Skyhill – The express elevator to Hell!

34

Meski dikatakan sebagai game horror, Skyhill lebih tepat jika disebut sebagai roguelike RPG yang mencampurkan elemen horor ke dalam mekanisme permainannya. Skyhill mempunyai konsep permainan yang unik: kamu ditempatkan di sebuah hotel bernama Skyhill yang terdiri dari 100 lantai. Saat kamu menginap di hotel tersebut, seluruh dunia terkena sejenis wabah yang membuat umat manusia berubah menjadi mutan-mutan mengerikan. Satu-satunya jalan keluar dari Skyhill adalah dengan menuruni 100 lantai yang ada dan mencoba bertahan hidup melawan para mutan tersebut!!

skyhil-06

Di setiap lantai hotel kamu dapat mencari makanan dan menemukan barang-barang yang bisa digunakan untuk menciptakan senjata, atau peralatan bertahan hidup lainnya. Kamu juga harus memperhitungkan semua aksi dan tindakan yang dilakukan, karena hal ini dapat mempengaruhi hidup matinya kamu saat menuruni lantai-lantai berikutnya. Kamu memulai permainan di lantai 100 dalam kamar VIP, yang nantinya bisa kamu upgrade menjadi home base. Kamu bebas untuk menjelajahi setiap lantai dan memeriksa semua ruangan yang ada. Tetapi aktivitas ini dapat membuat karaktermu menjadi lapar dan membutuhkan supply. Mencari makanan selalu menjadi prioritas utama karena jika karaktermu kelaparan, hal ini membuat gerakannya jadi lambat dan mengurangi nyawanya.

skyhil-01

Pada umumnya, kamu akan sibuk melakukan aktivitas turun-naik dari lantai VIP ke lantai-lantai berikutnya. Hal ini mungkin terasa monoton dan repetitif, tapi untungnya, pihak developer dengan pintar selalu menciptakan event-event yang unik di setiap lantainya. Sehubungan dengan hal ini, aksi pertarungan dalam Skyhill tampil berupa mekanisme pertarungan turn-based yang sederhana. Hasil EXP yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan status seperti damage, speed, dexterity, accuracy, dan lain sebagainya.

skyhil-0723

Sayangnya, Skyhill mempunyai kelemahan terbesar menjelang akhir-akhir sesi permainan. Setelah melewati lebih dari 50 lantai ke bawah, game ini menjadi sangat susah. Pihak developer sepertinya memilih untuk menaruh banyak mutan di lantai-lantai terakhir, serta membuat resources semakin sulit untuk diperoleh, ketimbang menciptakan sebuah skenario menarik yang menantang. Hal ini malah membuat para pemain semakin frustasi. Meskipun demikian, Skyhill masih tetap tampil menghibur untuk ukuran sebuah game survival horror.

Scoring: 7/10

Publisher: Daedalic Entertainment
Developer: Mandragora
Genre: Action, Survival, Horror, Roguelike RPG
Release: 6 Oktober 2015
Platform: PC, iOS, Android