Saksikan Film Captain America: Civil War dalam Video Stop Motion Berikut Ini

557

 

Film Captain America: Civil War memang akan tayang sebentar lagi. Antusiasme penggemar salah satu tokoh pahlawan super besutan Marvel ini pun tidak terbendung lagi. Salah satunya adalah TheGeeks, YouTuber yang rajin membuat film-film Hollywood versi mereka sendiri di platform berbagi video paling terkenal di dunia milik Google ini.

TheGeeks adalah saluran di YouTube yang hingga saat ini sudah mengunggah 65 video salah satunya berjudul ‘CIVIL WAR The Stop Motion Movie’. Kebanyakan video buatan dirinya menampilkan ulasan serta adegan-adegan film Hollywood terbaru. Semua tokoh pahlawan super pada video ini menggunakanaction figure berukuran sekitar 20 cm. Pada pembukaan video film Captain America: Civil War ini kita akan melihat bagaimana Falcon tengah mendiskusikan sesuatu dengan Captain America. Berpindah ke adegan lain, Iron Man dan War Machine sedang meluncur dari atas langit menuju ke tempat mereka berada. Dilatarbelkangi oleh efek suara yang serupa dengan yang disajikan di film aslinya, adegan pertempuran langsung dimulai.

Film Captain America

Iron Man berhadapan dengan Captain America, sedangkan Falcon melayani War Machine. Adegan baku hantam pun terjadi pada film Captain America: Civil War versi TheGeeks ini. Tetapi karena film yang berdurasi 2 menit 33 detik ini berformat stop motion, semua adegan perkelahian sedikit mengundang gelak tawa. Setiap tinjuan yang dihantamkan oleh Captain America kepada Iron Man dibarengi dengan efek suara yang menghibur. Sama halnya ketika Iron Man mencoba meledakkan Captain America dengan misil di tangan kanannya.

Sayangnya, film Captain America: Civil War berformat stop motion ini harus bersambung ke bagian berikutnya ketika Captain America dan Falcon terlihat mengeroyoki Iron Man. YouTuber bernama TheGeeks sendiri digawangi oleh Daniel Virgen yang di dalam bio akun Twitter resmi miliknya mengaku sebagai sutradara sekaligus sinematografer. Hingga artikel ini ditulis, video ‘CIVIL WAR The Stop Motion Movie ini sudah mendapatkan hampir 200 ribu pengunjung dengan 3776 like.

Apa itu teknologi video Stop Motion?

Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan.Stop motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan.

Film Captain America

Teknik stop motion sendiri mulai ada pada tahun 1906 yang ditemukan oleh Stuart Blakton. Stuart Blakton menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya denganstill camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Teknik stop motionanimasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50 sampai 60-an bahkan sampai saat ini.

Di lain pihak, film Captain America: Civil War yang disutradarai oleh Joe Russo ini mengisahkan tentang perseteruan antara para pahlawan super. Sebuah keputusan pemerintah mengharuskan para pahlawan super mendaftarkan identitas mereka. Kebijakan tersebut membuat kelompok pahlawan super terbelah dua. Kelompok pro-kebijakan pemerintah dipimpin Iron Man, sementara kelompok kontra dipimpin Captain America. Di Indonesia, Captain America: Civil War bisa disaksikan pada awal Mei 2016. Tertarik menonton? Sebelum menonton film aslinya di bioskop, ada baiknya kita menonton film stop motion-nya di bawah ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.