Preview Deus Ex: Mankind Divided

20

 

Tidak hanya menampilkan permainan yang menantang, seri Deus Ex digemari oleh banyak kalangan berkat ceritanya yang dewasa dan sering menyinggung beragam tema sensitif, misalnya bagaimana perbedaan dapat menimbulkan perpecahan antara umat manusia. Dan tema tersebut dapat kalian temukan dalam Deus Ex: Mankind Divided, game terbaru yang (menurut rencana) bakal menyambangi PS4 dan XONE sekitar awal tahun 2016 nanti. Sebagai sequel bagi Deus Ex: Human Revolution, gamer bakal diajak untuk mengikuti petualangan Adam Jensen dalam menanggapi kelanjutan dari Aug Incident (baca kolom Info Gamer untuk lebih jelasnya), yang akan membawanya pada sebuah konspirasi kotor nan berbahaya.

Screen Deus Ex Mankind 04

Augmented vs Naturals
Mengambil setting waktu dua tahun setelah event dalam Human Revolution berakhir, terjadinya Aug Incident membuat para pengguna cybernetic augmentation (alias transhuman) dianggap sebagai ancaman bagi kalangan masih “natural” sehingga menimbulkan ketegangan antara kedua pihak. Akibat pengasingan serta perlakuan buruk yang diterimanya, kaum transhuman di Prague bersatu dan membentuk Augmented Rights Coalition (ARC) yang berusaha membela hak-hak kaumnya. Walau biasanya tidak pernah memakai kekerasan, mereka dicap sebagai teroris – terutama setelah terjadinya pemboman di Ruzica Station yang memakan banyak korban jiwa. Hal ini membuat Task Force 29, badan yang menangani augmented terrorist, menurunkan agennya yakni Adam Jensen untuk menyelidiki masalah tersebut. Tapi selain itu, Adam rupanya memiliki misi tersendiri yakni menemukan dalang yang berada di balik semua kekacauan yang terjadi yakni Illuminati.

Sejauh ini, Eidos Montreal berhasil menampilkan suasana ketegangan antara orang normal dengan para transhuman dengan baik, di mana kita dapat melihat para pengguna augmentation diperlakukan dengan semena-mena. Hal ini tentu bakal meningkatkan atmisfir permainan juga semakin memperkuat tema “perpecahan” yang ditampilkan oleh Mankind Divided. Dipadu dengan peningkatan dalam bidang kualitas graphic yang membuat semua hal tampil lebih mendetail, game ini akan benar-benar memanjakan mata para pemilik konsol new-gen dengan tampilan yang mantap di sepanjang permainan. Tapi, apakah hanya kualitas graphic yang menjadi andalan game Deus Ex terbaru ini?

Screen Deus Ex Mankind 01

Jensen’s New Toys
Jawabannya adalah: tentu saja tidak. Mankind Divided akan menawarkan permainan yang (sesuai janji Eidos) jauh lebih seru dibandingkan dengan game-game pendahulunya sambil tetap mempertahankan kombinasi permainan FPS dan RPG yang baik. Sayangnya, karena permainan akan lebih difokuskan pada action maka fans Deus Ex yang menyukai taktik stealth harus gigit jari. Why? Karena meski meski metode ini masih bisa digunakan untuk melewati berbagai rintangan, contohnya menggunakan cloaking supaya tidak terlihat oleh lawan, tapi jumlah EXP yang akan kalian peroleh tidak sebesar metode direct combat. Apalagi dalam game ini Adam Jensen dibekali dengan beragam augmentation baru yang nampaknya mengarahkan pemain untuk berperang secara frontal.

Screen Deus Ex Mankind 08

Yang pertama, sekarang kalian dapat menggonta-ganti amunisi dengan mudah tanpa harus mem-pause game terlebih dahulu sehingga kita dapat menyesuaikan diri dengan situasi peperangan dengan cepat. Sebagai contoh, menembakkan EMP untuk melumpuhkan turret lalu beralih pada armor piercing untuk menghancurkan penghalang dapat dilakukan secara on the fly. Selain itu, jagoanmu juga dilengkapi dengan Gun Arm yang dapat menembakkan Tesla untuk melumpuhkan sejumlah target secara bersamaan, bahkan menembakkan nanoblade dalam 2 mode berbeda (memaku lawan ke dinding serta peledak). Dengan memanfaatkan kemampuan yang terdapat dalam Gun Arm, gamer bisa menemukan beragam cara untuk mengalahkan lawan secara efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Oh, fitur hacking yang ditampilkan dalam Human Revolution masih bisa kalian temukan di sini, bahkan lebih dikembangkan lagi karena kini kita bisa meng-hack berbagai objek dari jauh!!

Cybernetic augmentation lain yang dimiliki oleh Adam ialah Titan Shield, di mana seluruh tubuhnya diselimuti oleh pelindung sehingga ia mampu bertahan menghadapi berondongan peluru lawan. Walau tidak bertahan lama, setidaknya kemampuan ini bakal meningkatkan peluang sang jagoan untuk selamat dalam peperangan. Dipadu dengan Smart Vision yang bisa mendeteksi senjata serta item berguna yang dimiliki lawan, Focus Mode yang akan memungkinkan Adam untuk bergerak lebih cepat, hingga Icarus Dash yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi tertentu dengan cepat, semua kemampuan tersebut memungkinkan gamer untuk beraksi lebih baik lagi sewaktu berhadapan dengan musuh. Apalagi dalam game ini sejumlah lawan dilengkapi dengan augmentation yang sama dengan jagoanmu sehingga lebih sulit untuk dikalahkan.

Screen Deus Ex Mankind 09

One Step Higher
Meski gameplay-nya lebih terfokus pada penyerangan secara frontal, apalagi didukung dengan beragam augmentation yang sifatnya “action banget”, Mankind Divided mampu memberikan fleksibilitas lebih bagi gamer dalam menggunakan gaya permainan yang sesuai. Dengan respon yang lebih cepat dan juga pergerakan karakter yang semakin smooth, bersiaplah menjalani aksi baku tembak yang seru!!

Info Gamer - Aug Incident 01

Info Gamer – Aug Incident
Insiden yang memicu terjadinya perseteruan antara manusia normal dengan para pemakai augmentation ini terjadi di tahun 2027. Dikenal dengan sebutan Aug Incident, dalam peristiwa itu pengguna biochip hasil garapan Illuminati di seluruh dunia mengalami berserk dan menyerang orang-orang di dekatnya sehingga menimbulkan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah yang sangat besar. Karena hal inilah pemakai augmentation dipandang sebagai ancaman bagi umat manusia, sehingga mereka pun dibuang oleh masyarakat.

Publisher: Square Enix
Developer: Eidos Montreal
Genre: Action-RPG
Release: 23/8/2016
Platform: PlayStation 4, Xbox One




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *