RETRO GAMES - Shinobi Series

RETRO GAMES – Shinobi Series

241

01 Logo Shinobi 01

Kata Pengantar
Berkat sosoknya yang terkesan misterius maka, tidak heran kalau ninja sering dimunculkan dalam dunia gaming. Dan di antara sekian banyak game yang menghadirkan ninja sebagai tokoh utama, seri Shinobi buatan Sega menjadi salah satu franchise yang cukup terkenal karena selalu menghadirkan beragam aksi yang intens dan menegangkan. Ingin tahu sepak terjang para shinobi dari klan Oboro dalam menghadapi niat jahat musuh-musuhnya?

 

Shinobi
Platform: Arcade (1987)

maxresdefault

Inilah game Shinobi pertama hasil garapan Sega yang dirilis di platform Arcade, mengisahkan tentang perjuangan sesosok ninja dari klan Oboro bernama Joe Musashi yang bertugas menolong anak-anak yang diculik oleh sebuah organisasi kriminal bernama Zeed. Mengusung genre action, gamer harus menjelajahi sejumlah level untuk membebaskan para anak-anak yang diculik serta menghabisi semua musuh. Selama dalam permainan, Musashi dibekali shuriken yang dapat dipakai untuk menembaki lawan, serta tendangan (atau pukulan) untuk menyerang lawan yang jaraknya dekat. Tidak hanya itu, ia juga dibekali dengan ninja magic alias jutsu yang mampu menghabisi semua musuh di layar, namun hanya dapat digunakan satu kali per-stage.

Shinobi_-_1987_-_Bootleg

Shinobi memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena jagoanmu akan mati hanya dengan satu serangan dari musuh. Dipadu dengan banyaknya musuh yang terdapat dalam satu stage, di mana beberapa di antaranya dapat menangkis shuriken yang dilemparkan dan hanya bisa dilumpuhkan dari jarak dekat, dibutuhkan refleks yang baik untuk melewati semua level yang tersaji selama dalam permainan. Namun ternyata hal tersebut justru membuat gamer penasaran untuk menyelesaikan permainan, sehingga tidak heran jika Shinobi berhasil meraup keuntungan yang cukup besar. Hal inilah yang mendorong Sega untuk menghadirkan sejumlah sequel serta spin-off Shinobi di masa depan.

 

Shadow Dancer
Platform: Arcade, Amiga, Atari ST, Amstrad CPC, Commodore 64, Sega Master System, ZX Spectrum (1989)

maxresdefault

Mengikuti kesuksesan Shinobi, Sega menghadirkan lanjutannya – meski bukan sequel langsung – yang kali ini hadir dengan judul Shadow Dancer. Di sini gamer bermain sebagai seorang ninja master (bukan Joe Musashi), ditemani oleh partner setianya yakni seekor anjing, yang bertugas menghentikan sepak terjang sindikat teroris yang telah memasang sejumlah bom waktu di seluruh penjuru kota. Karena didesain sebagai penerus Shinobi maka Shadow Dancer menghadirkan gameplay yang sama, di mana pemain dapat menyerang musuh dengan memakai shuriken maupun tendangan serta pukulan, sambil mematikan semua bom yang ditemukan di setiap level. Sang ninja master juga dibekali dengan ninja magic yang hanya bisa digunakan satu kali dalam setiap stage.

Arcade - Shadow Dancer 01

Perbedaan yang paling besar terletak pada anjing milik sang ninja master, yang dapat digunakan untuk menahan lawan sehingga memudahkan gamer untuk menyerangnya. Tapi jika dibiarkan terlalu lama, lawan dapat melepaskan diri serta melukai partner-mu, yang bakal berubah menjadi sekor anjing kecil dan tidak bisa dipakai untuk menyerang. Untuk memulihkan kondisinya maka kalian harus berhasil mencapai akhir level atau mendapatkan bom berikutnya. Dipadu dengan tampilan yang lebih mantap, kehadiran anjing milik sang ninja master memberikan strategi tambahan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan level dengan selamat.

 

The Revenge of Shinobi
Platform: Sega Genesis/Mega Drive (1989)

Genesis - Revenge of Shinobi 01

Hadir dengan judul The Super Shinobi di Jepang, game ini merupakan sequel langsung dari Shinobi dengan mengambil setting waktu 3 tahun setelah event dalam game pertamanya berakhir. Diceritakan bahwa organisasi Zeed ternyata kembali terbentuk di bawah nama baru yakni Neo Zeed, di mana mereka kemudian melakukan aksi balas dendam terhadap Joe Musashi serta klan Oboro atas kekalahan mereka sebelumnya, dengan jalan membunuh gurunya dan menculik tunangannya, Naoko. Hal tersebut memaksa Joe untuk berpetualang ke seluruh dunia demi menghentikan rencana jahat Neo Zeed, serta membalas dendam atas kematian gurunya sekaligus menolong kekasihnya, sebelum semuanya terlambat!!

