push (menggunakan shield untuk mengganggu musuh), Evasion Movement (hindaran meningkat dan menyerang musuh ketika  bergerak), Shooting Star (Menggunakan sword & shield untuk menyerang musuh terus menerus)

  • Squire (Rank 5)

Squire  lebih bertipe support dimana pemain dapat memperbaiki atau meningkatkan kekuatan equipment yang digunakan. Selain itu Squire juga dapat mendirikan tenda yang berfungsi sebagai tempat beristirahat. Skill yang dimiliki Squire antara lain Repair (membetulkan equipment yang rusak), Weapon Maintenance, Armor Maintenance, Base Camp (mendirikan tenda untuk beristirahat)

  • Corsair (Rank 5)

Corsair merupakan advance class Rank 5 dari class Swordsman. Class ini terkenal ahli dalam menggunakan senjata dua tangan (dual wielding). Sekilas dari tampilannya, Corsair berpenampilan seperti bajak laut. Uniknya, siapapun yang bergabung dalam party yang terdapat Corsair semua karakter dalam party akan berpenampilan seperti bajak laut juga. Corsair bisa membuka treasure box dengan peruntungan yang lebih besar, selain itu Corsair juga bisa mencuri item khusus dari monster. Skill yang dimiliki Corsair diantaranya ada Jolly Roger (menancapkan bendera bajak laut yang menambahkan attack para bajak laut. attack bertambah setiap menyerang musuh di dekat bendera (efek muncul jika corsair adalah ketua partynya), Iron Hook, Keel Hauling (menarik musuh yang tertangkap dengan hook, musuh terkena damage setiap ditarik), Unlock Chest, dan Steal

  • Doppelsoeldner (Rank 6)

Doppelsoeldner adalah advance class rank 6  dari class Swordsman. Doppelsoldner memiliki moto risk for high rewards , mereka menggunakan skill yang beresiko tinggi tapi sepadan dengan hasilnya. Skill yang dimiliki class ini antara lain Punish (menusuk musuh yang terjaruh), Deeds of Valor (Attack speed meningkat tapi menggurangi defense setiap terkena serangan), Mordschlag (memegang pedang secara terbaik dan menggunakan gagang untuk menghantam musuh), dan Cyclone (menggunakan kekuatan centrifugal untuk menyerang musuh)

  • Fencer (Rank 6)

Fencer merupakan advance class dari Swordsman Rank 6. Fencer memiliki senjata utama sebuah Rapier (Pedang tipis dalam seni berpedang Anggar) Fencer memiliki skill set yang cocok digunakan sebagai Hybrid Defense dan Offense Single Target Burst. Skill yang dimiliki Fencer anatara lain Lunge, Sept Etoiles, Attaque Coquille, Flanconnade, Attaque Composee, dan Preparation.

  • Centurion (Rank 7)

Saat ini di Rank 7 untuk advance class swordsman hanya menyisakan Centurion yang merupakan job dengan tipe defense. Centurion digambarkan sebagai seorang pemimpin grup party, Centurion memiliki kemampuan  untuk mengatur formasi serang dan bertahan dalam grup dalam melawan musuh, setiap anggota yang masuk kedalam party Centurion akan mendapatkan buff buff yang menguntungkan dalam pertempuran. Skill atau buff yang dimiliki Centurion anatara lain Conscript, Phalanx, Tercio, Winged Formation, Wedge Formation, Schiltron Formation, Change Direction, dan Special Formation.

