Salt and Sanctuary – Now this is what true “2D Dark Souls” looks like!!

702

Apa yang terbesit di benak gamer tentang Dark Souls? Sebagian besar mungkin akan menjawab bahwa seri game garapan FromSoftware tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan bahkan bisa membuat para pemainnya stress. Tapi alih-alih membenci franchise tersebut, banyak gamer yang justru malah ketagihan dengan permaian tersebut. Alhasil, Dark Souls berhasil memperoleh kesuksesan yang besar, dan menjadi inspirasi untuk para game developer lain untuk menciptakan permainan yang tidak kalah menantang. Tak terkecuali dengan game Salt and Sanctuary garapan Ska Studios ini.

Screen Salt and Sanctuary 05

Into the Dark-Gloomy World
Di sini gamer bakal berperan sebagai pengawal seorang putri yang hendak dinikahkan dengan pangeran dari kerajaan tetangga, dalam rangka mempertahankan kedamaian di muka bumi. Namun belum juga sampai di kerajaan yang dimaksud, kamu harus bertarung menghadapi pasukan zombie dan makhluk-makhluk undead lainnya. Meski berhasil mengalahkan banyak musuh dalam pertarungan, sesosok monster bertubuh besar berhasil menyerang dan menyebabkan jagoanmu kehilangan kesadaran. Dan begitu terbangun, jagoanmu mendapati bahwa dirinya terdampar di pesisir pantai, dan dari sanalah tugasmu dimulai: mencari tahu apa yang terjadi pada sang putri, juga dalang di balik penyerangan yang terjadi.

Hal yang langsung terlihat ketika kalian memainkan game ini adalah gaya visual 2D yang gloomy, dan bagaimana desain karakter dalam game ini tampil tidak terlalu “menggoda”. Tapi tampil dengan desain karakter yang biasa-biasa saja tidak membuat Salt and Sanctuary lantas menjadi game murahan lho. Hadir dengan warna-warna kelam, game ini berhasil memperlihatkan lingkungan yang misterius dan diliputi kegelapan. Tak hanya itu, berbagai efek gore saat menyerang lawan juga sangat terasa melalui pekatnya warna merah dari darah yang terciprat, setiap kali sang karakter utama menebas musuh. Bicara soal karakter utama, di sini gamer dapat memilih satu dari beberapa class yang mempunyai gaya bertarung yang berberda serta skill bawaannya masing-masing.

Yang menarik, di samping menyediakan beragam class standar seperti Knight, Mage, Paladin, Thief, Cleric, dan Hunter, game ini juga menampilkan 2 class yang mungkin terlihat aneh yakni Chef dan Pauper (berarti “orang fakir”). Pasti kalian penasaran, bagaimana caranya seorang chef yang biasanya berurusan dengan membuat masakan, bertarung menghadapi makhluk-makhluk undead yang ganas? Semuanya akan terjawab saat kalian mencobanya sendiri, namun yang jelas bermain sebagai Chef dapat memberikan tantangan yang menarik. Oh iya, tiap karakter bisa diberi nama, dirubah gendernya, juga didandani sesuai dengan keinginanmu.

Screen Salt and Sanctuary 15

Praise the Salt!!
Walaupun Salt and Sanctuary didominasi dengan gaya permainan hack-and-slash tetapi gamer tak lantas bisa dengan mudah menebas musuh-musuh yang ditemui dalam setiap level. Ada hal penting yang mesti diperhatikan, terutama sistem Stamina yang dimiliki oleh karakter. Jadi jika kalian menyerang secara membabi-buta maka stamina jagoan utamamu akan berkurang dengan cepat, menyebabkan si karakter kelelahan dan akhirnya tidak dapat menyerang. Nggak lucu kan ketika jagoan utamamu dikeroyok musuh, eh staminanya malah habis duluan sehingga ia pun tewas secara mengenaskan? Stamina sendiri akan terisi dengan sendirinya saat pemain tidak sedang menyerang secara aktif.

Menghindar dari serangan musuh merupakan pilihan yang tepat apabila stamina karkatermu sedang sekarat.Tapi jika karaktermu mengenakan armor dan memiliki defense yang tinggi, setiap serangan lawan bisa dihadapai dengan bertahan. Tapi perlu diingat juga bahwa setiap serangan yang mendarat bisa mengurangi stamina karaktermu loh. Jadi untuk menjalani pertarungan yang efektif, hendaknya gamer memperhitungkan semua hal dalam pertarungan seperti membaca jumlah musuh, stamina, dan juga kemampuan dari karakter yang digunakan.

Screen Salt and Sanctuary 03

Selain itu, ada pula fitur permainan yang disebut “Salt” dan “Sanctuary”. Sesuai dengan namanya, Sanctuary merupakan sebuah tempat aman yang bisa digunakan untuk memulihkan kondisi, juga meningkatkan kemampuan jagoanmu. Kamu bisa menaikkan level karakter, membeli skill baru dan mendatangkan merchant. Keberadaan mereka cukup penting karena melalui merchant, pemain bisa membeli berbagai item yang mereka jual. Tapi bukan berarti Sanctuary bisa dengan mudah diakses sejak awal permainan karena sebelumnya, kalian harus menemukan lokasi dan memasangkan simbol dari dewa kepercayaanmu. Ada banyak dewa yang bisa diikuti, dan dewa tertentu bisa meningkatkan ability berbeda pada karaktermu.

Fitur yang kedua adalah Salt. Dengan mengalahkan musuh maka kita akan mendapatkan sejumlah Salt yang bisa digunakan untuk menaikan level karaktermu. Jika gauge yang berada di bagian kiri-bawah layar sudah terisi penuh maka kita dapat memakainya untuk meningkatkan level jagoanmu. Namun keputusan berada di tangan kalian sendiri; apakah akan langsung menaikan level setiap kali gauge Salt terisi penuh, atau mengumpulkan sebanyak mungkin Salt untuk menaikkan beberapa level secara langsung. Tapi ingat, setiap kali karaktermu mati maka jumlah Salt milikmu akan diserap oleh musuh yang menghabisi nyawamu, dan bisa kita ambil kembali dengan mengalahkannya. Tapi jika dalam prosesnya kamu kembali mati, maka Salt tersebut akan hilang selamanya!!

Screen Salt and Sanctuary 09

The Verdict
Meski menggunakan visual 2D, game ini tetap menyajikan kualitas visual yang tinggi dan mampu menciptakan suasana kelam, misterius serta sedikit menyeramkan. Kualitas visual ini juga didukung oleh gameplay dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi, sehingga para pemain dipaksa untuk terus berjuang demi menyelesaikan permainan. Dengan banyaknya skill yang dapat dipilih untuk setiap class, maka kalian bakal menjumpai gaya bermain yang berbeda untuk tiap karakter. Hal itu membuat Salt and Sanctuary menjadi sebuah game yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh mereka yang ingin mencari permainan yang menantang!!

Overall Score: 8/10

Publisher: Ska Studios
Developer: Ska Studios
Genre: Action-RPG
Release: Mei 2016
Platform: PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.