Genesis - Revenge of Shinobi 06

Gameplay yang dihadirkan sedikit berbeda dengan game pertamanya, di mana Joe kini memiliki health bar sehingga tidak akan langsung mati saat terkena serangan, serta shuriken yang kini jumlahnya tidak lagi terbatas tapi dapat ditambah dengan mengambil power-up tertentu. Pemain juga dapat memakai satu dari 4 jutsu berbeda yakni Ikazuchi (melindungi dari 4 hit), Fushin (melompat lebih tinggi), Karyu (memanggil 4 naga api untuk melukai semua musuh di layar), serta Mijin (meledakkan diri untuk memulihkan health tapi mengonsumsi satu Life). Oh, Musashi juga dapat melakukan double jump untuk melompat lebih tinggi, dan jika dipadu dengan tombol attack maka ia dapat melempar 8 shuriken secara bersamaan.

 

Shadow Dancer: The Secret of Shinobi
Platform: Sega Genesis/Mega Drive (1990)

Genesis - Shadow Dancer 01

Meski sama-sama memiliki judul Shadow Dancer namun The Secret of Shinobi bukanlah sequel dari game pertamanya, melainkan sebuah remake. Diceritakan bahwa sebuah kelompok jahat bernama Union Lizard telah menciptakan kekacauan di mana-mana, tanpa ada seorangpun yang berani menentang mereka. Namun seorang ninja warrior misterius, ditemani oleh anjing setianya yakni Yamato, muncul dari persembunyiannya dan berjuang untuk membasmi Union Lizard demi mengembalikan kedamaian di seluruh dunia. Terdapat sedikit kerancuan mengenai identitas sang ninja warrior, di mana versi Jepang-nya menyatakan bahwa ia adalah putra dari Joe Musashi yakni Hayate, tapi versi Amerika-nya menyatakan kalau ia adalah Joe sendiri.

Genesis - Shadow Dancer 05

The Secret of Shinobi memiliki gameplay yang serupa dengan game Shadow Dancer pertama, seperti kemampuan untuk menyuruh anjingmu untuk menyerang serta jagoanmu akan mati saat terkena satu serangan dari musuh, tapi dengan satu perbedaan utama. Agar anjingmu menyerang musuh, kini gamer harus menahan tombol attack sampai sebuah gauge terisi (sebelumnya pemain hanya perlu berjongkok dan menekan tombol attack). Dan sama seperti game-game Shinobi lainnya, The Secret of Shinobi memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, terutama di level terakhir yang dipenuhi dengan musuh-musuh berbahaya yang dapat menghabisi jagoanmu dengan cepat, namun tidak terlalu sulit sehingga justru membuat gamer penasaran untuk menamatkan permainan.

 

The Cyber Shinobi
Platform: Sega Master System (1990)

37219

Dirilis secara eksklusif untuk platform Sega Master System di kawasan Eropa, Australia dan Brazil, game ini menampilkan petualangan putra dari Joe Musashi yang juga bernama Joe, dalam menghadapi Cyber-Zeed yang berusaha meracuni dunia dengan plutonium. The Cyber Shinobi tampil cukup berbeda dibanding game-game sebelumnya, di mana jagoanmu hanya menggunakan katana dan tendangan sebagai senjata utamanya. Dan dengan mengambil power-up S (Shot) maka kalian akan memperoleh sub-weapon berupa shuriken launcher, yang dapat di-upgrade sebanyak 2 kali menjadi senjata yang lebih kuat dengan mengambil power-up yang sama. Sub-weapon tidak bisa digunakan dengan bebas karena amunisinya cukup terbatas.

Master System - Cyber Shinobi 06

Selain itu, The Cyber Shinobi menghadirkan sistem jutsu yang sangat berbeda. Terdapat 4 jenis jutsu yang dapat kalian gunakan selama dalam permainan, tergantung dari seberapa penuh gauge Ninjutsu yang kalian miliki. Dan dengan mengisi gauge Ninjutsu hingga penuh (meski cukup sulit untuk dilakukan), pemain dapat menggunakan keempat jutsu secara berurutan – dari yang paling kuat ke paling lemah!!

