Nuclear Throne – Can you survive after the armagedon?

150

Kalau ada game yang dirilis melalui Steam Early Access dan telah melalui tahap pengembangan selama dua tahun, maka jawabannya adalah Nuclear Throne. Game yang dikembangkan oleh Vlambeer ini dirilis pada Oktober 2013. Selama dua tahun, Nuclear Throne telah mengalami update hampir setiap minggu hingga akhirnya dirilis untuk PC pada Desember tahun lalu. Sejak kemunculannya tersebut, Nuclear Throne menjadi salah satu game favorit di Steam karena sejumlah hal. Semisal kisah yang disajikan yang berputar pada waktu pascakiamat hingga grafisnya yang sederhana tetapi menggoda.

Sebagai game berlatarbelakangkan pascakiamat, saat ini Nuclear Throne mungkin kalah pamor dengan Fallout. Namun, Nuclear Throne menyuguhkan kondisi dan suasana yang lebih ekstrim ketimbang pesaingnya tersebut. Tampilan grafisnya yang berpiksel terlihat klasik namun jauh lebih hidup dengan karakter-karakter yang digambarkan dengan cukup detail. Sejak statusnya sebagai Early Access di Steam, grafisnya tersebut menjadi bagian dari gameplay yang baik. Meskipun hadir tanpa narasi, Nuclear Throne tetap memberikan naunsa post-appocalypse yang menarik. Minimnya informasi yang disajikan oleh game ini menjadi daya tarik bagi gamer yang berminat pada dunia pascakiamat yang rumit. Melalui dunia dan karakter-karakternya, kita bisa menyimpulkan apa sebetulnya yang menjadi daya tarik Nuclear Throne ini.

Screen Nuclear Throne 10

It gives you real challenge
Saat memulai permainan, kamu akan diberikan kesempatan untuk memilih karakter yang akan kamu mainkan. Tentunya, setiap karakter hadir dengan keunikannya masing-masing. Ada karakter yang bersifat aktif, adapula yang bersifat pasif. Artinya kemampuan setiap karakter pun berbeda antara satu dengan yang lain. Ada yang bisa bergerak dengan sangat cepat, ada juga yang bisa mengubah dirinya menjadi tameng. Di dalam Nuclear Throne, tujuan kamu adalah untuk melewati 15 level, menerobos ke tutuh area berbeda beserta level-level rahasia tambahannya, dan lebih banyak lagi. Di antara setiap babak kamu diharuskan untuk melakukan sejumlah upgrade, seperti meningkatkan kadar health, menambah kecepatannya, hingga kemampuan-kemampuan lain.

Sepanjang gameplay kamu akan melawan musuh-musuh yang telah menunggu di setiap level. Uniknya, setiap level bersifat random atau acak sehingga kamu tidak akan menghadapi pengalaman yang serupa. Ketika berada di level tertentu kamu juga harus memperhatikan dengan seksama karena di tempat ini terdapat peti-peti harta karun yang tersebar. Jika mendapatkannya, kamu bisa menemukan obat-obatan, senjata, dan juga experience point yang diwakilkan oleh tangki berwarna hijau menyaala. Melambangkan cairan radiasi.

Screen Nuclear Throne 07

Kematian adalah hal yang lumrah dalam game ini. Tetapi jika kamu tidak ingin mengulang dari awal, kamu harus berhati-hati karena sekali mati, kamu akan dipaksa untuk kembali ke level pertama. Vlambeer memang menciptakan Nuclear Throne sebagai rouglike, tidak seperti Fallout. Tata letak pet dan item juga menjadi bagian penting game ini. Setiap area yang ada memiliki tema masing-masing dengan bos di setiap tempat. Sementara untuk menarik kamu kembali ke permainan, Nuclear Throne menyediakan tantangan harian dan mingguan yang bisa kamu selesaikan dengan reward tertentu. Tantangan harian atau Daili Challenge misalnya akan menempatkan kamu dan ribuan pemain Nuclear Throne lain dalam deretan level dengan desain serupa. Kamu cukup bermain sekali, tetapi pastikan kamu mendapatkan skor yang tinggi karena sekali mati skor kamu akan dibandingkan dengan pemain lain.

Sementara itu, tantangan mingguan atau Weekly Challenge hanya tersedia setiap akhir pekan. Pada tantangan kali ini kamu bisa mengulang permainan sepuasmu demi mendapatkan skor tertinggi yang akan dihitung setiap akhir minggu. Kemudian skor akan dibandingkan dengan pemain lain. Bedanya, setiap level sudah ditentukan dan tidak akan berubah. Baik Daily Challenge atau Weekly Challenge tidak akan memberikan pengaruh apapun pada permainan Nuclear Throne kamu yang sesungguhnya. Kedua tantangan tersebut hanya bersifat selingan. Pun begitu, kamu bisa menjadikan tantangan ini sebagai tempat berlatih memasuki arena permainan yang biasa. Nuclear Throne memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga keberadaan Daily Challenge dan Weekly Challenge akan sangat membantu kamu beradaptasi dengan gameplay Nuclear Throne.

Screen Nuclear Throne 03

Full of mystery
Kalau kamu memiliki kemampuan yang baik, Nuclear Throne bisa diselesaikan dengan cepat. Tetapi menariknya, game ini masih memiliki rahasia dan kejutan yang bisa kamu gali. Ada banyak level-level tersembunyi yang tentunya menarik untuk mau jelajahi. Selainitu, berbagai senjata rahasia dan karakter baru pun bisa kamu dapatkan dan mainkan. Namanya juga rahasia, kamu harus menemukan sendiri di mana mereka berada. Kalau kamu cukup beruntung, kamu bisa mendapatkan semuanya. Petunjuk yang bisa kamu dapatkan akan hadir setelah kamu mengalahkan bos di level tertentu. Jadi, pastikan kamu mengalahkan bos di setiap levelnya.

Untuk urusan audio dan musiknya, Nuclear Throne menyajikan efek-efek suaran yang luar biasa. Terutama saat terjadi ledakan-ledakan yang dahsyat. Kami yakin efeknya akan mengingatkan kamu pada efek-efek suara film Hollywood. Seolah menjadi ciri khas Vlambeer, Nuclear Throne menambah deretan game yang simpel namun detail yang kaya. Kamu tidak akan kecewa dan bahkan akan tertarik lebih dalam pada permainan ini.

Screen Nuclear Throne 05

Publisher: Vlambeer
Developer: Vlambeer
Genre: Action
Release: Desember 2015
Platform: PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.