The Great and Powerful Gaming Laptops

244

gb_Origin PC Eon15-X 3

Dengan banyaknya judul game luar biasa yang akan atau sudah hadir tahun ini, kamu membutuhkan senjata pamungkas agar bisa memainkan judul-judul tersebut dengan lancar. Dan salah satu perangkat yang bisa membuatmu terlarut ke dalam gameplay yang menantang adalah laptop.

Tak bisa dipungkiri, PC gaming (terutama laptop) memang masih tertinggal jauh di belakang console jika berbicara soal tampilan visual grafis. Akan tetapi, laptop yang dirilis oleh vendor-vendor besar dunia sudah banyak yang memakai teknologi ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Tidak hanya spesifikasi tinggi yang sudah dibenamkan ke dalam perangkat ini, laptop juga memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh console. Bayangkan ketika kamu harus bepergian jauh ke luar kota, tinggal di tempat asing selama beberapa minggu dan kamu rindu memainkan The Evil Within di kamar hotel yang sepi, maka laptop bisa mewujudkan keinginan itu. Ya, sifat portabilitas laptop membuatnya selangkah lebih unggul ketimbang console. Untuk membuat kamu lebih mudah memilih gaming laptop terbaik, kami membuat daftarnya berikut ini.

Alienware 17 (2015)

Kalau kamu mendengar kata Alienware, kamu pasti akan membuang jauh-jauh pikiranmu ke angkasa sana dan membayangkan serangan makhluk asing ke Bumi di masa depan. Tetapi Alienware bukanlah sekumpulan makhluk-makhluk berkepala besar dengan mata yang menyeramkan, karena ini adalah sebuah laptop yang khusus digunakan untuk keperluan gaming paling tangguh di dunia. Sama seperti namanya, Alienware layaknya makhluk asing dengan kekuatan yang di luar nalar.

gb_Alienware 17 (2015) 4

Versi paling anyar dari Alienware adalah Alienware 17, yang pada tahun 2015 ini mengalami peningkatan mutakhir di sejumlah bagian tubuhnya. Beberapa upgrade menarik yang dialami oleh Alienware 17 adalah GPU Nvidia GeForce GTX 980M yang notabene merupakan mobile graphics cards paling kuat sedunia. Graphics card itu pun hanya dilengkapi dua konektor daya PCIe 6-pin dengan kebutuhan minimal power supply sebesar 500 Watt. Jadi kamu jangan terkejut kalau Alienware 17 ini akan tetap hemat daya meskipun memainkan game yang besar. Tidak hanya GPU yang ditanamkannya, Alienware 17 pun memiliki keunggulan dari segi layar yang berukuran 17 inci dan sanggup memberikan resolusi hingga 1080p.

gb_Alienware 17 (2015) 6

Alienware 17 dilengkapi dengan VRAM sebesar 4GB serta SSD mencapai 256GB dan 1TB, semuanya tergantung pilihan kamu. Menurut hasil uji terpercaya, hard-drive yang dipasang pada Alienware 17 ini bisa menawarkan kecepatan hingga 149.7 MBps ketika mencoba untuk menyalin data berukuran 5GB. Secara lengkap, Alienware 17 berjalan pada kecepatan clock 2.5GHz dengan prosesor Intel Core i7-4710HQ CPU dengan RAM 16GB.
[nextpage title=”Razer Blade”]

Razer Blade (2015)

Dari namanya kamu sudah bisa menebak kalau laptop yang satu ini memang khusus digunakan untuk bermain game. Dan memang serupa dengan nama yang disandangnya, laptop yang sudah lama dikenal sebagai gaming laptop ini mempunyai desain ramping setajam pisau. Dengan ukuran layar 14 inci, Razer Blade 2015 membenamkan GPU Nvidia GeForce GTX 970M yang bisa meningkatkan frame rates saat bermain game. Apalagi Razer Blade berjalan dengan prosesor Intel Core i7, kamu bisa bermain game seberat apapun dengan mulus.

gb_Razer Blade 3

Tidak berbeda jauh dengan Alienware 17, Razer Blade menggunakan layar sentuh dengan resolusi cantik hingga 3200 x 1800 piksel untuk memanjakan mata gamers di seluruh dunia. Meskipun GPU yang bersemayam di dalam mesinnya adalah GPU kedua terkuat di dunia, Razer Blade menawarkan performa sama baiknya dengan menggunakan dapur pacu berupa Inter Core i7-4700HQ yang berjalan pada kecepatan clock 2.6GHz serta RAM berkapasitas 16GB. Untuk semakin menambah kenyamanan pemakaiannya, gamers juga akan mendapatkan touchpad Synaptics berukuran 4.2 x 2.5 inci yang ergonomis.
[nextpage title=”Gigabyte P25X v2″]