[nextpage title=”Cleric”]

Karakter dengan job Cleric memiliki spesialisasi heal dan memproteksi party dengan skill-skill supportnya. Sangat jarang yang memilih job ini dikarenakan sifatnya yang hanya supporting role namun keberadaan Cleric ini sangat membantu dalam party jika ingin melakukan dungeon. Selain skill nya yang full support, Cleric juga memiliki skiil aktif untuk memukul lawannya dengan pukulan bertenaga. Percabangan advance class dari Cleric dalam game Tree of Savior ini dibagi menjadi

  • Krivis (Rank 2)

Krivis merupakan advance class Rank 2 dari Cleric. Class ini dikenal dengan menggunakan kekuatan api dan petir untuk membantu party. Krivis  menggunakan api untuk meningkatkan regenerasi HP party atau  juga bisa menggunakan petir untuk menyerang musuh. Skill yang dimiliki Krivis antara lain Aukuras (memanggil api suci untuk meningkatkan regenerasi hp party.), Zalcial (membuat magic circle yang meningkatkan critical party atau menggurangi critical musuh), Daino (menambah jumlah beneficial buff yang bisa diterima party), Zalbas (menggunakan kekuatan petir untuk membuat magic circle yang menghujani musuh dengan petir ketika mendekat)

  • Priest (Rank 2)

Priest merupakan advance class Rank 2 dari Cleric. Priest menggunakan kekuatan sucinya untuk membantu party. Priest memiliki banyak skill untuk memperkuat party dan juga priest bisa membangkitkan party yang mati. Skill yang dimiliki Priest diantaranya ada Aspersion, Monstrance, Blessing, Ressurection, Sacrament, Revive, dan Exorcise

  • Bokor (Rank 2)

Bokor merupakan advance class Rank 2 dari Cleric. Keahlian dari class ini adalah menggunakan ilmu hitam. Bokor bisa menggunakan serangan jarak dekat dan jarak jauh selain itu bokor juga ahlo dalam menggunakan sihir voodoo dan merubah musuh menjadi zombie. Skill dari Bokor beberapa diantaranya ada Hexing, Effigy, Tei Mamak La, Zombify, Mackangdal, Bwa Kamiyan, SamdiVeve, dan OgouVeve

  • Dievdirbys (Rank 3)

Dievdirbys merupakan advance class lanjutan Cleric yang ahli dalam membuat berbagai macam wooden statue. Tergantung dari bentuk statue yang dibuat , setiap statue akan memberikan buff & debuff yang berguna dalam party. Selain buff & debuff, Dievdirbys juga bisa membuat statue yang menyerang musuh yang ada di depannya. Skill yang dimilikinya antara lain Carve Vakarine (memahat Goddess of the Evening Star Vakarine. Melalui patung ini pemain bisa teleport ke area lain), Carve Zemina (memahat  Goddess of Earth Zemina. konsumsi SP pemain disekitar berkurang), Carve (menyerang musuh dengan pisau pahat. Serangan tambahan pada monster bertipe tumbuhan dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan material untuk memahat), dan Carve Owl (memahat patung burung hantu untuk menyerang lawan yang ada di depan)

  • Sadhu (Rank 4)

Sadhu merupakan advance class dari Cleric. Sadhu memiliki spesialisasi mengeluarkan rohnya dan menggunakannya untuk menyerang musuh. Meskipun bisa menyerang menggunakan rohnya , roh tersebut tidak boleh jauh-jauh dari tubuh aslinya. Selain bisa menyerang musuh Sadhu juga mempunyai skill support party sama seperti advance class dari Cleric yang lainnya. Skill yang dimilikinya antara lain Out of Body, Prakriti (memindahkan tubuh asli ke roh dan kemudian menyatu), Astral Body Explosion, Vashita Siddhi (mengurangi  power, strength, intelligence, spirit dan agility musuh yang ada di sekitar), Possession, dan Transmit Prana

  • Paladin (Rank 4)

Paladain merupakan advance class Rank 4 dari Cleric. Paladin dikenal dengan kekuatan suci yang berguna untuk melindungi party dan menaklukkan musuh dengan bantuan dari dewa. Skill yang dimiliki Paladin diantaranya ada Smile (menghantam musuh dengan serangan yang kuat), Restoration, Resist Element, Turn Undead, Conversion, dan Barrier (membuat tembok pelindung yang mendorong musuh dan mencegahnya masuk)

