Raid Boss Paling Sulit Dikalahkan Dalam Sejarah MMO

319

Kehadiran sosok raid boss dalam permainan bergenre massive-multiplayer online menghadirkan tantangan tersendiri bagi para player, karena biasanya mereka dilengkapi dengan loot item berharga sehingga menjadi incaran semua orang. Pihak developer mendesain mereka sedemikian rupa supaya sulit untuk dikalahkan, sehingga online gamer harus melakukan persiapan yang matang agar dapat menghadapi dan mengalahkan mereka. Tapi beberapa raid boss berikut ini tampaknya didesain bukan untuk menghadirkan tantangan, tapi justru memberikan penderitaan bagi siapa pun yang berani menghadapinya!

Perlu diperhatikan bahwa seiring dengan perkembangan permainan, sebagian (atau semua) boss yang ditampilkan sudah mengalami perubahan sehingga tidak lagi mempunyai kemampuan seperti versi orisinalnya. [Aseek]

Absolute Virtue

Game: Final Fantasy XI

Penghuni Lumoria ini sulit untuk dikalahkan karena di samping memiliki beragam skill berbahaya untuk meng-counter kemampuan para player, seiring dengan berjalannya waktu, Absolute Virtue dapat memulihkan health serta meningkatkan resistansi terhadap serangan. Munculnya beragam laporan mengenai pemain yang mengalami sakit demi menundukkan notorious monster ini (namun tanpa hasil), menyebabkan Square Enix melakukan perubahan agar Absolute Virtue jadi “lebih mudah” untuk dikalahkan.

Algalon the Observer

Game: World of Warcraft

Julukan “raid destroyer” yang diberikan oleh staff Blizzard sendiri menjadi petunjuk mengenai kekuatan yang dimiliki oleh Algalon the Observer. Di samping dapat menimbulkan damage yang sanggup mencapai 45,000 poin hanya dari serangan normalnya (yang memiliki speed cukup tinggi), makhluk dari ras Constellar ini juga dibekali beragam ability yang menghasilkan daya penghancur besar – utamanya Ascend to the Heavens yang sanggup menembus angka ratusan ribu damage!

C’Thun

Game: World of Warcraft

Setelah mengalahkan sejumlah musuh tangguh, para player akhirnya mencapai lokasi penghuni terakhir Temple of Ahn’Qiraj…dan mati mengenaskan hanya dengan satu serangan saja! Ya, C’Thun jadi salah satu boss yang paling sulit dikalahkan dalam World of Warcraft, terutama di awal-awal perilisannya, karena ia memiliki serangan Eye Beam dengan damage yang hampir tidak masuk akal. Ditambah dengan 3 fase pertempuran yang harus dijalani, monster ini mampu membuat frustasi para pemain WoW.

Pandemonium Warden

Game: Final Fantasi XI

Mungkin inilah notorious monster yang dikenal sebagai momok menakutkan bagi pemain Final Fantasy XI. Segera setelah dimunculkan, sekitar 36 player dari guild Beyond the Limitations bekerjasama untuk menghadapi Pandemonium Warden secara maraton. Namun setelah menjalani pertarungan selama 18 jam, melewati beragam form yang dimiliki sang monster, satu demi satu para anggotanya mengalami kelelahan fisik bahkan tidak sadarkan diri, sementara sang Pandemonium Warden sendiri masih berdiri tegak!

Shandra Manaya

Game: TERA

Dungeon boss berjuluk “Queen of the Argons” ini awalnya mengerahkan monster raksasa Manaya’s Core pemilik beragam skill berbahaya yang harus gamer kalahkan. Meski begitu, Shandra (dari dalam kepompong) bakal ikut menyerang dengan tentakel hingga menyebarkan poison yang harus ditangani secepatnya, plus sejumlah serangan berbahaya lainnya. Dan meski bentuknya setelah “menetas” tidak menyeramkan, namun serangan yang dilancarkannya tidak kalah berbahaya dan sanggup memusnahkan para player yang kurang waspada!

Tequatl the Sunless

Game: Guild Wars 2

Posisinya sebagai world boss menyebabkan Tequatl the Sunless harus untuk dihadapi secara keroyokan, yang bisa mencapai lebih dari 50 player. Meski begitu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara setiap pemain karena naga ini mempunyai banyak serangan yang mampu menimbulkan status ailment serius, berdampak area of effect, hingga menimbulkan damage besar. Tidak hanya itu, adanya objective tambahan melindungi Megalaser membuat para pemain harus membagi perannya dengan seksama karena kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal.

Yakhmar

Game: Age of Conan

Karena bersemayam di area Eiglophian Mountains yang diselimuti es, banyak pemain AoC yang memilih untuk memakai serangan berelemen Fire saat melawan cacing es raksasa ini. Tetapi hal itu justru memicunya untuk memakai Iceworm Lullaby yang mampu melukai sekaligus men-stun semua orang dalam radius serangannya. Di samping itu, setiap 45 detik ia akan memunculkan 6 cacing yang, meski tidak begitu kuat, mempunyai skill Piercing Gaze serta attack power yang mampu menghasilkan damage setara dengan serangan Yakhmar sendiri.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.