Opera Bangkitkan Kebiasaan Membaca Berita dengan Artificial Intelligence

81

Layanan berita Opera, yang didukung AI, kini memiliki 100 juta pengguna aktif per bulan. Pembuat browser asal Norwegia itu segera mengumumkan rencana peluncuran aplikasi khusus berita dan video.

Opera, pengembang Opera Mini dan Opera browser, hari ini mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif bulanan layanan newsreader-nya mencapai lebih dari 100 juta per November 2017. Pertumbuhan pengguna dari dua juta menjadi lebih dari 100 juta pembaca aktif bulanan dalam waktu kurang dari satu tahun belum pernah terjadi sebelumnya.

“Berita tidak mati, Anda hanya perlu menyediakan konten sesuai dengan keinginan masyarakat tanpa membuat mereka harus bersusah payah untuk mendapatkannya,” kata Jan Standal, VP Product Marketing and Communication.

Mengapa kebiasaan membaca berita tumbuh cepat di kalangan pengguna mobile browser Opera? Hal tersebut karena tim Opera mengembangkan mesin kecerdasan buatan (AI) untuk menyediakan konten yang relevan kepada masyarakat dengan cara cerdas. Sistem AI mempelajari kebiasaan membaca berita pengguna secara real time dan mempelajari hal tersebut dengan tujuan menyediakan berita sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal tersebut akan membuat masyarakat menjadi semakin mudah dan cepat dalam mendapatkan berita dan video, yang menarik bagi mereka.

Pendekatan itu berhasil. Layanan berita dan video tumbuh 50 kali lipat sejak diperkenalkan di browser Opera Mini pada Januari 2017. Data penggunaan bulan November menunjukkan bahwa rata-rata, pengguna menghabiskan 40 menit setiap hari di dalam browser Opera dan bersinggungan dengan 65 hingga 81 berita per hari.

Hal ini juga menjadi kabar baik bagi penerbit: Teknologi AI Opera meningkatkan exposure artikel mereka karena teknologi AI menyuguhkan artikel tersebut ke orang terkait, yang memiliki lebih besar kemungkinan menanggapi dan berbagi. Pada 2017, Opera bermitra dengan lebih dari 800 laman dan penerbit, termasuk 96 laman penerbitan Indonesia.

“Pengguna telepon genggam cenderung ingin mengkonsumsi konten dengan cara lebih cepat dan lebih mudah,” kata Jan Standal. “Mesin AI dirancang untuk langsung menyediakan konten yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna hanya dengan sentuhan jari. Kami sangat senang melihat pertumbuhan pesat seperti itu, baik dari segi pengguna maupun penggunaan layanan sesungguhnya.”

Membawa kanal berita Opera ke tahap berikutnya – aplikasi terbaru akan segera hadir

Browser Opera adalah jalur tepat untuk menjelajahi konten video dan berita dari Internet. Browser ini juga berfungsi sebagai aplikasi untuk kegiatan sehari-hari, seperti, belanja online, mencari informasi atau pembayaran melalui mobile. Oleh karena itu, Opera berencana meluncurkan aplikasi khusus berita dan konten, dengan codename Opera Habari, yang menawarkan video dan berita sesuai dengan kebutuhan pengguna. Opera Habari akan menggunakan mesin kecerdasan buatan (AI) sama dengan browser Opera.

“Dengan lebih dulu memperkenalkan pembaca berita AI ke browser populer Opera, yang digunakan 250 juta orang di seluruh dunia, kami berhasil mengatasi salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan newsreader AI yang benar-benar cerdas, terutama dalam skala tersebut,” kata Jan Standal, “Dengan memanfaatkan kecerdasan Opera Mini, kami terus mengembangkan layanan AI kami untuk menjadikannya salah satu platform penemu konten terkemuka di dunia. Kombinasi unik antara basis pengguna besar dengan kemampuan teknologi kami yang mendalam, menempatkan Opera pada posisi unik untuk mencapai tujuan tersebut. Kami berharap dapat meluncurkan aplikasi baru dalam waktu dekat.”

Meningkatkan penciptaan nilai dalam ekosistem penerbitan

Web adalah platform terbuka yang memungkinkan penerbit konten meraih nilai tinggi melalui web browser. Masyarakat semakin menginginkan solusi baru dan cerdas untuk menggabungkan berita dari berbagai sumber. Mesin berita dan video Opera merekomendasikan artikel dari puluhan ribu laman unik, menghasilkan miliaran tampilan artikel. Selain itu, Opera mendaftarkan lebih dari 800 penerbit dan laman untuk hubungan niaga. Itu sebabnya, Opera menciptakan nilai tinggi di seluruh ekosistem penerbitan.

Opera di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara pertama tempat Opera meluncurkan mesin berita dengan kecerdasan buatan, bekerjasama dengan 96 laman penerbit Indonesia. Mesin berita AI Opera menggunakan peringkat cerdas real-time, didukung pembelajaran mesin (algoritma G.B.D.T.) dan pembelajaran mendalam (Deep Neural Network D.N.N.) untuk menyajikan berita terkini dan berwawasan ke pengguna tanpa harus mengaturnya. Itu berarti semakin banyak konten tersedia yang sesuai dengan keinginan pengguna di bagian “For You”.

Indonesia adalah salah satu pasar utama Opera. Belum lama ini, Opera mengumumkan kerja sama strategis dengan Andromax, salah satu merek smartphone 4G terkemuka di Indonesia. Sebagai bagian dari kerja sama itu, seluruh perangkat Andromax dan feature phone 4G akan dilengkapi browser Opera Mini.

Selain itu, Opera juga mengumumkan kerja sama strategis dengan Indonesian Idol, ajang pencarian bakat terkemuka di Indonesia. Pada musim kesembilan, penggemar bisa mendapatkan akses menonton konten eksklusif serta mengikuti update kompetisi acara TV favorit mereka melalui Opera Mini. Dengan didukung mesin pencari berita dengan teknologi AI milik Opera Mini, penggemar dapat menonton Indonesian Idol dari perangkat mobile mereka di mana pun mereka berada.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.