Pemerintah Akan Memblokir Game Online Berbahaya

64

Menkominfo Rudiantara mengatakan pemerintah akan memblokir game online yang dinilai berbahaya. Pun demikian, pihaknya akan terlebih dulu membentuk tim yang melibatkan Kemendikbud guna menilai game online mana yang membahayakan.

Di saat menghadiri pengukuhan staf khusus Menkominfo Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto SH., MA., sebagai Guru Besar Ilmu Komunikasi FISIP Unair, Menkominfo menyatakan pihaknya akan langsung memblokir konten game online yang dinyatakan “berbahaya” oleh tim yang akan dibentuknya nanti.

“Game online itu bukan judi, porno, atau konten yang sudah jelas berbahaya, karena itu kami sepakat dengan Kemendikbud untuk membentuk tim yang menentukan ‘rating‘ game berbahaya atau tidak,” katanya di Surabaya, Sabtu kemarin.

Adapun menkominfo juga berharap kepada keluarga untuk terlebih dahulu menyaring konten yang baik atau positif dan konten yang berbahaya atau tidak.

“Tapi kami juga berharap kepada keluarga untuk menyaring konten baik dan positif, atau konten berbahaya dan negatif karena teknologi digital juga bermanfaat, karena ada konten pendidikan juga ada, bahkan kami bersama Kemendikbud sudah merancang ujian sekolah pakai iPad,” kata Rudiantara.

Pengukuhan staf khusus Menkominfo Prof. Dr. Drs. Henri Subiakto SH., MA., sebagai Guru Besar Ilmu Komunikasi FISIP Unair juga dihadiri sejumlah tokoh pers seperti Ishadi SK (Trans TV) dan H. Saiful Hadi (mantan Dirut LKBN Antara). Menkominfo mengapresiasi pidato Prof Dr Drs Henri Subiakto SH MA bertajuk “Transformasi Teknologi Komunikasi Digital Terhadap Perubahan Sosial sebagai Persoalan Aktual”.

Dalam pidatonya, Prof Henri Subiakto menegaskan bahwa dunia komunikasi mengenal teori “determinan technology” atau teknologi itu mempengaruhi kehidupan, seperti revolusi industri di Eropa pada abad 15 yang mendorong lahirnya mesin cetak dan akhirnya mengubah kehidupan.

Menkominfo berharap sumbangsih dari Prof Henri Subiakto untuk merancang koridor untuk regulasi dalam dunia teknologi komunikasi digital. “Kalau regulasi detail ada pada masyarakat atau industri, sedangkan regulasi dari pemerintah hanya koridor,” katanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.