(Tips & Tricks) Uncharted 4: A Thief’s End – Treasures

178

CHAPTER 02: INFERNAL PLACE

Item: Panamanian Cat Pendant

Turunlah ke sumur di tempat Nate memperoleh grappling hook dan temukan treasure ini di dalam ceruk kecil.

Item: Navaja Folding Knife

Ketika memanjat menara untuk pertama kalinya, turunlah ke lantai dasar dan dapatkan treasure ini di antara reruntuhan.

CHAPTER 03: THE MALAYSIA JOB

Item: Antique Padlock

Di awal permainan, berenanglah ke kanan untuk menemukan treasure ini di bawah sebatang pohon yang tumbang.

Item: Chiriqui Shark Trinket

Dapatkan treasure ini di dalam gua di sebelah kiri, di pertengahan jalan menuju trailer yang hancur.

Item: Antique Pocketwatch

Dari trailer yang hancur, pergilah ke timur laut menuju dinding batu untuk menemukan treasure ini.

Item: Antique Arcade Token

Di geladak kapal, naiki tangga di tengah dan dapatkan treasure ini di sebuah rak di seberang crane.

CHAPTER 06: ONCE A THIEF

Item: Mughal Water Container

Turuni tebing pertama lalu tujulah tebing di ujung kiri untuk menemukan treasure ini.

Item: Nephrite Brass Cup

Pergilah ke gedung di belakang pohon jeruk dan temukan treasure ini di jendela belakangnya.

Item: Viking Cloak Clasp

Setelah cutscene, kembali ke ruangan yang tadi kalian masuki dan dapatkan treasure ini di atas meja di pojok ruangan.

Item: Mother of Pearl Horn

Setelah cutscene berikutnya, pergilah ke balkon dan belok kanan untuk menemukan treasure ini di dinding tanaman merambat.

Item: Persian Bronze Bowl

Di gudang makanan, lewati meja bundar dan temukan treasure ini di tumpukan dus berisi makanan di balik terpal biru.

Item: Brass Barber’s Bowl

Temukan treasure ini di bawah tangga yang kalian turuni untuk mencapai gudang penyimpanan anggur.

Item: Syrian Vase

Setelah keluar dari ventilasi, lompati selusur di taman dengan gerbang terkunci dan naiki tangga yang kalian lihat menuju atap untuk menemukan treasure ini.

Item: Persian Candlestick

Naiki tangga yang diturunkan oleh Sam, lalu masuki ruangan berpintu merah dan naiklah ke atap lewat jendela. Lompat ke balkon di kanan dan dapatkan treasure ini di pilar paling tengah.

Item: Mughal Dagger

Setelah cutscene di mana Nate terjatuh, lompat ke pipa di depanmu dan turun ke pipa lain di bawahnya. Lompat ke seberang, bergerak ke kiri menuju perairan lalu turun ke tepian di bawahnya. Bergerak ke kanan dan naiki pilar untuk menemukan treasure ini.

CHAPTER 08: THE GRAVE OF HENRY AVERY

Item: Redware and Silver Jug Flask

Di awal permainan, dapatkan treasure ini dengan memasuki ceruk di sebelah kirimu.

Item: Bronze Boar

Di awal permainan, pergilah ke kanan dan masuki gua di tebing untuk menemukan treasure ini.

Item: Carved Wood Kashkul

Setibanya di reruntuhan, telusuri tebing di kanan dan pergilah ke belakang pohon dekat terpal biru untuk memperoleh treasure ini.

Item: Carved Nut Bottle

Sebelum memanjat tebing, hancurkan peti-peti di dalam gua kecil untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Traveling Inkwell with Seal

Di area tempat Nate meluncur, pergilah ke belakang tebing dan masuki reruntuhan terjauh untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Carved Ivory Vanitas

Sebelum memasuki kuburan, panjat dinding di sebelah kiri pintu masuk dan dapatkan treasure ini di bawah patung.

Item: Scottish Ha’penny

Setibanya di catacomb, masuki ruangan berisi patung di kirimu untuk menemukan treasure ini.

