Satellite Reign ~ The true spiritual successor to the classic Syndicate!

143
Masa depan adalah dunia yang tidak sempurna, penuh dengan korupsi, manipulasi informasi, teknologi cyber, augmentasi tubuh, dan lingkungan hidup yang dibatasi dengan hukum yang sesuai dengan kehendak perusahaan-perusahaan raksasa. Seperti inilah hidup dalam dunia permainan Satellite Reign, sebuah game open-world cyberpunk terbaru hasil ciptaan 5 Lives Studio.

Cukup aman untuk mengatakan kalau Satellite Reign adalah generasi penerus game Syndicate yang sesungguhnya, karena mengambil inspirasi yang sama dan bahkan menggunakan konsep permainan yang serupa, tetapi tampil lebih inovatif dan modern. Satellite Reign menempatkan kamu dalam posisi memimpin empat orang karakter (agent) yang menjalani beragam misi, dalam sebuah kota futuristik yang penuh nyala lampu neon, dengan segala detail keindahan yang bergaya seperti kota cyberpunk dalam Blade Runner atau sejenis.

sr-002

Stylish Cyberpunk World
Kota ini bebas untuk kamu jelajahi, semakin banyak misi yang kamu lakukan, semakin banyak pula area-area baru yang bisa diakses. Satellite Reign tidak membatasi aturan bermain, sejak awal permainan kamu sudah bebas untuk memilih misi-misi yang ingin diselesaikan terlebih dahulu. Setiap misi bahkan mempunyai solusi yang berbeda-beda dan kamu bebas untuk memilih cara yang paling sesuai dengan gaya permainan yang diinginkan.

Keempat karakter yang kamu kendalikan mempunyai class yang berbeda, yaitu: Soldier, Support, Hacker, dan Infiltrator. Masing-masing punya peran, skill, dan kemampuan bertarung yang berbeda-beda. Soldier dapat menggunakan senjata berat tanpa memperoleh penalti, ia juga menyimpan slot senjata yang lebih banyak dibandingkan karakter lain. Support adalah karakter yang dapat memberikan bonus energi dan regenerasi nyawa, ia juga dapat menggunakan skill “World Scan” untuk menganalisa infrastruktur bangunan dan memperoleh informasi musuh.

sr-008

Sesuai namanya, Hacker dapat menggunakan kemampuan mereka untuk meretas terminal, menghentikan kamera, dan bahkan mengendalikan drone dan musuh lain. Kamu juga harus menggunakan kemampuan “Hijack” milik Hacker untuk memperoleh clone baru. Sedangkan karakter terakhir, Infiltrator mengandalkan kemampuan cloaking dan sniper mereka untuk membunuh musuh dari jarak jauh dan menyelinap diam-diam.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bebas untuk menyelesaikan setiap misi dengan cara dan solusi yang menurut kamu paling sesuai. Kamu dapat menggunakan Hacker untuk membuka pintu belakang sebuah fasilitas yang dijaga oleh banyak musuh, sehingga pasukan kamu dapat menyelinap melalui rute yang lebih aman. Atau kamu juga dapat menggunakan augmentasi tubuh pada setiap karakter, sehingga mereka dapat menggunakan jalur rahasia, seperti melewati saluran angin atau melintasi area dengan menggunakan zipline.

sr-009

Guerilla Warfare
Kemampuan unik dari setiap karakter juga memberikan kebebasan dalam bertindak di berbagai macam situasi. Menemukan base musuh yang terlalu banyak penjaga? Hijack beberapa musuh dan suruh mereka saling bertarung satu sama lain. Terlalu banyak kamera yang mengintai pergerakanmu? Kirim Hacker untuk mengatasi kamera tersebut, atau kamu juga bisa merusak generator listrik untuk memadamkan semua kamera di area tersebut. Pemain yang kreatif juga dapat menemukan banyak cara unik lainnya dalam menembus base pertahanan musuh.

Dunia open-world Satellite Reign dipenuhi dengan beragam jenis faksi-faksi unik. Kamu dapat memperoleh upgrade senjata, armor, augmentasi baru, atau berbagai macam bonus menarik lainnya, sehubungan dengan menyelesaikan misi-misi yang tersedia pada setiap faksi. Kamu juga mempunyai kesempatan untuk memperoleh informasi baru sehubungan dengan misi-misi tertentu, seperti membayar seseorang untuk mengetahui rute rahasia yang bisa digunakan untuk mengakses markas musuh. Atau menyelesaikan side-mission yang dapat memberikan akses baru ke tempat baru yang sebelumnya sulit dijangkau.

Dari setiap misi yang berhasil kamu bereskan, ada berbagai macam upgrade dan nilai experience yang bisa diperoleh. Experience ini digunakan oleh setiap karakter untuk mengakses skill-skill baru, membuat mereka menjadi lebih kuat, dan bahkan termasuk memperoleh slot perlengkapan baru sehingga mereka dapat membawa item yang lebih banyak. Setiap senjata, armor, dan barang-barang baru yang kamu peroleh menawarkan berbagai macam alternatif baru dalam menyelesaikan misi-misi berikutnya.

sr-003

Sayangnya, tampilan luar dunia permainan Satellite Reign yang terlihat menawan, menyimpan beberapa kekurangan saat kita melihat lebih dekat. Salah satu kekurangan terbesar dalam game ini adalah tingkah laku A.I. yang kurang pintar dan bahkan tidak dikemas dengan baik. Seringkali kamu dapat menemukan pasukan musuh yang tiba-tiba terjebak di pintu, mendadak berhenti tanpa sebab, atau bahkan penduduk kota yang bertindak bodoh seperti memasuki area terlarang yang membuat mereka saling bertarung satu sama lain.

Kekurangan lainnya terletak pada permainan late-game, karena hampir semua misi yang kamu peroleh belakangan terasa repetitif dan kurang bervariasi. Pada akhirnya, pasukan kamu yang sudah full equip dan penuh dengan augmentasi super, dapat memilih untuk membinasakan semua musuh tanpa perlu taktik dan strategi baru.

Di balik kekurangannya, Satellite Reign masih tetap tampil sebagai game cyberpunk yang sangat menghibur. Setidaknya jika dibandingkan dengan game FPS Syndicate remake dahulu yang tampil gagal total, Satellite Reign jauh lebih sukses dalam meneruskan generasi permainan Syndicate yang klasik.

sr-007

Scoring: 8/10

Publisher: 5 Lives Studios
Developer: 5 Lives Studios
Genre: Strategy, Action, RPG
Release: 28 Agustus 2015
Platform: PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.