  • Monk (Rank 5)

Monk merupakan advance class dari Cleric yang focus pada serangan fisik. Monk melatih dirinya untuk bisa mengalahkan musuh dengan serangan fisik yang luar biasa, selain itu Monk memiliki skill pertahanan yang kuat, itu menjadikan monk class yang tidak terkalahkan, namun membutuhkan perjuangan yang tidak mudah sebelum menjadi monk. Skill yang dimiliki Monk beberapanya diantara lain Ironcloth (mengembalikan semua damage dari musuh), Double Locks Punch, IIron Gravel Palm, Palm of the Goddess, dan Golden Bell Shield.

  • Pardoner (Rank 5)

Pardoner merupakan advance class dari Cleric yang memilki kemampuan untuk membuat scroll buff. Scroll ini sangat berguna untuk pemain yang sedang melakukan solo hunt, atau tidak memiliki cleric di partynya, dengan skill ini juga Pardoner bisa mendapatkan uang dari hasil berjualan scroll.

  • Oracle (Rank 6)

Oracle adalah advance class dari Cleric yang memiliki kekuatan untuk melihat masa depan. Oracle bisa melihat arah serangan musuh  selanjutnya, selain itu juga bisa melihat item yang akan dijatuhkan oleh monster. Oracle juga bisa merubah monster menjadi monster lain yang levelnya setara dan juga bisa mensummon monster secara acak yang ada di map, jika digunakan dengan benar, skill oracle bisa digunakan untuk farming.

  • Druid (Rank 6)

Druid merupakan advance class dari Cleric yang menggunakan kekuatan alam sebagai sumber kekuatannya. Druid bisa menyerang dan juga melindungi dirinya dari musuh. Druid bisa memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitarnya untuk menyerang , selain itu Druid juga bisa mengendalikan ataupun merubah bentuk menjadi monster tipe insect,grass & animal.

[nextpage title=”Wizard”]

Wizard atau penyihir memanfaatkan magic untuk melakukan serangan maupun bertahan. Perbedaan lain Wizard dan Cleric, jika Cleric memiliki skill untuk melindungi atau memproteksi semua anggota part, Wizard hanya bisa memproteksi diri mereka sendiri. Wizard terkenal dengan damage nya yang tinggi baik itu ditujukan untuk single target atau area. Percabangan advance class dari Wizard dalam game Tree of Savior ini dibagi menjadi

  • Pyromancer (Rank 2)

Pyromancer  adalah advance class Wizard Rank 2. Seperti namanya, Pyromancer  menyerang menggunakan api yang terus menerus untuk membakar musuh. Class ini sangat efektif menghadapi musuh yang banyak sekaligus. Skill yang dimiliki class ini antara lain Fire Ball, Fire Wall, Enchant Fire, Flare, Fire Pillar, Hell Breath.

  • Cryomancer (Rank 2)

Cryomancer adalah advance class dari Wizard Rank 2. Dengan kekuatan magicnya, Cryomancer bisa membekukan musuh atau melindungi party dengan ice wall. Skill yang dimiliki class ini antara lain Ice Bolt, Ice Pike, Ice Blast, Ice Wall, Subzero Shield, Qust, dan Snow Rolling

  • Psychokino (Rank 3)

Psychokino  merupakan advance class dari Wizard Rank 3. Spesialisasi dari class ini adalah menggunakan psychokinesis untuk mengalahkan musuhnya. Psychokino bisa menyerang musuhnya langsung dengan skill psychokinesis ataupun mengumpulkan mereka dengan skill psychokinesis , skill tersebut sangat berguna terutama jika bersama party.