Item: Slipjoint Clasp Knife

Saat menemui sejumlah pasukan Shoreline, masuki sebuah terowongan untuk menghindari mereka. Di perjalanan, masuki jalan kecil untuk mencapai treasure ini.

Item: Pewter Singing Bird Box

Sebelum mengikuti Sam menaiki tebing, lompat ke gua di seberang untuk menemukan treasure ini.

Item: Tortoise Shell Snuff Box

Setibanya di puncak tebing, kembali ke tempat Sam datang dan bergantung di tepian. Turunlah ke platform di bawahmu dan dapatkan treasure ini.

Item: Persian Tailoring Scissors

Dapatkan treasure ini di bawah tangga, setelah kalian melompati sejumlah papan di atas kapal karam.

CHAPTER 09: THOSE WHO PROVE WORTHY

Item: Lantern Mounted Flintlock

Sebelum menyebrangi jembatan, ikuti jalan kecil di sebelah kiri menuju gua di bawah patung untuk memperoleh treasure ini.

Item: Strange Pendant

Setelah menyelesaikan Cross Wheel Puzzle dan menuruni tangga di antara dua pilar, turunlah ke tepian di depan gua berwarna biru. Berayunlah ke sana melalui tiang kayu untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Amatory Box

Setelah berayun ke area di dekat jembatan yang hancur, turunlah ke area di sebelah kirimu dan terus turun ke bawah untuk menemukan treasure ini.

Item: Pewter Box

Setibanya di samping catacomb, dapatkan treasure ini di belakang patung yang tumbang.

Item: Memento Mori Skull Watch

Di ruangan tempat jembatan rusak berada, turuni tebing di dekatnya untuk memperoleh treasure ini.

Item: Scottish Tipstaff

Di ruangan yang sama, temukan treasure ini di belakang keranjang dan sejumlah peti.

CHAPTER 10: THE TWELVE TOWERS

Item: Sawasa Ware Tobacco Box

Di reruntuhan pertama, panjat dinding terjauh dari tangga untuk mencapai lokasi treasure ini.

Item: Eroded Flintlock Pistol

Temukan treasure ini di dalam sebuah gua di balik air terjun pertama. Tarik peti yang ada sebagai pijakan untuk mencapainya.

Item: Mughal Ivory Powder Flask

Pergilah ke lantai dua dari menara pertama dengan memanjat dinding untuk memperoleh treasure ini.

Item: Parchment Scroll

Di reruntuhan setelah melewati menara pertama, temukan treasure ini di atas peti di lantai pertama.

Item: Ancient Fertility Idol

Di area dengan tikungan tajam, panjat formasi batuan untuk mencapai area tempat treasure ini berada.

Item: Pocket Celestial Map

Setelah melewati menara kedua, masuki reruntuhan di balik batu besar dan temukan treasure ini di dekat jendela di lantai dua.

Item: English Ale Bottle

Setelah menyaksikan konvoi truk musuh, masuki gedung merah dengan jalan menghancurkan atapnya untuk memperoleh treasure ini.

Item: Pewter Letter Cylinder

Masuki sumur yang ada di samping tebing, lalu gunakan derek mobilmu untuk menarik sebuah tiang demi mendapatkan treasure ini.

Item: Mughal Box

Setibanya di area terbuka, telusuri sisi kiri dan ikuti pilar batu hingga ke reruntuhan di puncak bukit untuk menemukan treasure ini.

Item: English Musket Bandolier

Pergilah ke reruntuhan yang ditunjukkan oleh Sully, habisi semua anggota Shoreline tea tyang ada dan tembak tong merah untuk membuka jalan menuju treasure ini.

Item: Antique Tea Tin

Masuki reruntuhan yang berada di bawah gunung berapi, kalahkan semua angota Shoreline dan ledakkan pintu pada tebing untuk memperoleh treasure ini.

• Treasure 12

Item: Scottish Two Pence Coin

Naiklah ke menara sinyal (sebelum mencapai menara terakhir) untuk mendapatkan treasure ini.

