Warbits

150

Bagi para developer game, cara sederhana untuk menciptakan game yang menarik mungkin salah satunya adalah membawa kembali game jadul populer atau menggunakan formula yang sama dengan game populer tersebut pada video game ciptaannya. Tentu saja terdengar sederhana, namun tentu tak ada yang mudah dalam menciptakan sebuah video game. Ada begitu banyak judul game yang entah itu membawa kembali game lama atau yang menggunakan formulanya, gagal menarik hati para gamer.

Bagi kalian yang mempelajari perkembangan video game dari jaman dahulu atupun para pemain yang pernah memainkan game-game SNES, nama Advance War tidak akan asing untuk kalian. Game yang bisa dibilang “leluhurnya” game turn-based strategy ini kembali dihidupkan dalam Warbits. Menggunakan gaya permainan game yang populer pada tahun 80an ini apakah Warbits mampu memberikan para pemainnya sebuah permainan seru?

maxresdefault (1)

Lead Your Trops
Dalam Warbits kamu menjadi seorang pemimpin dari sekumpulan pasukan yang semuanya merupakan robot dan juga war vehicle. Tugas utama kalian tentu saja mengalahkan pasukan musuh sampai ke akar-akarnya dan atau menguasai markas musuh agar mereka bisa menyerah dengan sendirinya. Para robot akan terbagi atas tiga jenis pasukan yang terdiri dari light infantry, heavy infantry dan juga ranger. Mereka merupakan pasukan darat yang memiliki fungsi untuk mengambl alih markas musuh atau kota. Tak hanya itu saja, mereka juga bisa dipakai untuk menghasilkan tambahan emas yang bisa dipakai untuk membeli pasukan baru. Di sisi lain, para kendaran perang darat terbagi atas delapan jenis yang memiliki kemampuannya masing-masing. Kendaraan darat ini memiliki shield yang sanat kuat namun sangat lemah dalam menahan serangan pasukan udara. Selain kendaran perang, gamer juga bisa menggunakan kendaraan darat untuk membawa sejumlah pasukan.

Setiap pasukan bisa kalian posisikan sesuai dengan yang kalian inginkan, namun tentu saja seperti kebanyakan game strategi kamu butuh taktik jitu dalam memposisikan para pasukanmu. Kenapa? Karena posisi menentukan kemenanganmu. Saat kalian dikirim dalam sebah area peperangan, area tidak terlihat seenuhnya. Sebagian tertutup kabut yang hanya akan hilang jika didekai oleh pasuanmu. Salah sedikt saja bergerak tahu-tahu kamu sudah berada dalam jangkauan serangan musuh dan harus menerima serangan musuh-musuhmu. Tak hanya darat, area peperagan terbagi menjadi beberapa jenis seperti pegungunang, air, rumput, hutan dan banyak lagi. Setiap jenis dari area tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk tiap pasukanmu. Bisa saja kamu menggunakan hutan sebagai pelindung dari pasukanmu atau jika tidak hati-hati pasukanmu malah terperangkap dalam hutan dan jadi bulan-bulanan musuh.

2

Selain membaca area, gamer juga harus bisa menentukan bangunan musuh yang diserang pertama kali. Baik gamer dan pihak musuh memiliki empat jenis bangunan yang terdiri atas markas, kota, bandara dan juga pabrik. Jika kalian berhasil menguasai kota milik musuh pemain bakal mendapatkan keuntungan yang berupa emas (uang). Maka dengan mengumpulkan sebanyak mungkin kota gamer bia mendapatkan jumlah uang yang banyak pula. Dengan uang tersebut kamu bisa membeli sejumlah pasukan untuk memperkuat seranganmu. Di sisi lain dengan lebih dulu menguasai markas musuh, pemain akan melumpuhkan kekuatan musuh itu sendiri. Mereka tak lagi dapat mengembangkan pasukannya dan tentu saja, pasukanmu bisa dengan mudah mengalahkan mereka. Jadi tak hanya pintar menentukan posisi tiap pasukan untuk menyerang, kemampuanmu dalam mengelola keuangan juga berperan penting dalam setiap misi yang sedang dijalani.

1

Verdict
Hadir dengan kualitas grafis yang mumpuni, para pemainnya akan dihadapkan pada berbagai misi menantang secara terus menerus. Lalu buat kalian yang memang sangat ahli dalam hal strategi dan berhasil menyelesaikan misi-misi yang ada dengan cepat, tak perlu khawatir dirundung kebosanan. Warbits memberikan fitur multiplayer yang siap memberimu tantangan lain yang lebih seru untuk dimainkan bersama temanmu. Game ini merupakan pilihan yang tepat untuk kalian para pemain yang haus akan sebuah game strategi dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Overall Score: 8/10

Developer: Risky Lab LLC
Publisher: Risky Lab LLC
Genre: Turn-based Strategy
Platform: iOS
Price: Rp59.000

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.