RPG Maker MV Siap Menyambangi PS4, Switch dan Xbox One di Tahun 2019

766

Di samping hanya senang memainkannya, bisa dipastikan kalau banyak di antara gamer yang tertarik untuk menciptakan game sendiri. Untuk memfasilitasi hal tersebut, banyak calon developer berbakat menggunakan produk bernama RPG Marker (dikenal dengan nama RPG Tkool di Jepang), program yang memungkinkan user-nya untuk menciptakan game bergenre RPG sendiri dengan menggunakan beragam tool yang terdapat di dalamnya. Tidak sedikit permainan menarik yang telah dihasilkan dengan memakai software tersebut dan bahkan sudah beredar di Steam, di antaranya adalah Corpse Party buatan Makoto Kedōin pada tahun 1996 lalu!

Seiring dengan berjalannya waktu, software tersebut terus mengalami perkembangan melalui kehadiran berbagai judul, contohnya RPG Maker 2000 rilisan 5 Juli 2000 di Jepang (7 Juli 2015 di kawasan Amerika) yang menjadi piranti lunak paling banyak digunakan. Judul paling gres adalah RPG Maker MV, dirilis oleh Degica pada tanggal 23 Oktober 2015 lalu, dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih simpel tapi juga lebih baik ketimbang installment-installment sebelumnya. Di antaranya adalah multiplatform support di mana game yang dihasilkan bisa dimainkan di PC maupun mobile platform (Android dan iOS), tampilan dengan resolusi lebih besar, hingga pemakaian JavaScript yang memungkinkan user untuk menciptakan permainan yang lebih kompleks.

Awalnya hanya bisa dinikmati oleh kalangan PC gamer, di tahun 2018 ini akhirnya console gamer bisa merasakan serunya membuat RPG sendiri dengan menggunakan software tersebut, di mana NIS America mengumumkan bahwa mereka akan merilis RPG Maker MV di ketiga gaming console utama – PlayStation 4, Switch dan Xbox One – sekitar tahun 2019 nanti. Bagi yang berminat, kalian sudah dapat melakukan pre-order bagi bundel RPG Maker MV Limited Edition di NIS America Online Store yang dijual dengan harga $59.99, di mana gamer akan memperoleh copy RPG Maker MV, RPG Maker MV Creator’s Log, Official Soundtrack, dan Collector’s Box.

Yang menarik, adanya dukungan dari RPG Maker MV Player yang dapat diunduh secara gratis memungkinkan gamer di seluruh dunia untuk memainkan judul-judul yang dikembangkan memakai software tersebut meski tidak memiliki RPG Maker MV. Cool! [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.