Microsoft BUILD 2017: Membantu Developer Memoderenisasi Aplikasi Yang Ada Menjadi Lebih Cerdas

131

BUILD Hari Pertama: 

Tool dan Layanan Terbaru Untuk Memoderenisasi Aplikasi Menjadi Lebih Cerdas

Satya Nadella, Scott Guthrie dan Harry Shum menyambut ribuan developer di Seattle, Amerika Serikat dalam acara Build 2017 – sebuah konferensi tahunan untuk developer yang diselenggarakan oleh Microsoft pada tanggal 10-12 Mei lalu. Dalam kata sambutannya, Satya Nadella mengumumkan bahwa saat ini Windows 10 telah digunakan pada lebih 500 juta perangkat aktif setiap bulannya dan juga menegaskan bahwa Windows, Microsoft Office dan Microsoft Azure secara bersamaan menawarkan developer ke lebih dari satu miliar kesempatan untuk menghubungkan inovasi mereka dengan para pelanggan Microsoft.

“Dalam dunia komputasi yang tak terbatas dan pertumbuhan data yang eksponensial, kami berfokus untuk memberdayakan setiap developer untuk membangun aplikasi di era baru intelligent cloud dan intelligent edge,” kata Satya Nadella, CEO, Microsoft.

Microsoft juga mengumumkan layanan baru Azure dan layanan cloud untuk membantu para developer memoderenisasikan dengan cepat segala aplikasi yang telah mereka ciptakan, diantaranya:

  • Preview Azure IoT Edge, teknologi yang memperluas kecerdasan – dan manfaat lainnya – dari cloud computing sampai perangkat edge.
  • Perluasan dari Microsoft Graph untuk menggabungkan wawasan dari dunia kerja dengan wawasan perangkat dan kesadaran kontekstual untuk dunia nyata.
  • Azure Cosmos DB, layanan cloud skala besar dan aplikasi berbasis data yang intensif – dari Internet of Things (IoT), AI, dan mobile – dengan performa tinggi, toleransi untuk kesalahan, dan dukungan untuk setiap jenis data, termasuk Graph. Ini merupakan layanan database multi-mode yang pertama kali didistribusikan secara global sehingga developer mendapatkan fleksibilitas dari satu-satunya layanan database skema bebas yang didukung untuk NoSQL API dengan menawarkan lima pilihan konsistensi yang didefinisikan dengan baik saat mengindeks secara otomatis semua data Anda.

Selain layanan terbaru dari Azure, Microsoft juga melakukan pembenahan terhadap Azure SQL Database dengan fitur Managed Instance private preview terbaru, menawarkan kepada para pelanggan SQL Server kompatibilitas instance-level dan mempermudah para organisasi untuk bermigrasi dari aplikasi SQL Server yang telah ada ke Database Azure SQL.

Microsoft juga mengumumkan ketersediaan menyeluruh Visual Studio 2017 untuk Mac, yang dapat memudahkan para developer untuk bekerja dengan baik lintas plaform Windows dan Mac dengan dukungan penuh untuk bekerja secara mobile, web dan cloud, dan preview Docker tools, dukungan Azure Functions dan Xamarin IoT.

Dalam BUILD 2017, Satya Nadella juga mengatakan bahwa Office 365 telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya untuk produktivitas. Mulai saat ini, Developer dapat mempublikasikan programnya ke Microsoft Teams, ruang kerja berbasis chat dalam Office 365. Microsoft juga telah menciptakan Microsoft Graph API terbaru yang tersedia untuk memberikan para developer akses untuk data kecerdasan Office 365.

Microsoft juga menggarisbawahi visinya untuk memperkuat kecerdasan manusia dengan teknologi cerdas, membawa AI ke setiap developer melalui kombinasi unik cloud dan AI dari Microsoft. Microsoft menambahkan layanan baru ke dalam layanan kognitif terluas dan memiliki 29 layanan untuk developer, dengan pilihan penyesuaian yang unik. Layanan baru meliputi Bing Custom Search, Custom Vision Service, Custom Decision Service dan Video Indexer. Sebuah add-in PowerPoint baru yang disebut Presentation Translator, yang memanfaatkan API Terjemahan Microsoft, memungkinkan terjemahan real-time ke banyak bahasa selama presentasi.

