Sproggiwood

Sproggiwood

650

Screen Sproggiwood 01

Sproggiwood diciptakan oleh Freehold Games, LLC sebagai game bergernre roguelike, di mana kamu memerlukan banyak strategi untuk menavigasikan sang karakter utama melewati beragam dungeon yang dihuni oleh berbagai monster yang unyu. Selain tersedia untuk iOS dan Android, sebelumnya Sproggiwood sudah hadir terlebih dulu di PC, Mac serta Steam Play. Jika kamu penggemar berat game bergenre roguelike, maka tidak ada game yang lebih cocok ketimbang Sproggiwood yang terinspirasi dari mitologi Finlandia ini.

Screen Sproggiwood 11

Not Your Typical Rougelike Games
Selama beberapa tahun terakhir, terdapat tren yang meningkat di berbagai game bergenre roguelike di mana kamu harus mengulang permainan dari awal serta progress yang hilang jika karaktermu mati. Meskipun terdengar seru dan menyenangkan, namun bagi sebagian besar orang (termasuk saya) sistem seperti ini kadang melelahkan karena harus memulai segala sesuatunya dari awal. Sisi positifnya, semakin banyak kamu bermain maka kamu akan semakin bertambah kuat. Itulah mungkin yang bisa kamu dapatkan dari game bergenre roguelike. Meskipun game dengan tema seperti ini juga memiliki banyak variasi, kamu mungkin menyukai game turn-based puzzle RPG, seperti Microgue, dengan sistem yang serupa.

Screen Sproggiwood 02

Pihak developer mengemas Sproggiwood dengan tampilan grafis bercita rasa kartun dengan visualisasi yang vibran serta kaya warna. Semua dungeon yang akan kamu jelajahi memiliki tata letak dan desain berbeda-beda, yang dihuni oleh puluhan monster yang bukannya menakutkan, namun malah membuat kamu terenyuh karena kelucuan mereka. Untuk karakter yang bakal kamu mainkan sendiri berasal dari enam character class berbeda meski dihadirkan dalam model karakter yang sama. Walaupun begitu, mereka mempunyai penampilan dan fitur unik yang membedakan antara satu dengan yang lain. Dari sisi animasi, Sproggiwood menawarkan animasi nan smooth yang kami jamin tidak akan membuat smartphone milik kamu nge-lag atau macet di tengah permainan.

Sementara itu, latar belakang bernuansa Finlandia juga sangat menggugah. Ditambah dengan efek-efek suara yang lucu, Sproggiwood sangat menggoda untuk dimainkan. Namun sayangnya, Sproggiwood tidak bisa dimainkan oleh sejuta pengguna smartphone karena game yang dibanderol dengan harga hampir Rp120 ribu ini hanya bisa dimainkan di perangkat dengan ukuran RAM sebesar 1GB ke atas.

Screen Sproggiwood 05

Unique Gameplay for You to Play
Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Sproggiwood bukanlah game bergenre roguelike biasa. Gameplay yang disuguhkan di dalam permainan ini tidak begitu saja “menghukum” kalian ketika karaktermu mati di tengah permainan. Jika mati di tengah permainan, kamu bisa mencoba mengulang permainan dari awal meski sayangnya kamu akan kehilangan semua loot yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Adapun setelah menyelesaikan satu dungeon, kamu bisa membuka stage selanjutnya atau kembali memainkan stage sebelumnya untuk mendapatkan reward yang lebih baik. Namun demikian, kamu tidak bisa semerta-merta kembali ke dungeon yang sama persis karena seluruh dungeon di dalam Sproggiwood dibuat secara random generated sehingga kamu tidak akan memasuki dungeon yang sama dua kali.

Menyapu bersih dungeon dengan karakter-karakter yang berbeda juga akan memberi kamu reward yang menarik sehingga kami sarankan, jika kamu kembali untuk mengulang permainan, sebaiknya kamu menggunakan karakter yang berbeda.

Screen Sproggiwood 12

Simple Controls and Work Well
Untuk kontrolnya sendiri, Sproggiwood versi mobile menawarkan skema yang mudah dan sederhana. Kalau ingin bergerak, kamu bisa menggunakan d-pad virtual yang terletak di sudut kanan bawah; cukup dengan melakukan tap pada tanda panah yang mengarah ke lokasi yang ingin kamu tuju. Sebaliknya, jika tak ingin bergerak dan hanya menunggu musuh mendekat, kamu bisa men-tap hourglass yang berada di tengah-tengah layar. Saat kamu berhasil mengalahkan musuh, kamu akan mendapatkan EXP dan jika sudah mencukupi, levelmu bakal meningkat. Setelah naik level, poin health pun akan bertambah sehingga karaktermu menjadi semakin tangguh. Selain bertambah kuat, kamu juga akan mendapatkan empat skill baru. Cukup memilih satu yang kamu inginkan maka sebuah tombol akan bertaman secara otomatis di bagian kiri. Untuk menggunakan skill tersebut, kamu cukup men-tap dan memilih arah serangan dengan memanfaatkan d-pad.

Selain berpetualang di dalam dungeon, Sproggiwood juga memiliki beberapa quest tambahan yang bisa kamu mainkan ketika karaktermu berada di village. Dan bagi yang suka mendekorasi, village tersebut bisa di-customize sesuai dengan keinginanmu. Sproggiwood menawarkan berbagai hal menarik yang bisa kamu lakukan di dalam game bergenre roguelike yang juga bisa menjadi RPG ini. Tampilan visual yang lucu dan menawan serta karakter-karakter yang tak kalah menariknya, bisa menghipnotis mobile gamer yang keranjingan oleh permainan semacam ini. Ditambah dengan latar musik yang superb dan enak untuk didengarkan, Sproggiwood adalah hasil karya yang mendekati sempurna.

Overall Score: 8/10

Publisher: Freehold Games, LLC
Developer: Freehold Games, LLC
Genre: Roguelike, RPG
Platform: iOS, Android
Price: Rp119.000,- (iOS), Rp131,418,- (Android)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.