Takut Bermasalah Dengan Hukum, EmuParadise Hapus Seluruh Koleksinya

432

Pada bulan Juli lalu, muncul berita di mana Nintendo melayangkan tuntutan pada situs LoveRETRO dan LoveROMs, yang menyediakan beragam emulator serta game-game klasik buatan mereka tanpa izin (dalam bentuk ROM). Tidak tanggung-tanggung, Nintendo meminta kompensasi sebesar US$150,000 untuk setiap game yang ditampilkan, dan US$2,000,000 untuk pelanggaran merek dagang, dengan jumlah total mencapai 1,4 triliun rupiah. Bahkan tidak lama kemudian, Nintendo melayangkan copyright takedown notice pada situs GitHub untuk menutup emulator Game Boy Advance (GBA) berbasis browser yang mereka miliki.

Munculnya kasus tersebut membuat EmuParadise, salah satu situs yang juga menyediakan game-game untuk beragam gaming console lawas macam NES, SNES, Sega Genesis, PlayStation, Dreamcast dan lain sebagainya dalam bentuk ROM (read-only memory) dan ISO, mengambil tindakan besar untuk menghindari terjadinya tuntutan serupa. Kini, situs yang sudah beroperasi selama dua dekade tersebut menghapus seluruh koleksi game yang mereka miliki! Hal tersebut diumumkan oleh kreator situs tersebut yang dikenal dengan inisial MasJ, dalam bentuk pengumuman yang bertajuk “EmuParadise is Changing”.

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa EmuParadise tidak lagi menyediakan game-game yang dapat diunduh dengan leluasa seperti biasanya. Perlu diperhatikan bahwa sang kreator tidak menyatakan secara spesifik bahwa Nintendo menjadi penyebab ditiadakannya seluruh game yang mereka miliki. Tetapi, EmuParadise memang pernah terlibat masalah dengan perusahaan yang dimaksud (juga dengan pihak-pihak lainnya) di mana di tahun 2017 lalu, semua judul first-party Nintendo dihilangkan dari situs tersebut. Meski begitu, MasJ sendiri menyebutkan bahwa mereka masih tetap menyediakan emulator saja (bukan ROM-nya) dan membuka community forum.

Meski banyak kalangan yang menyayangkan keputusan tersebut, namun secara teknisnya EmuParadise memang telah melakukan pelanggaran hak cipta, sehingga mereka tidak mempunyai hak hukum yang sah. Apalagi, meski game-game yang mereka sediakan bisa diperoleh secara gratis, namun EmuParadise tetap memperoleh keuntungan melalui penjualan space iklan.

Walaupun masih banyak situs lain yang menyediakan layanan serupa, dihilangkannya semua game dari situs EmuParadise menjadi pukulan yang keras bagi pecinta judul-judul game retro. Tidak hanya memiliki koleksi yang sangat luas, situs ini dikenal berkat keamanannya yang relatif tinggi, karena ROM/ISO yang ditawarkan oleh situs-situs lain sering disertai dengan beragam iklan hingga virus berbahaya. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.