Review Game Monster Hunter X – Introducing “Hunter Arts” and “Styles”

42
Memikirkan “what’s next?” jadi hal paling penting untuk menjaga kelangsungan hidup seri game yang telah eksis dalam waktu lama – salah satunya adalah seri Monster Hunter hasil garapan Capcom yang sudah malang-melintang selama 11 tahun di dunia gaming. Sudah banyak fitur permainan baru dan menarik yang telah dikembangkan oleh pihak developer untuk menjaga agar gameplay-nya tetap terasa fresh, meski inti permainannya tetap sama yakni berburu monster. Termasuk dalam Monster Hunter X yang dirilis di handheld 3DS. Apa saja sih fitur baru yang dapat gamer temukan dalam game ini?

Screen Monster Hunter X 15

Arts and Styles of Hunting
Fitur yang pertama adalah Hunting Arts, serangan khusus yang berbeda dari serangan biasa karena dapat menghasilkan efek yang berbeda-beda seperti meningkatkan damage, memulihkan health hingga memberikan buff untuk karaktermu. Sebagai contoh, Escape Runner memungkinkan jagoanmu untuk memakai Panic Running tanpa mengurangi stamina, Karyuudo no Oasis (berarti Hunter’s Oasis) akan memberikan healing station yang bisa memulihkan para Hunter di dekatnya, sementara Tekkoumi (yakni Iron Body) membuat jagoanmu kebal terhadap serangan monster selama beberapa waktu, tapi sebagai gantinya kita tidak dapat berlari.

Hal menarik lainnya dari Hunter Arts adalah: setiap jenis senjata memiliki arts tersendiri yang dapat kalian gunakan ketika menghadapi para monster. Untuk senjata jenis Great Sword misalnya, gamer dapat menggunakan Shishi Yadoshi (Lion’s Maw) yakni menyimpan energi agar serangan berikutnya menghasilkan damage yang dahsyat, sementara Translash bagi senjata jenis Switch Axe memungkinkan pemain untuk memakai Axe Mode dan Sword Mode dalam satu serangan kombo. Masih banyak ragam Hunter Arts lain yang dapat kalian gunakan selama dalam permainan, jadi sebaiknya kalian coba saja sendiri nanti.

Screen Monster Hunter X 01

Sementara itu, Hunting Style merupakan 4 attack style yang dapat ditambahkan ke dalam satu senjata. Mereka adalah: Guild Style yang mempunyai keseimbangan dalam menyerang dan bertahan, Aerial Style yang memungkinkan gamer untuk menyerang secara bebas di udara, Striker Style yang lebih memfokuskan serangan pada pemakaian Hunter Arts, dan Bushido Style yang memungkinkan jagoanmu untuk melancarkan counterattack dengan kekuatan dahsyat setelah berhasil menghindar dari serangan monster (tapi jika gagal maka resikonya lumayan berbahaya lho).

Hanya melalui kedua fitur tersebut, plus (seperti biasa) munculnya sejumlah monster baru yang dapat diburu, Monster Hunter X mampu menyajikan permainan berburu monster yang tidak hanya menantang tapi juga fresh!!

Publisher: Capcom
Developer: Capcom
Genre: Action-RPG
Release: November 2015
Platform: Nintendo 3DS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.