Pokemon Go dikabarkan dapat mengakses seluruh data di akun Google Anda.

57

Meskipun belum beredar secara resmi, namun Pokemon Go telah menyita perhatian banyak kalangan, tidak hanya pencinta game, tetapi juga masyarakat awam. Namun, hati-hati. Kabarnya Pokemon Go dapat mengakses seluruh data di akun Google Anda.

Kabar ini mengemuka saat diketahui bahwa jika Anda memainkan game di iPhone dan masuk dengan menggunakan akun Google, maka bisa jadi Anda memberikan kesempatan kepada Niantic, pengembang di balik game fenomenal ini untuk mengakses seluruh data di akun Anda. Mungkin, Anda sendiri tidak sadar karena menurut Adam Reeve, principal architect dari Red Owl Analytics, tidak ada indikasi apapun saat proses sign up yang menyadarkan Anda bahwa Anda memberikan akses penuh aplikasi ini kepada akun Anda.

Menurut laman bantuan Google, ini artinya aplikasi ini dapat “melihat dan memodifikasi hampir seluruh informasi di akun Google Anda”. Hal ini sendiri tidak menjadi masalah jika Anda masuk dengan menggunakan akun Trainer Club. Meskipun masalah ini dilaporkan hanya dialami pengguna iOS, namun beberapa pemakai Android agaknya melaporkan hal serupa.

Niantic Labs dan The Pokemon Company pun segera mengonfirmasi hal ini. Meskipun memang mendapat akses yang lebih banyak daripada seharusnya, namun akses ini tidak akan sampai mengancam akun Google Anda dan keduanya sedang dalam tahap perbaikan. Google sendiri berencana mengurangi akses Pokemon Go secepatnya kepada data pribadi Anda secepatnya. [Ret/G+]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.