Profesi Baru di Dunia Gaming: Guru Les Privat Fortnite Battle Royale

312

Meski sebagian besar orangtua masih berpendapat bahwa bermain video game hanya membuang-buang waktu saja, namun tidak sedikit yang justru mendukung anak-anak mereka melakukan kegiatan tersebut. Yang menarik, belakangan ini, muncul sebuah fenomena dalam dunia gaming di mana banyak orangtua di berbagai belahan dunia, sibuk mencari guru les privat untuk mengajari anak-anak mereka bermain Fortnite, free-to-play online game yang dikembangkan oleh Epic Games dan sudah dirilis tahun 2017 lalu!

Kemunculan fenomena ini dipicu oleh perilisan Fortnite Battle Royale, permainan bertemakan battle royale yang mempertarungkan 100 orang player (dapat bermain sendirian, berdua, atau tergabung dalam kelompok berisi 4 orang) secara bersamaan. Game yang terinspirasi dari PlayerUnknown’s Battlegrounds garapan PUBG Corporation ini dirilis untuk ketiga gaming console utama yakni Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One, PC, juga iOS dan Android. Fortnite Battle Royale berhasil meraih sukses besar dengan dimainkan oleh lebih dari (berdasarkan data bulan Juli 2018) 125 juta pemain, dan meraup lebih dari US$8 milyar lewat microtransaction.

Berdasarkan info yang diambil dari berbagai situs, para orangtua mencari player yang sudah memiliki “jam terbang” tinggi untuk menjadi guru pembimbing secara online, demi meningkatkan kemampuan anak-anak mereka dalam memainkan game tersebut. Melalui interview, para orangtua menyatakan bahwa mereka melakukan hal tersebut supaya anak-anak mereka tidak mengalami kekalahan terus menerus, yang berimbas pada menurunnya status sosial mereka dalam pergaulan dengan kawan-kawannya. Yang menarik, tidak sedikit orangtua yang mengikuti les bersama anak-anak mereka agar dapat memainkan Fortnite Battle Royale, sekaligus mempererat hubungan dengan buah hati mereka.

Tidak heran fenomena ini menyebabkan menjamurnya les privat untuk Fortnite Battle Royale di media sosial maupun contracting sites, yang memberikan layanan mereka dengan tarif antara $10 hingga $25 per jamnya. Salah satunya adalah Gamer Sensei, situs berisi ratusan professional gamer yang siap memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan gamer dalam berbagai judul, termasuk Fortnite Battle Royale. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.