NAVER WEBTOON, Penyedia Layanan Komik Digital No. 1 Korea, Berinvestasi di LINE Digital Frontier, Perusahaan Baru LINE di Industri Manga

732

 LINE Corporation (“LINE”) dan NAVER WEBTOON Corporation (“NAVER WEBTOON” telah mencapai kesepakatan untuk membentuk LINE Digital Frontier Corporation (“LINE Digital Frontier”) pada 2 Juli 2018 ini guna memperluas layanan bisnis di industri Manga bernama LINE Manga. Kesepakatan ini terdiri atas investasi modal dan kerjasama untuk meningkatkan layanan di bisnis komik digital LINE Manga dan LINE Comics. JunKoo Kim, CEO NAVER WEBTOON akan ditunjuk sebagai direktur perusahaan baru ini.

Sejak diluncurkan pada April 2013 lalu sebagai penyedia layanan komik digital untuk perangkat mobile, LINE Manga telah merilis sebanyak 250.000 judul yang berasal dari 250 penerbit. Lebih jauh lagi, layanan ini sudah menyediakan 600 judul komik yang bisa diakses secara gratis setiap harinya. Secara keseluruhan, jumlah unduhan oleh pengguna melalui layanan ini mencapai lebih dari 19 juta unduhan sehingga membuat LINE Manga menjadi penyedia layanan komik digital nomor satu di Jepang.

​Pada Oktober 2014, LINE Book Distribution Corporation (“LINE Book Distribution”) yang didirikan secara bersama-sama oleh Kodansha Ltd., SHOGAKUKAN Inc., MEDIA DO Co., Ltd. dan LINE, memulai layanan LINE Manga di Taiwan. Satu tahun kemudian, tepatnya Juli 2015, layanan ini mulai mendistribusikan komik orisinal yang diproduksi oleh tim redaksi LINE Manga serta penerbit lain di bawah nama LINE Comics. Selain mendistribusikan komik-komik ini, perusahaan ini pun menerbitkan, menjual, serta mendistribusikan komik-komik tersebut ke seluruh dunia. Oleh karena itu, bisnis ini telah meningkat dengan pesat.

Seiring dengan kesepakatan bisnis antara LINE dan NAVER WEBTOON melalui pendirian LINE Digital Frontier, LINE akan memperluas jangkauan layanan LINE Manga dan LINE Comics baik secara domestik maupun internasional. Tak hanya itu, perusahaan ini pun akan terus beradaptasi demi menghadapi perubahan. Lebih jauh lagi, LINE berupaya untuk terus memperkenalkan dan mengembangkan manga sebagai bagian dari konten digital yang telah dilakukan oleh LINE Manga. Strategi LINE untuk rencana ini meliputi amplifikasi judul-judul orisinal LINE, ekspansi berskala global, analisa pasar/konsumen, dan peningkatan antarmuka pengguna(UI)/pengalaman pengguna (UX) dengan berbasis konten, teknologi, dan sumber-sumber daya dari NAVER WEBTOON yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan LINE Manga di masa yang akan datang.

Sebagai langkah awal, LINE berencana untuk mengintegrasikan XOY (diucapkan “Joy”), situs manga dari NAVER WEBTOON, ke dalam LINE Manga pada tahun 2018 ini. XOY menyajikan beragam tipe komik orisinal yang ditampilkan secara vertikal, mudah untuk dibaca, dan telah menarik sekitar 2,3 juta pembaca aktif setiap bulannya. Sejumlah judul yang terkenal seperti “Tales of the Unusual” karya Osd yang diadaptasi ke dalam drama TV dan “Lookism” karya T. Jun yang telah menarik 3 miliar pembaca akan dirilis secara gratis oleh LINE Manga.

Tak hanya di Jepang, LINE Manga pun berencana untuk merilis berbagai karya komik orisinal miliknya ke seluruh dunia dengan memanfaatkan jaringan global milik NAVER WEBTOON yang terdapat di Korea, Amerika Serikat, China, Taiwan, dan negara lainnya. Mulai 2 Juli 2018 ini, SHOGAKUKAN Inc., MEDIA DO Co., Ltd. dan LINE Digital Frontier, akan memperkuat kerjasamanya dengan NAVER WEBTOON untuk industri LINE Manga di Taiwan. Lebih dari itu, perusahaan ini berupaya untuk terus memanfaatkan sumber-sumber daya pengembangan teknologi dan desain dari NAVER WEBTOON guna mendorong serta meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh LINE Manga sehingga pengguna bisa mendapatkan layanan-layanan yang lebih menarik.

Komentar dari Takeshi Idezawa, Representative Director dan CEO, LINE Digital Frontier Corporation

LINE Manga telah tumbuh menjadi penyedia layanan komik digital nomor 1 di Jepang dan telah memproduksi begitu banyak judul-judul populer. Namun, kami melihat akan ada kompetisi yang ketat di industri ini di masa yang akan datang baik secara lokal maupun internasional. Kami akan terus berupaya untuk menjadi pemimpin di industri ini melalui kerjasama dan kesepakatan dengan NAVER WEBTOON yang memungkinkan kedua perusahaan untuk saling memanfaatkan keunggulan masing-masing serta mengembangkan industri ini lebih besar lagi. Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang memimpin pengenalan dan pengembangan komik digital serta konten digital lainnya, ​kami akan terus berusaha untuk menyediakan layanan-layanan yang terbaik.

Komentar dari JunKoo Kim, Direktur LINE Digital Frontier Corporation

Saya yakin melalui integrasi antara LINE Manga, penyedia layanan komik digital No.1 di Jepang, dengan pengalaman yang telah dimiliki oleh NAVER WEBTOON dalam mengembangkan konten berteknologi tinggi serta konten digital baru akan memberikan angin segar untuk bisnis di industri ini. Komik yang dirilis oleh LINE Manga akan menarik lebih banyak pembaca di berbagai negara di dunia melalui jaringan NAVER WEBTOON dan LINE WEBTOON. Dua tujuan yang harus kami capai adalah mendorong judul-judul LINE Manga agar dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di negara-negara lain serta dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi para pembuat karya tersebut.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.