• Treasure 13

Item: Scottish Snuff Mull

Dapatkan treasure ini di halaman menara ketiga, di sebelah kanan dari tempat kalian datang.

• Treasure 14

Item: Brass and Ivory Tankard

Setelah membuka gerbang untuk Sam, temukan treasure ini di balik tumpukan peti di ruangan tempat tangga berada.

• Treasure 15

Item: Muff Pistol

Setelah Sam memasuki gerbang, masuki ruangan tersebut dan hancurkan peti-peti di sisi kanan untuk menemukan treasure ini.

CHAPTER 11: HIDDEN IN PLAIN SIGHT

Item: Earthenware Mug

Masuki dan telusuri gang di sebelah kiri tempat pemeriksaan passport untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Antique Compass

Belilah treasure ini di gerai di sebelah kanan toko daging (kalian bisa menawarnya beberapa kali).

Item: Nephrite and Jade Bowl

Setibanya di dalam menara, masuki ruangan berisi sebuah patung untuk memperoleh treasure ini.

Item: Ivory Handle Dagger

Temukan treasure ini di atas bel, pada balkon yang menghadap ke barat.

Item: Brass Globe Hand Warmer

Dapatkan treasure ini pada reruntuhan menara jam setelah cutscene berakhir.

CHAPTER 12: AT SEA

Item: Combination Lock Tobacco Box

Pergilah ke pesisir yang tertutup tanaman di dekat bangkai kapal, dan dapatkan treasure ini di dekat sejumlah tong.

Item: Brass Pocket Sundial

Menyelamlah ke dalam kapal karam di sebelah kiri pulau besar untuk menemukan treasure ini, di samping koral berwarna pink.

Item: Silver Wood and Tankard

Dari pulau tempat tengkorak yang terikat di tiang berada, pergilah ke ceruk di antara dua pohon palem di seberang untuk menemukan treasure ini.

Item: Persian Silver Pen Box

Di pulau tempat menara pertama berada, masuki gua di tepi pantai untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Panamanian Pendant

Temukan pantai kecil berisi sejumlah pohon palem, dan temukan treasure ini di balik batuan yang ada di sana.

Item: Persian Leather Notebook Case

Mendaratlah di pulau besar lalu pergilah ke belakangnya. Pergilah ke tepian di antara dua lengkungan dengan atap kapal sebagai pijakan untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Deccani Bronze Spouted Bowl

Dapatkan treasure ini di halaman yang berada di samping pintu terkunci yang tertutup oleh bayangan.

Item: Mughal Elephant Carving

Setelah Sam menghilang, lompat ke atap bangunan yang melengkung dan masuki gua di kanannya untuk mencapai treasure ini.

Item: Ottoman Helmet

Masuki bagian bawah menara di pulau besar untuk menemukan treasure ini di dalam sebuah peti.

Item: Deccani Bronze Vase

Setibanya di seluncuran lumpur, panjat tepian di kirinya dan dapatkan treasure ini di atas sebuah platform.

Item: Strange Relic

Setelah meluncur, telusuri jalan di sebelah kiri lalu panjat tebing di sebelah kirinya. Capailah grappling point di bawah pohon lalu berayun ke seberang untuk menemukan treasure ini.

• Treasure 12

Item: Hamsa Mythical Goose

Pergilah ke bagian dasar patung kedua (gunakan tali untuk berayun) demi mendapatkan treasure ini.

• Treasure 13

Item: Pique Tortoise Shell Box

Setibanya di Cistern, masuki ruang perbekalan dan menyelamlah ke dalam air untuk memperoleh treasure ini.

CHAPTER 13: MAROONED

Item: Persian Ring

Setelah Nate terbangun, panjat batuan sampai kalian menemukan dua air terjun kecil. Lompat ke sana dan bergerak ke kanan sampai ujung, lalu lompat ke tepian lain di atasnya untuk menemukan treasure ini.

Item: Wood Tankard

Ketika menelusuri jalan sebelah kiri di dalam gua berisi air terjun, temukan treasure ini di balik batu besar dekat sejumlah vas.