BUILD Hari Kedua:

Eksplorasi Kreativitas Baru Dengan Windows 10 Fall Creators Update

Dalam BUILD hari kedua, Microsoft mengumumkan rincian pertama pengembangan terbaru dari Windows, yaitu Windows 10 Fall Creators Update. Tersedia pada akhir tahun ini, Windows 10 Fall Creators Update memberikan pengalaman baru untuk lebih dari 500 juta perangkat Windows 10: sistem desain baru, pengalaman kreatif yang akan terus bersama Anda di perangkat Windows, iOS, dan Android.

“Kami merancang Windows 10 untuk memberdayakan jiwa berkarya di dalam diri kita,” kata Terry Myerson, executive vice president, Windows Devices Group, Microsoft. “Kami senang dapat membuat para pelanggan kami menikmati kelebihan dari fitur-fitur baru Windows 10 Fall Creators Update yang akan memberdayakan sisi inovatif mereka; pengalaman lintas perangkat yang modern dan terpadu; cara yang lebih mudah bagi para developer untuk menciptakan komputasi masa depan.” Microsoft juga mengumumkan Microsoft Fluent Design System, sistem desain baru yang akan memberikan pengalaman dan interaksi lintas perangkat yang intuitif, selaras, responsif dan inklusif bagi para developer untuk menciptakan aplikasi yang lebih ekspresif dan menarik yang dapat digunakan lintas perangkat. Alat pintar Microsoft Graph juga akan membantu menghubungkan manusia, percakapan, proyek dan konten dalam Microsoft Cloud – memastikan pengalaman berjalan sempurna antara perangkat Windows, iOS dan Android.

Microsoft juga membuat sebuah cara baru untuk mengubah foto dan video melalui Windows Story Remix yang menggunakan AI dan deep learning untuk menata dan mengubah foto dan video menjadi cerita. Pengguna juga dapat menciptakan mixed reality dengan menambahkan obyek 3D ke foto dan video Anda untuk dapat bercerita dengan cara yang sepenuhnya baru, atau mengubah foto dan video menjadi sebuah kanvas lalu menggambarnya dengan Windows Ink.

Windows Store menambahkan aplikasi populer di akhir tahun ini, diantaranya iTunes akan hadir dalam Windows Store di akhir tahun ini. Pengguna Windows akan mendapatkan pengalaman iTunes yang lengkap, termasuk Apple Music dan iTunes Store, serta dukungan untuk iPhone dan perangkat Apple lainnya. AutoDesk juga memperkenalkan UWP SketchBook, aplikasi de facto untuk melukis dan menggambar, dirancang dari aplikasi Universal Windows Platform (UWP) dengan meningkatkan kapabilitas pen and touch dari Windows 10.

Untuk pebisnis, SAP akan menghadirkan SAP Digital Boardroom ke Windows Store pada bulan ini. SAP Digital Boardroom adalah salah satu solusi terpopuler dari SAP. Ini adalah board portal generasi terbaru yang menggunakan data dari rangkaian aplikasi bisnis untuk menyediakan satu-satunya data yang dianggap benar (single source of truth) bagi para eksekutif dalam mengendalikan bisnisnya secara realtime.

Windows 10 Fall Creators Update juga akan memastikan keajaiban dari mixed reality dapat dirasakan oleh para pelanggan di seluruh dunia. Kami bekerja dengan para developer untuk membuat batas baru dalam komputasi dan berharap setiap developer mendapatkan dev kit Windows Mixed Reality. Sebagai tambahan, Microsoft mengumumkan pengendali gerak Windows Mixed Reality tanpa menggunakan penanda (marker). Pengendali gerak ini memiliki sensor penggerak yang tepat dan responsif dalam jarak pandang mata Anda dengan menggunakan sensor pada headset Windows Mixed Reality.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.