Review Game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain – The last gift from Hideo Kojima is…awesome!!

107

Hanya terdapat satu kata yang cocok untuk menjabarkan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yakni: excellent. Sebagai game Metal Gear Solid terakhirnya, Hideo Kojima mencurahkan semua kemampuannya untuk menciptakan permainan yang sempurna. Dan kerja kerasnya selama ini terbayar sudah karena hampir semua elemen permainan (bahkan mungkin seluruhnya) dalam MGS V terasa sangat solid, sehingga tidak berlebihan rasanya kalau The Phantom Pain dinobatkan sebagai game Metal Gear Solid terbaik!!

Screen MGS V Phantom Pain 02

A Solid Performance
Meski sempat diragukan oleh gamer karena menampilkan bentuk permainan yang berbeda, utamanya karena mekanisme open world yang dipakainya, Ground Zeroes berhasil mematahkan semua pandangan negatif melalui gameplay-nya yang mantap. Namun di luar dugaan, The Phantom Pain membawa gaya permainan tersebut ke tingkat yang jauh lebih tinggi!! Lewat dunia permainan yang sangat luas, gamer dapat menemukan banyak cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan setiap misi, baik itu menggunakan metode penyerangan secara frontal maupun memakai taktik stealth. Dan hebatnya, pihak developer mampu menyediakan “sarana” yang mantap untuk kedua metode tersebut sehingga bisa dijalani dengan smooth tanpa ada kekurangan apapun.

Salah satu fitur menarik yang disertakan ke dalam permainan adalah Reflex Mode, di mana waktu bakal bergerak secara lambat selama beberapa detik, memberikan kesempatan bagimu untuk menjatuhkan musuh yang mendeteksi keberadaanmu sebelum ia memanggil bantuan. Dan asyiknya, hal tersebut berlaku untuk SEMUA jenis musuh!! Kehadiran fitur ini jelas sangat berguna mengingat betapa besarnya area permainan dalam The Phantom Pain, di mana kemungkinan untuk bertemu musuh di tempat yang tidak terduga bisa terjadi. Bagi mereka yang menganggap kalau Reflex Mode terlalu “curang”, atau yang ingin mencari tantangan lebih, jangan khawatir karena fitur ini dapat diaktifkan atau dimatikan kapanpun juga koq.

Screen MGS V Phantom Pain 09

Weapon modification juga menjadi fitur yang sangat mendukung mekanisme permainan open world dalam The Phantom Pain, karena skenario peperangan bisa berubah kapanpun juga. Mengotak-atik senjatamu bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan, karena setiap customization tidak hanya memberikan ability baru tapi juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebagai contoh, AM MRS-4 Rifle dapat diberi grenade launcher attachment namun bobotnya bertambah, atau meningkatkan jangkauan serangannya dengan resiko sulit dipakai di tempat-tempat sempit. Oh, jangan lupakan dengan Fulton Recovery System di mana kalian dapat mengirim berbagai hal ke markasmu, yang akan membawa kita ke bagian menarik selanjutnya yakni…

Screen MGS V Phantom Pain 03

Build Your Own Army!!
Yup, The Phantom Pain memberikan kesempatan bagi gamer untuk menciptakan pasukanmu sendiri, sesuai dengan lore-nya di mana Venom Snake – nantinya menjadi Big Boss – menguasai armada yang besar. Nantinya, semua personil yang kalian kirim ke Mother Base (di samping benda, binatang hinga kendaraan) menjadi pasukanmu. Serunya, mereka dapat dilatih dan ditugaskan ke beragam divisi berbeda sesuai dengan skill yang dimiliki setiap individu; mulai dari Research and Development (R&D), Intel, Medical, Support, Combat Unit, Hingga Base Development. Dengan meningkatkan level para staff dalam setiap divisi, maka semakin besar pula keuntungan yang dapat kalian peroleh nantinya lho.

Memangnya, apa sih keuntungan memiliki Mother Base? Jangan salah; markasmu memiliki peranan yang tidak kalah penting penting dalam menjamin keberhasilan Snake ketika melaksanakan setiap misi. Sebagai contoh, makin tinggi level staff R&D maka semakin banyak equipment baru yang bisa kalian gunakan dalam peperangan, sementara Intel dapat memberikan info lebih banyak mengenai resource yang dapat diperoleh dalam map yang dimainkan. Divisi yang (menurut penulis) paling penting adalah Combat Unit, di mana kalian dapat mengirimkan pasukanmu sebagai mercenary untuk menjalankan beragam side-mission demi mendapatkan uang – resource utama yang memiliki peranan besar dalam game ini!!

Screen MGS V Phantom Pain 06

Mengatur Mother Base dapat menjadi aktivitas di luar peperangan yang menarik untuk dijalankan, bahkan mungkin dapat menyita sebagian besar waktumu jika kalian menyukai game yang dilengkapi fitur micro management. Di samping itu, gamer dapat melakukan banyak kegiatan menarik (bahkan kegiatan konyol sekalipun!!) seperti melatih mereka, mencari Diamond, mengunjungi tempat binatang-binatang kirimanmu disimpan, dan masih banyak lagi. Intinya, Mother Base jadi tempat di mana kalian bisa melepaskan ketegangan setelah menjalani peperangan yang melelahkan, agar kita dapat menjalankan tugas berikutnya dengan baik.

Screen MGS V Phantom Pain 08

Beyond the Gameplay
Tidak hanya menampilkan gameplay yang seru dan menantang, kehadiran fitur-fitur pendukung lain yang berkualitas menjadi nilai tambah tersendiri bagi The Phantom Pain. Mulai dari storyline yang kelam namun menarik karena dihiasi beragam intrik, voice acting nan mantap yang mampu “menghidupkan” setiap karakter, dan masih banyak lagi. You gotta have to try it for yourself… it’s really addicting!!

Overall Score: 9/10

Publisher: Konami
Developer: Kojima Productions
Genre: Action
Release: September 2015
Platform: PC, PS3, PS4, X360, XONE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.