Gigabyte P25X v2

Gigabyte P25X v2 memiliki bodi seperti salah satu punggawa Tranformers, Bumblebee. Bagaimana tidak? Seluruh lapisan permukaannya dilapisi oleh warna kuning yang elegan dengan bezel keperakan di sisi-sisi layarnya. Dengan mengombinasikan keindahan visual dan kekuatan gahar, Gigabyte melepas P25X v2 dengan prosesor Core i7, pengolah grafis GeForce GTX 880M GDDR5 8GB, dan layar bening full-HD 1080p. Agar bisa memberikan waktu yang lama untuk bermain game, P25X v2 menggunakan baterai 8-cell P25X v2 memiliki daya 3000mAh yang cukup kuat menemani aktifitas kamu selama 7 jam 22 menit.

gb_Gigabyte P25X v2

GPU Nvidia GeForce GTX 880M dengan GDDR5 8GB di dalam P25X sudah memiliki cukup kemampuan untuk memenuhi spesifikasi yang dituntut oleh sebagian besar game PC yang beredar saat ini. Jadi, kalau kamu bermain BioShock Infinite dengan menggunakan laptop ini, maka permainan kamu akan menjadi pengalaman indah dengan layar 1080p yang tampil halus dan menawan. Layar full-HD 1920 x 1080 piksel milik Gigabyte P25X v2 mungkin bukan layar laptop dengan resolusi terbesar saat ini, namun tak bisa ditolak kalau layarnya ini mampu menampilkan gambar yang terperinci dan kaya akan warna.
[nextpage title=”MSI GT80 Titan SLI”]

MSI GT80 Titan SLI

MSI memang sudah lama dikenal akan konsistensinya akan gaming laptop bertenaga gahar. Salah satu produk paling anyar miliknya adalah GT80 Titan SLI yang juga merupakan gaming notebook pertama yang menggunakan keyboard mekanik dari SteelSeries. Januari lalu, MSI GT80 Titan SLI juga sempat hadir dalam ajang Consumer Electronic Show 2015 di Las Vegas. Ini adalah notebook dengan layar 18 inci yang dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7-4980HQ alias prosesor kategori ekstrem. Kartu grafisnya memang sangar karena menyematkan VGA NVIDIA GTX 980M sebanyak dua unit yg terhubung dengan SLI.

MSI GT80 Titan SLI 3

Tidak hanya itu, laptop “monster” ini membenamkan RAMD hingga 32GB dengan dukungan untuk 4x M.2 SATA SSD pada konfigurasi RAID 0 serta sistem pendinginan dual fan yang efisien dalam membuang panas dari kartu grafis dan prosesor dengan desain 8-heat pipe yang diusungnya. MSI GT80 Titan SLI juga memiliki hal yang unik karena kamu bisa mengganti hardware laptop dengan hanya membuka panel di atas laptop. Di dalamnya kamu akan menemukan M.2 SSD, dan tempat drive 2.5 inci, serta dua buah kartu grafis Nvidia GTX 980M SLI.
[nextpage title=”Lenovo Y50 Touch 4K”]

Lenovo Y50 Touch 4K

Lenovo memang terkenal sebagai vendor tangguh di dunia laptop karena keunggulannya memproduksi business laptop yang menyeimbangkan fungsi produktivitas dan hiburan, seperti ThinkPad dan hybrid laptop, Yoga. Dan baru saja, Lenovo merilis gaming laptop Y50 yang dibekali dengan fitur layar sentuh beresolusi 4K. Pertanyaannya sekarang, apakah Lenovo Y50 Touch 4K cukup tangguh untuk menantang vendor-vendor yang sejak dulu kala memang sudah mantap memproduksi gaming laptop?

gb_Lenovo Y50 Touch 4K 2

Lenovo Y50 Touch 4K memiliki ukuran bodi seluas 15.6 inci yang kalau dilihat dari bentuknya, tidak terlalu menyerupai gaming laptop berukuran besar. But size doesn’t matter, begitu kata pepatah. Ukurannya memang tidak sekokoh Gygabyte, tetapi Y50 Touch 4K ini menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 860M sehingga untuk urusan gaming tidak perlu ditanyakan lagi. Sesuai dengan nama yang diusungnya, laptop ini menawarkan kecanggihan layar dengan resolusi 4K yang bisa menutupi segala kekurangan yang bisa dimiliki oleh layar HD standar. Sebagai tambahan, Y50 Touch 4K juga dibekali dengan prosesor Intel Core i7 4700HQ 2.4GHz dengan RAM 16GB serta ruang penyimpanan seluas 256GB.
[nextpage title=”Origin PC Eon15-X”]

Origin PC Eon15-X

Kalau kamu belum mendengar nama ini, tidak perlu khawatir. Pasalnya Origin PC Eon15-X memang tidak setenar Alienware atau Lenovo dalam memproduksi laptop, setidaknya di Indonesia. Origin PC Eon15-X memberikan portabilitas sebuah laptop yang sempurna yang dipadukan dengan kekuatan desktop PC. Sebagai contoh, Origin PC Eon15-X menggunakan GLPU Nvidia GeForce GTX 980M yang dipasangkan dengan CPU Intel Core i7-4790K 4GHz berkekuatan desktop. Kombinasi yang manis ini dilengkapi juga oleh 1TB HDD dan 240GB SSD. Sudah jelas kalau Origin PC Eon15-X memang mengunggulkan kekuatan PC maha dahsyat di dalam kemasan komputer jinjing yang portabel.

