That Dragon, Cancer – An emotional rollercoaster atop a tragic story

158

That Dragon, Cancer bukanlah game yang bisa dibandingkan dengan judul game lainnya. Sulit sebenarnya untuk menilai game Indie yang satu ini karena alasan dan latar belakang di balik pengembangannya tidak terikat pada batasan sebagai suatu bentuk entertainment atau hiburan bagi komunitas gamers atau bagi orang lain. That Dragon, Cancer adalah suatu realita, dan seperti namanya, game ini adalah suatu petualangan sekaligus pertarungan melawan naga masa kini yang sama-sama mematikan yaitu penyakit kanker. Bedanya, pertarungan di sini tidak dapat dimenangkan.

Wall That Dragon Cancer 01

The Background That Must Be Understood
Agar bisa lebih dimengerti, That Dragon, Cancer adalah garapan pasangan suami istri Amy dan Ryan Green yang didasarkan pada kejadian yang menimpa keluarga mereka. Kelahiran anak ketiga mereka yang dinamakan Joel diikuti oleh berita yang mungkin menjadi pengalaman paling buruk bagi pasangan suami istri tersebut, karena pada umur satu tahun, Joel didiagnosa menderita penyakit kanker otak ganas dan tidak akan bertahan hidup sampai satu tahun ke depan. Secara ajaib Joel bertahan selama 4 tahun, namun perjuangan tersebut tidak berakhir bahagia.

That Dragon, Cancer sendiri bisa disebut sebagai sebuah metafora dari kisah hidup Amy dan Ryan. Dengan visual yang sederhana, game ini didesain agar tampil lebih seperti sebuah cerita pengantar tidur; sebuah dunia abstrak di mana kalian akan bertualang dan mendengar rekaman suara Amy dan Ryan yang mengungkap perjalanan mereka dalam menghadapi penderitaan dan kematian Joel. Dengan demikian, That Dragon, Cancer tampak seperti sebuah cara bagi Amy dan Ryan untuk mengekspresikan perasaan mereka dan sebagai cara untuk melepaskan beban emosi dan mental mereka masing-masing. Tidak ada Quest untuk diselesaikan, tidak ada Achievement yang bisa dicapai, dan tidak ada poin yang bisa dikumpulkan.

Screen That Dragon Cancer 08

Petualangan kita hanya dibatasi pada kemampuan kalian untuk melihat lingkungan sekitar dan berinteraksi menggunakan satu tombol saja. Yang bisa kita temukan dan alami di dunia abstrak ini adalah perjalanan emosi yang berisi berbagai memori, pemikiran dan pencerahan dari sudut pandang manusia yang telah kehilangan anaknya dan mungkin pemahaman yang mendalam bagi beberapa orang tertentu. Game ini juga melibatkan keyakinan pribadi yang mengalami ujian yang sangat berat, dan bagaimana Amy maupun Ryan berusaha mengatasinya. Tidak hanya itu, game ini juga didesain untuk menunjukkan betapa hal-hal kecil mampu terasa sangat berarti dan menyenangkan di hadapan kengerian penyakit kanker.

Screen That Dragon Cancer 13

A Game for the Heart
That Dragon, Cancer hampir tidak bisa dikategorikan sebagai sebuah video game, tapi lebih sebagai sebuah cerita digital yang ingin menyampaikan suatu pesan. Pembuatnya mungkin memiliki tujuan mereka sendiri dalam mengembangkan game ini, namun tak bisa dipungkiri bahwa kita bisa menemukan sesuatu yang lain dari sekedar kepuasan bermain game konvensional. Jika tujuan kalian adalah entertainment sebaiknya kalian tidak menyentuh game ini sama sekali. Namun jika kalian memutuskan untuk mencobanya, That Dragon, Cancer bisa menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Overall Score: 7/10

Publisher: Numinous Games
Developer: Numinous Games
Genre: Adventure
Release: Januari 2016
Platform: Ouya, PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.