 

The G.G. Shinobi
Platform: Sega Game Gear (1991)

Game Gear - Shinobi 01

Game pertama yang dirilis untuk handheld Sega Game Gear ini tampil unik karena untuk pertama kalinya, gamer dapat bermain sebagai 5 orang ninja yang berbeda!! Setelah kehilangan kontak dengan keempat Shinobi lain yang ditugaskan untuk menyelidiki kekuatan kegelapan yang bersemayam di Neo City, Joe Musashi sang Red Shinobi harus memasuki kota berjuluk “City of Fear” demi menolong rekan-rekannya. Meski sebagian besar gameplay-nya tidak berbeda dengan game The Revenge of Shinobi, kecuali senjata utama Joe bukanlah shuriken melainkan katana, tapi melalui fitur character switching maka kalian dapat bermain sebagai ninja lain yakni Pink, Yellow, Blue dan Green Shinobi.

Game Gear - Shinobi 02

Setiap ninja memiliki kemampuan berbeda yang harus kalian manfaatkan untuk dapat melewati semua stage, karena tiap level memiliki rintangan yang hanya bisa dilewati oleh ninja tertentu. Pink Shinobi membawa senjata berupa bom yang lebih kuat dari pedang serta dapat bergerak di langit-langit; Yellow Shinobi menyerang dengan memakai fireball serta dapat berjalan di atas air; Blue Shinobi memiliki kusari-gama sebagai senjata yang juga bisa digunakan sebagai grappling hook, dan dapat berubah menjadi tornado untuk menyingkirkan rintangan; dan Green Shinobi memakai shuriken untuk menyerang musuh serta dapat melakukan double jump – sama dengan kemampuan yang dimiliki Joe Musashi dalam game The Revenge of Shinobi.

 

The G.G. Shinobi II: The Silent Fury
Platform: Sega Game Gear (1992)

Game Gear - Shinobi II 02

Dalam sequel dari game The G.G. Shinobi ini, Joe Musashi harus kembali menjalani petualangan untuk menolong keempat rekannya sekali lagi (sigh…) untuk mendapatkan Elemental Crystal milik mereka. Pasalnya, hanya kristal-kristal itulah yang sanggup menghentikan kekuatan sang ninja jahat Black Ninja yang bersemayam di sebuah kastil. Karena berupa sequel maka gaya permainannya tetap serupa dengan game pertamanya, di mana kalian dapat mengganti karaktermu dengan keempat Shinobi lain yang dibekali kemampuan berbeda-beda, meski kali ini terdapat sedikit perbedaan mengenai fungsi ability milik setiap ninja. Namun yang pasti, semua itu sangat diperlukan karena sejumlah rintangan hanya bisa dilalui oleh Shinobi tertentu.

 

Shinobi III: Return of the Ninja Master
Platform: Sega Genesis/Mega Drive (1993)

Genesis - Shinobi III 01

Tidak diragukan lagi, sequel dari The Revenge of Shinobi ini bisa dikatakan sebagai game Shinobi terbaik yang pernah diciptakan oleh Sega. Di sini Joe Musashi kembali berhadapan dengan Neo Zeed, yang kembali menyiapkan sebuah rencana jahat di bawah pimpinan sosok misterius bernama Shadow Master. Selain memiliki kualitas graphic yang lebih mantap, tempo permainan yang tersaji juga terasa lebih dinamis dan cepat karena sekarang Musashi dapat melakukan wall-jump, dash-kick, bergantung di langit-langit, serta berlari. Dan saat berlari, dengan menekan tombol attack maka jagoanmu bakal melakukan slash attack yang menghasilkan damage yang cukup besar, serta memberikan efek temporary invincibility.

Genesis - Shinobi III 05

Untuk mengakomodasi kemampuan baru Musashi maka semua stage yang terdapat dalam game dibuat menjadi lebih panjang dan lebih luas, lengkap dengan beragam secret yang menanti untuk ditemukan. Sayangnya, para fans seri Shinobi merasa bahwa meski tetap menantang, namun tingkat kesulitan dalam Shinobi III terasa lebih rendah dibanding biasanya. Yang menarik, ketika dirilis untuk pertama kali, Sega nampaknya kurang puas dengan hasilnya sehingga mereka “menarik kembali” game ini ke dalam proses pengembangan. Hasilnya adalah tampilan nan mantap seperti pada produk akhirnya, serta penambahan 2 stage baru yang menampilkan aksi Musashi sambil menunggang kuda serta menaiki surf board.

 

Shinobi Legions
Platform: Sega Saturn (1995)
Shinobi_Legions_-_1995_-_Vic_Tokai,_Inc.

Dikenal dengan judul Shin Shinobi Den (Jepang) dan Shinobi X (Eropa), game yang dirilis di platform Sega Saturn ini tampil unik karena hampir semua karakter yang ada merupakan digitized live-actors, seperti dalam game Mortal Kombat generasi pertama. Game ini mengisahkan tentang Sho, seorang ninja yang harus bertarung melawan saudara seperguruannya yakni Kazuma yang berusaha menguasai dunia, sekaligus menolong kekasihnya, Aya. Hampir sama dengan The Cyber Shinobi, jagoan utamamu hanya memakai katana sebagai senjata utamanya sehingga hampir seluruh pertarungan berlangsung dalam jarak dekat. Untuk itu, selain menebas musuh, Sho dapat memakai pedangnya untuk menangkis serangan lawan.