  • Linker (Rank 3)

Linker sama seperti Psychokino yang merupakan advance class Wizard rank 3. Linker mempunyai skill yang bisa menghubungkan monster dengan  monster atau pemain dengan pemain. jika menghubungkan monster dengan monster , maka damage yang diterima 1 monster akan sama dengan monster lainnya, jadi tidak perlu repot untuk mengumpulkan monster. Jika menghubungkan pemain dengan pemain lainya maka mereka bisa saling berbagi buff atau membagi damage musuh ke semua pemain agar damage musuh menjadi berkurang.

  • Thaumaturge (Rank 4)

Thaumaturge adalah advance class daro Wizard Rank 4. Thaumaturge ahli dalam mengecilkan yang besar atau sebaliknya membesarkan yang kecil. Thaumaturge bisa membesarkan atau mengecilkan ukuran musuh , karena beberapa class bisa menghasilkan damage yang besar ketika melawan monster yang kecil atau besar. selain itu Thaumaturge bisa memperbesar bagian tubuh teman party , misalnya memperbesar tangan agar attack menjadi besar. Skill class ini diantara lain Swell Left Arm, Shrink Body, Swell Body, Transpose, Reversi, Swell Right Arm, dam Swell Brain.

  • Elementalist (Rank 4)

Elementalist adalah advance class rank 4  dari class wizard yang menggunakan kekuatan elemen untuk menciptakan serangan magic yang sangat kuat. Elementalist bisa menggunakan sihir petir dan membuat musuh menjadi batu , skill ini tidak dimiliki oleh class Wizard yang lain, selain itu Elementalist mempunyai skill api & es yang levelnya jauh di atas Pyromancer dan Cryomancer.

  • Sorcerer (Rank 5)

Sorcerer merupakan advance class dari Wizard yang bisa memanggil iblis, Sorcerer bisa memanggil boss monster dari card yang sudah dimasukkan kedalam Grimoire, setelah di panggil monster akan mengikuti semua perintah Sorcerer, bahkan Sorcerer bisa menaikki monster yang sudah dipanggil terebut.

  • Chronomancer (Rank 5)

Chronomancer merupakan advance class dari Wizard Rank 5. Spesialisasi class ini adalah mengontrol ruang dan waktu. Mereka bisa menghentikan, mempercepat, atau memperlamabat waktu, bahkan bisa mengembalikan target ke wartu yang sudah dilaluinya. Skill yang dimilikinya antara lain Quicken, Reincarnate, Stop, Slow, Haste, dan Back Masking

  • Necromancer (Rank 6)

Necromancer adalah advance class Wizard yang ada di Rank 6 . Skill Necromancer memanfaatkan mayat monster untuk menyerang dan juga bertahan. Sisa-sisa tubuh monster dikumpulkan dan disimpan di Necronomicon dan akan digunakan untuk berbagai skill necromancy.  Salah satu skill menyerangnya adalah menembakkan sisa tubuh monster ke arah musuh atau membentuknya menyerupai boss monster.

  • Alchemist (Rank 6)

Alchemist merupakan advance class dari Wizard. Berbeda dengan Wizard lainnya yang berfokus pada sihir mereka, Alchemist lebih berfokus memanfaatkan kemampuannya untuk melakukan produksi barang. Alchemist bisa menggabungkan 2 senjata menjadi senjata yang baru dan stat dari senjata tersebut bisa lebih baik atau sebaliknya jika tidak beruntung malah jadi lebih jelek.

[nextpage title=”Archer”]

Archer biasanya menggunakan panah dan seiring perkembangannya juga bisa menggunakan senjata api (shot gun). Karena karakter ini termasuk ke dalam tipe jarak jauh (range), kekuatan serangan atau damage sangat bervariasi tergantung kepada jarak antara karakter dengan musuh. Karakter Archer mengharuskan pemainnya untuk cermat dalam menempatkan posisi dari lawan. Selain itu, kelas Archer ini juga bisa bergerak ketika sedang menyerang monster, sehingga sangat berguna dalam pertempuran melawan monster boss atau dengan monster yang lebih besar. Percabangan advance class dari Archer dalam game Tree of Savior ini dibagi menjadi

  • Ranger (Rank 2)

Ranger adalah advance class dari Archer yang memiliki spesialisasi menyerang banyak musuh sekaligus. Ranger bisa menggunakan berbagai macam skill  yang unik untuk class yang menggunakan bow. Contohnya yaitu skill nya menembus musuh yang berdiri sejajar, atau skill yang memantulkan anak panah ke musuh yang lain ketika berhasil membunuh musuh pertama.

