The Deadly Tower of Monsters – It’s a return to the awkward success of the 70s

669

Jaman sekarang ini rasanya sudah jarang ada gamers yang masih mengapresiasi film-film science-fiction Hollywood di era tahun 70-an. Diisi dengan adegan-adegan aksi dan efek visual serba lawas yang mencerminkan teknologi di jamannya, kebanyakan dari film tersebut tergolong film bermodal rendah atau disebut juga “B-movie”. Layaknya sinetron, B-movie adalah suatu tren pada jamannya yang dibenci sekaligus dicintai banyak orang. Jika kamu penasaran seperti apa B-movie itu, maka bergembiralah karena ACE Team telah menghidupkan kembali tren lawas ini ke dalam bentuk video game yang berjudul The Deadly Tower of Monsters.

Screen The Deadly Tower 14

Low Budget, High Quality
Atas dasar modal yang rendah, B-movie ini biasanya menampilkan cerita yang agak konyol, dimainkan oleh aktor yang kurang berbakat atau belum terkenal, dengan efek visual yang seadanya. Begitu juga adanya dengan The Deadly Tower of Monsters, di mana kalian akan menjalani alur cerita yang bisa jadi terasa garing dan tidak masuk akal sekaligus konyol, dengan tingkah laku karakter yang kaku dan menggelikan, serta dilengkapi props atau perlengkapan pembuatan film yang terkesan sangat low-budget. Tapi tak disangka, The Deadly Tower of Monster sendiri tampil memukau dengan visual yang cerah dan tajam, dan dengan animasi yang cukup baik. Suatu kejutan yang menyenangkan bila dibandingkan dengan tampilan film low-budget yang sesungguhnya.

Screen The Deadly Tower 05

Kalian akan bermain sebagai seorang penjelajah angkasa bernama Dick Starspeed yang terdampar di planet Gravoria. Di planet ini kalian menerima misi menyelamatkan penduduk asli Gravoria dengan cara mengalahkan kaisar jahat di puncak menara, dibantu oleh sebuah robot dan anak gadis dari sang kaisar jahat itu sendiri, Scarlet Nova. Tidak ada yang spesial dari ceritanya, tapi menariknya, game ini menambah tingkat kekonyolannya dengan membuat pemain ditemani oleh suara narator yang sebenarnya adalah sang sutradara itu sendiri!

Screen The Deadly Tower 02

Low Budget is The Way to Go!
Gameplay The Deadly Tower termasuk sederhana yaitu terdiri atas shooter dari sudut pandang isometrik. Tidak hanya itu, kalian akan menemukan segmen-segmen permainan dengan aksi yang unik dan beberapa tribut pada game-game atau film-film lawas yang dipresentasikan dengan cara yang konyol, misalnya saja menembaki musuh yang terbang melayang menaiki tower untuk menyerangmu seperti kebalikan dari game Space Invader. Ada kemungkinan combat lama kelamaan terasa monoton, tapi dengan 3 karakter yang berbeda dan bermacam-macam jenis senjata yang sangat imajinatif dan bervariasi, game ini mampu memberikan pengalaman bermain yang fun dan menghibur.

Overall Score: 8/10

Publisher: Atlus
Developer: ACE Team
Genre: Isometric Shooter
Release: Januari 2016
Platform: PC, PlayStation 4




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.