Item: Spy Glass

Masuki gua berisi air terjun dan dapatkan treasure ini di atas peti ketika kalian menelusuri sungai.

Item: Dress Dirk

Setelah menemukan tengkorak yang bersandar di dinding batu, masuki area di sebelah kirinya untuk memperoleh treasure ini.

Item: Frechen Bearded Bottle

Di rumah yang hancur, pergilah ke ruangan yang masih utuh lalu masuki celah di kanan untuk menemukan treasure ini.

CHAPTER 14: JOIN ME IN PARADISE

Item: Carved Horn Bird Sculpture

Di awal permainan, pergilah ke kanan dan masuki lubang di dinding lalu dekati gerobak yang ada untuk memperoleh treasure ini.

Item: Mughal Vase

Masuki toko yang memiliki sangkar burung, dan dapatkan treasure ini di gudang di lantai pertama.

Item: Ancient Stone Pot

Temukan treasure ini di sel kedua dari kiri, yang bisa dimasuki lewat lubang pada jeruji di sel paling kiri.

Item: Painted Copper Bottle

Setelah memanjat tangga di tempat persembunyian, ambil jalan ke kanan dan dapatkan treasure ini dekat papan yang rusak.

Item: Mughal Jade Bottle

Setelah Nate dan Sam turun ke gudang penyimpanan anggur, pergilah ke sisi bangunan yang rusak lalu menghadap ke kiri dan panjat dindingnya. Temukan treasure ini di tepian tempat tumpukan kotak berada.

Item: Slipjoint Claspknife

Setelah berayun dari menara yang tinggi, pergilah ke belakang bangunan yang rusak. Lompat dari tebing dan berayun menuju meja tempat treasure ini berada

Item: Large Bronze Bore

Setelah berayun menuju bangunan besar, menyebranglah ke tepian di kiri dan masuki ruangan yang ditutupi sulur untuk menemukan treasure ini di atas meja.

Item: Stout Vase

Di ruangan tempat tangga besar berada, pergilah ke sisi kanannya dan dapatkan treasure ini di atas meja.

Item: Mughal Serving Vase

Temukan treasure ini di tumpukan kursi rusak di area plaza.

CHAPTER 15: THE THIEVES OF LIBERTALIA

Item: Emerald Flask

Temukan treasure ini di bawah lemari buku yang berada di sisi kiri ruangan, di dekat lukisan kapten bertuliskan “Thief”.

CHAPTER 16: THE BROTHERS DRAKE

Item: Toy Soldier

Dekati tanaman yang menyala terang dan temukan treasure ini di atas bangku yang berada di belakangnya.

Item: Toy Seaplane

Di ruangan berisi sarkofagus, dapatkan treasure ini di atas tumpukan peti.

Item: Pirate Snowglobe

Saat Nate dan Sam memindahkan lemari buku, berdiri lalu berbalik dan lompat ke balkon di depanmu. Temukan treasure ini di sofa berwarna ungu.

CHAPTER 17: FOR BETTER OR WORSE

Item: Mughal Flared Vase

Ikuti Elena setelah menurunkan tangga sampai ia berhenti, lalu menghadap ke kiri untuk menemukan treasure ini di sebelah kirimu.

Item: Mughal Hinged Box

Setelah menemui Elena di elevator, teruskan berjalan dan turunlah ke jembatan rusak untuk mendapatkan treasure ini di atas peti.

Item: Jade Serving Bowl

Masuki kincir air dan naiklah ke lantai dua untuk mendapatkan treasure ini di balkon.

Item: Ancient Stone Bowl

Setelah melawan musuh di elevator, larilah melewati mobil menuju matahari untuk mencapai sebuah tebing dan dapatkan treasure ini di balik semak-semak.

Item: Pewter Incense Burner

Sebelum menaiki elevator tinggi, naiki tangga kecil di kanan untuk mencapai sebuah gubuk. Keluarlah lewat jendela belakangnya untuk menemukan treasure ini.

Item: 18th Century Combination Lock

Masuki kincir air pada elevator besar lewat bagian belakangnya, dan temukan treasure ini pada roda gigi besar yang berputar.