GB_Origin PC Eon15-X

Tidak berhenti sampai di sana, Eon15-X pun menjejalkan layar bersudut luas bertipe LED yang bisa menampilkan gambar secara tajam dalam detail yang lengkap. Tetapi apalah daya sebuah gaming laptop tanpa teknologi audio yang membahana? Origin PC Eon15-X menjawab kebutuhan tersebut dengan SOUND BLASTER X-FI di mana teknologi audio ini bisa memproduksi suara yang jernih hingga ke helaan nafas karakter game yang tengah kamu mainkan.
[nextpage title=”HP Omen”]

HP Omen

Meskipun berbodi tipis, HP Omen adalah salah satu penantang laptop khusus untuk game yang saat ini sudah banyak beredar. Komponen tangguh yang ditawarkan oleh laptop ini sangat mumpuni, mencakup prosesor quad-core Intel Core i7-4710HQ 2,5 GHz, RAM 8 GB, media penyimpanan SSD hingga 512 GB, layar LCD IPS 15,6  inci, dan kartu grafis GeForce GTX 860 4GB GDDR5. Kelengkapan lain yang bisa kamu dapatkan dari laptop yang dibanderol dengan harga Rp 18,2 juta ini termasuk empat port USB 3.0, fitur BeatsAudio, standar Wi-Fi 802.11ac 2×2, baterai 4-cell yang diklaim bisa bertahan selama hampir 5 jam, serta sistem operasi Windows 8.1 64-bit.

gb_HP Omen

HP Omen dilengkapi dengan speaker Beats Audio di yang terletak di bawah perangkat agar output suara tak terhalang tangan gamers yang tengah asyik bermain. Sementara itu, keyboard HP Omen 15 juga dilengkapi dengan LED backlight. Kartu GeForce GTX 860M yang digunakannya mengusung 640 CUDA core berkecepatan 540MHz yang dipadukan dengan 40 TMUs, dan 16 ROPs. Kartu grafis GeForce GTX 860M ini dikawinkan dengan memori 2GB GDDR5 berkecepatan 5GHz dengan antarmuka memori 128-bit.
[nextpage title=”Asus RoG G751JY”]

Asus RoG G751JY

Asus RoG atau yang dikenal dengan nama model Asus RoG G751JY adalah salah satu dari tiga lini RoG yang dipersiapkan oleh Asus untuk tahun ini. Dunia gaming adalah dunia yang berharga bagi Asus. Terbukti dengan lini produk RoG atau Republic of Gamers miliknya yang dinamis dan inovatif. Dan RoG G751JY adalah gaming laptop dari Asus yang menyasar kelas premium. Laptop ini dapat menyajikan performa gaming tertinggi yang ditambah fitur overclock TurboMaster dengan sistem pendingin dual-fan yang pintar dengan tujuan untuk menjaga temperatur supaya tetap sejuk walaupun digunakan selama belasan jam.

Asus ROG 1

Agar bisa bermain game dengan leluasa dan tanpa kendala, RoG G751JY dipersenjatai prosesor Intel Core i7-4720HQ, GPU Nvidia GeForce GTX 980M, RAM 8GB atau 32GB, serta opsi penyimpanan 8GB SSH atau 128GB SSD yang dipadu dengan hard disk 1TB. Dari segi konektivitas, perangkat ini melengkapi diri dengan port Thunderbolt, SD card reader, audio surround, port VGA, tiga slot USB 3.0, HDMI, hingga LAN. Sementara layar anti-glare miliknya berukuran 17 inci dengan resolusi 1080p. Keyboard yang dipasangkan dengan RoG G751JY mempunyai kedalaman setebal 2,5 mm yang bersifat ergonomis sehingga gamers tidak perlu khawatir jari-jemari mereka akan kelelahan menekan beragam tombol kontrol saat bermain The Witcher 3. Adapun Asus menjejalkan internal subwoofer Bass Eye untuk menjawab minimnya kemampuan audio notebook gaming tanpa tambahan headphone atau sistem audio eksternal.


 

Jika diibaratkan, laptop dan console memang seolah dua sisi mata pisau yang saling melengkapi, tetapi juga bisa saling mengiris. Meskipun keduanya menyediakan ragam judul game yang melimpah, tetapi pengalaman bermain yang diberikan keduanya jelas berbeda. Namun, sifat laptop yang portabel membuat kamu bisa membawanya ke mana-mana. Jadi, kamu tidak perlu ragu ingin bermain game besar di laptop. Tapi ingat, tidak semua laptop bisa kamu pakai bermain game.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.