Saturn - Shinobi Legions 02

Shinobi Legions pun menampilkan sistem jutsu yang unik karena sekarang hanya bisa diperoleh dengan mengambil item tertentu; contohnya Great Warriors di mana Sho akan men-summon prajurit raksasa untuk menyerang musuh. Meski memiliki sejumlah keunikan, namun sayang Shinobi Legions mendapat banyak opini negatif dari kalangan gamer. Utamanya akibat pemakaian digitized live-actors yang dianggap kurang sesuai, buruknya akting mereka yang terlihat sangat mencolok dalam adegan cutscene, serta ketidak mampuan untuk memaksimalkan kemampuan milik platform Saturn.

 

Shinobi
Platform: PlayStation 2 (2002)

maxresdefault

Setelah mengalami masa hiatus selama 6 tahun, Sega yang bekerjasama dengan Overworks kembali menciptakan game Shinobi terbaru untuk platform PlayStation 2. Kali ini yang menjadi bintang utamanya adalah Hotsuma, salah seorang ninja dari Oboro Clan yang harus bertarung melawan pasukan Hellspawn yang dipimpin oleh penyihir jahat Hiruko Ubusuna. Di samping menjadi game Shinobi pertama yang digarap menggunakan 3 graphic, game ini juga “mendobrak” konsep permainan side-scrolling yang selama ini selalu digunakan di mana kali ini, Hotsuma dapat bergerak dengan bebas dalam setiap level. Meski permainan difokuskan pada hack and slash, jagoanmu tetap dibekali dengan shuriken serta ninja magic yang bisa digunakan selama dalam permainan.

PS2 - Shinobi 04

Keunikan dari game ini terletak pada senjata milik Hotsuma yakni Akujiki, pedang yang selalu memangsa jiwa siapapun yang ditebasnya – termasuk orang yang memegangnya. Hal ini membuat health milik Hotsuma terus berkurang jika ia tidak membunuh lawan dalam waktu tertentu, sehingga gamer harus menghabisi lawan dengan cepat untuk mencegah hal ini terjadi. Uniknya, menghabisi lawan-lawan yang muncul dengan cepat akan memberikan soul lebih banyak untuk “memuaskan” Akujiki. Berkat gameplay dan hadirnya berbagai fitur yang fresh, Shinobi berhasil meraih sukses dan mendapat pujian dari berbagai kalangan.

 

Nightshade
Platform: PlayStation 2 (2003)

nightshade-09

Satu tahun kemudian, Sega kembali menampilkan sequel keduanya yakni Nightshade (Kunoichi jika di Jepang) yang dibintangi oleh seorang ninja wanita bernama Hibana. Ia adalah seorang ninja yang bekerja di bawah naungan pemerintah, dan ditugaskan untuk menumbangkan Nakatomi Corporation yang kembali melepaskan Hellspawn ke dunia. Tidak hanya itu, Hibana juga bertugas mendapatkan kembali pecahan pedang Akujiki yang digunakan oleh Hotsuma untuk menyegel para Hellspawn dalam game pertamanya. Agak disayangkan bahwa meski mempertahankan gaya permainan yang hampir sama dengan Shinobi, Nightshade tidak mampu meraih kesuksesan yang sama.

PS2 - Kunoichi 03

Berbeda dengan Shinobi, permainan dalam Nightshade tidak difokuskan pada membunuh lawan secepat mungkin, melainkan menghabisi musuh sebanyak mungkin dengan memakai beragam teknik (misalnya kombinasi serangan dan ninja magic) untuk mendapatkan skor tinggi. Jalannya permainan juga lebih linear di mana setiap stage biasanya akan berujung pada boss battle; dan hal tersebut menjadi salah satu kelemahan dalam Nightshade yakni kurangnya variasi permainan, sehingga dapat membuat gamer merasa cepat bosan.

 

Wall Shinobi 01

Did You Know?

  • Sejumlah karakter populer dihadirkan sebagai musuh dalam game The Revenge of Shinobi, diantaranya adalah Batman, Spider-Man, Rambo, hingga Godzilla.
  • Meski memakai kata Shinobi, namun The Revenge of Shinobi yang dirilis di handheld Game Boy Advance tahun 2000 lalu tidak memiliki hubungan apapun dengan seri Shinobi buatan Sega.
  • Joe Musashi muncul sebagai playable character dalam game Sonic & All-Stars Racing Transformed, mengendarai quad bike dan dapat menembakkan fireball.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.