CHAPTER 18: NEW DEVON

Item: Mughal Stout Vase

Di awal permainan, pergilah ke pojok kiri belakang (ke arah sebuah tanda) untuk menemukan treasure ini di balik pepohonan.

Item: Small Mughal Dagger

Setelah melompat ke kandang pertama, lompat ke papan berikutnya lalu lompat menuju pilar di ujung kanan. Teruskan lompati pilar-pilar lain sampai ke kandang berisi kerangka, tempat treasure ini berada.

Item: Mughal Candle Holder

Berenanglah ke bagian kiri dari rumah yang terendam air, lalu pergilah ke pojok kiri belakang untuk menemukan treasure ini di dekat lengkungan.

Item: Mughal Circular Box

Dapatkan treasure ini di samping air terjun, dekat lokasi jatuhnya peti yang harus kalian dapatkan.

Item: Mughal Headdress

Setelah meluncur dari rumah yang hancur, berenang ke arah rumah berikutnya dan menyelamlah ke dalam air untuk menemukan treasure ini.

Item: Spanish Brass Chalice

Setelah berenang memasuki rumah, keluar dari kamar tidur dan telusuri lorong di kanan untuk mendapatkan treasure ini di atas sofa.

Item: Mughal Painted Elephant

Keluar dari Avery’s Mansion dan tujulah area tempat meriam berada, dan temukan treasure ini pada sebuah pilar.

Item: Mughal Dinnerware

Pergilah ke lantai dua dari ruang kerja Avery untuk menemukan treasure ini di atas meja.

CHAPTER 19: AVERY’S DESCENT

Item: Ancient Stone Vessel

Setelah Nate meluncur ke bawah dan menemukan mayat yang terikat di tiang, masuki gua di sebelah kirinya dan lompat ke bawah untuk menemukan treasure ini di tangga.

Item: Mughal Decorative Cudgel

Setelah menemui kerangka mermaid, telusuri jalan sebelah kiri lalu belok kanan menuju ceruk tempat treasure ini berada.

CHAPTER 20: NO ESCAPE

Item: Jade Flower Pendant

Sebelum menuju kapal, temukan dan lompatlah ke tebing yang dindingnya berlubang lalu panjat sampai ke atas untuk menemukan treasure ini.

Item: Stoneware Bearded Jug

Setibanya di kota kecil, dapatkan treasure ini di bangunan biru di bawah tangga yang tadi kalian turuni.

Item: Stout Jade Vase

Sebelum memakai gerobak, sebrangi sungai menuju bagian bawah rumah di dekat jembatan rusak. Masuki lubang yang ada dan dapatkan treasure ini di atas meja.

Item: Painted Spouted Vase

Setelah Sam kabur, temukan treasure ini di lantai dua bangunan rusak yang memiliki lengkungan batu.

Item: Mughal Perfume Bottle

Setelah sam kabur, masuki bangunan pertama di kiri (lewat lubang di dinding) untuk mendapatkan treasure ini.

CHAPTER 21: BROTHER’S KEEPER

Item: Mughal Enamel Bird

Dari lokasi ditemukannya jejak kaki Sam yang pertama, berayun di tiang lalu berbalik dan berayunlah ke tepian di atasmu untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Stone Vase

Di gua yang memiliki air berwarna biru, temukan treasure ini di tepian tempat sejumlah peti dan kura-kura berada.

Item: Strange Fruit

Saat berayun menuju kapal Avery, temukan sebuah gua kecil yang ditandai garis putih di sebelah kanan. Berayunlah ke sana untuk mendapatkan treasure ini.

Item: Rajasthan Box

Setelah meluncur ke gua berisi air terjun, masuklah ke dalam gua di sebelah kanan air terjun tersebut untuk menemukan treasure ini.

CHAPTER 22: A THIEF’S END

• Treasure 01

Ketika berenang menuju kapal Avery, menyelamlah melewati sebuah celah di bebatuan untuk mendapatkan treasure yang terakhir.