Perusahaan Game Asal Bandung, Agate Studio Mendapat Pendanaan Sebesar 13 Miliar

181

Berita terbaru yang cukup membanggakan bagi Indonesia, khususnya di bidang industri game. Sebuah perusahaan game Indonesia yakni Agate Studio berhasil mengumpulkan dana dengan jumlah sebesar 1 juta US Dollar atau sekitar Rp 13 milliar. Dana ini didapat dari sebuah perusahaan investasi modal asal Indonesia yakni Maloekoe Venture.

Bagi Anda yang belum pernah mendengar mengenai perusahaan Agate Studio ini, sebenarnya perusahaan game ini sudah cukup lama malang melintang di industri game tanah air. Didirikan pada tahun 2009 lalu, Agate Studio berhasil terus merangkak naik menjadi salah satu perusahaan game lokal terkemuka. Saat ini sendiri Agate Studio diketahui memiliki jumlah karyawan sebanyak 70 orang.

Dan berbicara mengenai game yang dihasilkan juga cukup baik. Ada total sekitar 200 game lebih yang berhasil diproduksi oleh Agate Studio ini. Dan game-game yang dihasilkan oleh Agate Studio ini sendiri cukup bervariasi jenisnya. Mulai dari game-game besar tentunya bekerjasama dengan perusahaan game terkemuka lainnya, dan ada juga game-game ringan untuk hiburan semua kalangan yang diproduksi untuk berbagai macam platform. Beberapa game terkemuka dari Agate Studio ini yang menjadi hits diantaranya adalah Football Saga, sebuah game browser yang gratis dimainkan bertemakan mengenai sepakbola. Lalu ada lagi Super Smash yang merupakan game bertemakan olahraga bulutangkis. Super Smash ini merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan rokok terkenal Indonesia Djarum.

Arief Widhiyasa CEO dari Agate Studio ini sendiri menyatakan di Agate Studio terdapat dua divisi gaming. Satu divisi khusus untuk menggarap game-game besar dan bersifat serius. Satu divisi lain khusus menggarap game-game ringan berbasis hiburan untuk semua umur. Kedua divisi ini dalam perjalanannya berhasil meraih prestasi dan keuntungan yang tidak sedikit. Namun Arief sendiri meyakini hal ini masih belum cukup dan Agate Studio masih bisa terus berkembang dan membutuhkan modal yang besar.

Berbicara mengenai angka 1 juta USD ini sendiri tak akan tercapai tanpa investasi dari Maloekoe Ventures. Perusahaan ini sendiri dapat dibilang merupakan muka baru di tanah air. Investasi di Agate Studio ini merupakan pertama kalinya nama Maloekoe Ventures ini terdengar di muka umum. Dan beberapa informasi lain menyebutkan bahwa perusahaan penanaman modal ini juga memiliki investasi lain pada perusahaan startup di bidang alat tulis kantor yakni Bizzy.

Dengan adanya investasi ini Agate berharap mereka lebih bisa lagi mengembangkan divisi game mereka dan melahirkan sub-divisi baru dengan produksi game lebih bervariasi lagi di masa mendatang.

Sumber berita di atas dapat Anda klik di sini. 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.