  • Quarrel Shooter (Rank 2)

Quarrel  Shooter adalah advance class dari Archer yang memiliki spesialisasi dalam menggunakan crossbows. Ketika menggunakan crossbows satu sisi, Quarrel Shooter bisa menggunakan sub-weapon atau perisai di sisi lain sehingga bisa meningkatkan pertahanan mereka. Quarrel Shooter bisa menggunakan skill deploy Pavise, yang dapat melindungi diri dari serangan jarak jauh.

  • Sapper (Rank 3)

Sapper adalah advance class dari Archer Rank 3 yang ahli dalam memasang jebakan. Sapper lebih sering memancing musuh ke arah jebakan daripada membunuh musuh langsung dengan senjatanya. Sapper memiliki berbagai macam jebakan yang sangat berguna untuk party dan melindungi party dari musuh yang mendekat.

  • Hunter (Rank 3)

Hunter adalah advance class Archer rank 3 yang ahli dalam melatih companion. Companion hunter bisa sangat membantu hunter dalam memburu monster , skill companion digunakan untuk bekerja sama dengan pemiliknya diantaranya yaitu menggigit, membawa musuh ke hunter , menemukan musuh yang bersembunyi, dan lain-lain.

  • Wugushi (Rank 4)

Wugushi adalah advance class rank 4  dari class Archer. Wugushi ahli dalam menggunakan poison. Wugushi bisa membuat berbagai macan poison yang sangat efektif untuk membunuh musuh , tidak hanya bisa membuat poison wugushi juga memiliki skill untuk menyembuhkan dirinya dan party dari poison.

  • Scout (Rank 4)

Scout adalah advance class rank 4  dari class Archer. Scout ahli dalam mengintai dan menyusup, mereka menggunakan stealth untuk menyembunyikan diri dan menyampaikan situasi musuh kepada sekutu mereka agar bisa memenangkan pertempuran.

  • Rogue (Rank 5)

Rogue adalah advance class dari Archer. Mereka ahli dalam menyerang musuh dari belakang tanpa diketahui musuh, selain ahli dalam serangan jarak jauh rogue juga ahli dalam serangan jarak dekat menggunakan pisau. Selain itu Rogue juga bisa mencuri trap bahkan magic circle musuh yang kemudian bisa digunakan lagi oleh Rogue.

  • Fletcher (Rank 5)

Fletcher adalah advance class rank 5  dari class Archer. Fletcher ahli dalam membuat berbagai macam anak panah , anak panah tersebut merupakan anak panah khusus yang hanya bisa dibuat Fletcher. Dengan anak panah spesial tersebut Fletcher bisa membuat serangan yang kuat meskipun melawan musuh yang berbeda.

  • Falconer (Rank 6)

Falconer adalah advance class rank 6  dari class Archer. Falconer merupakan class yang bisa menjinakkan elang dan bisa mengontrolnya. Selain bisa menyerang, elang tersebut juga bisa menurunkan pertahanan musuh.

Awalnya, Tree of Savior mengumumkan bahwa aka nada total 80 class yang tersedia. Namun hingga kini, pihak pengembang game masih mengembangkan sisa kelas yang belum disebutkan diatas. Selain itu, beberapa skill untuk setiap kelasnya juga masih dikembangkan. Kemungkinan beberapa class akan mendapatkan skill baru. Kita tunggu saja update berikutnya!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.