Pokemon Go – Individual Values (IV) dan Hidden Stats

154

Dalam Pokemon Go, ada tiga Hidden Stats, atau Individual Values (IV). Hidden stats ini akan mempengaruhi seberapa kuat Pokemon kalian di Gym Battles, yang ditunjukkan dengan

  • Attack
  • Defense
  • Stamina

Stamina mempengaruhi HP, yang dapat kalian lihat dilayar, tapi status Attack dan Defense tidak dapat dilihat alias tersembunyi.

Setiap spesies Pokemon memiliki statistik dasar yang berbeda-beda. Misalnya, Chansey diketahui memiliki Stamina yang sangat tinggi, Flareon memiliki Attack yang tinggi, dan Golem memiliki Defense yang tinggi.

Meskipun statistik dasar ini kadang-kadang berhubungan dengan nilai-nilai dalam seri Pokemon sebelumnya, namun kalian tidak dapat selalu menerapkan pengetahuan kalian untuk game yang satu ini. Misalnya, Gyarados dalam seri Pokemon sebelumnya dimanfaatkan untuk stat Attack yang tinggi, namun dalam Pokemon Go, Gyarados Stat tertinggi adalah Defense.

Di luar statistik dasar Pokemon, potensi setiap Pokemon itu berbeda. Mereka diatur oleh yang namanya IV, atau Individual Values yang bisa menjadi parameter apakah Pokemonmu memiliki Attack yang baik, atau Deffense yang baik atau malah keduanya. Ada beberapa cara yang kalian bisa lakukan untuk mengetahui berapa IV Pokemon kalian yang bisa dilakukan para trainer. Diluar itu, hal ini penting kalian tahu karena tak semua Pokemon dengan CP lebih besar selalu yang lebih baik. Pokemon dengan IV terbaiklah yang harus kamu evolve dan power up. IV bisa dihitung dengan menggunakan CP, HP, dan biaya power up dari Pokemon tersebut. Semakin tinggi persentase IV, semakin kuat pokemonnya.

 

Mengapa Individual Values (IV) Itu Penting

IV itu menjadikan setiap Pokemon menjadi khusus dan unik, dan kalian jangan heran jika Pikachu punya teman kalian lebih baik dari kamu meskipun kamu berdua melatih dan menaikkan level Pikachu yang sama.

Anda dapat mencoba untuk menentukan IV Pokemon kalian dengan menggunakan kalkulator yang mengkalkulasikan kekuatan Pokemon kalian saat ini seperti CP (Combat Power), HP, dan berapa banyak Stardust yang dibutuhkan untuk menaikkan kekuatan mereka. Satu-satunya masalah adalah bahwa karena baik Attack dan Defense tidak dapat terlihat, maka kalian harus sering membuat beberapa kombinasi IV pada Pokemon kalian.

Kalian dapat menggunakan kalkulator untuk menghitung IV Pokemon. Semakin tinggi persentase IV, semakin kuat pokemonnya. Di bawah, kalian dapat melihat hasil statistik Charmeleon yang dihitung menggunakan kalkulator. Berikut adalah situs yang berguna untuk membantu menghitung IV. Berikut ini adalah data statistik yang yang mungkin terjadi jika kalian meng-evolve Chameleon menjadi Charizard dan melakukan power up hingga maksimal, dan membandingkannya dengan statistik terbaik dan terburuk

Charizardstats

Seperti yang kalian lihat, statistik hanya dibedakan oleh sekitar 10 persen. Jadi, IV tidak akan menjadi faktor utama, tetapi mereka akan membuat perbedaan yang halus jika Pokemon kalian memiliki IV sangat rendah atau sangat tinggi.

Setelah melihat dari grafik ini, Charmeleon dinaikkan kekuatannya sekali sehingga hasilnya dapat disempurnakan.

228px-IMG_0789 228px-IMG_0790

CP nya dinaikkan menjadi 18, dan HP-nya naik 2. Masih membutuhkan 1.300 Stardust untuk power up, yang hasilnya adalah …

Charizardstats2

Seperti yang kita lihat, Charmeleon ini sayangnya tidak terlalu bagus! Karena itu, mungkin kalian harus memilih Charmeleon berbeda untuk melakukan Power Up lagi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.