Yo-Kai Watch – The most fun and enjoyable “ghost hunting”

691

Pada dasarnya Yo-Kai Watch mempunyai tema permainan yang serupa dengan Pokemon, hanya saja yang kalian tangkap di sini adalah beragam youkai yang – setidaknya dalam game ini – digambarkan selalu melakukan beragam hal-hal negatif. Dan untunglah kini game tersebut hadir dalam versi US karena dengan begitu, kalian dapat mengetahui bahwa ternyata tidak selamanya mereka melakukan hal tersebut hanya untuk iseng semata lho.

Screen Yo-Kai Watch 03

Contohnya adalah Jibanyan, youkai berbentuk kucing yang menjadi penyebab sejumlah truk mengalami kecelakaan karena dulunya ia mati karena ditabrak oleh truk. Yang menarik, selain kisah-kisah “ringan” seperti milik Jibanyan, Yo-Kai Watch juga berani menyertakan sejumlah background story yang dewasa. Misalnya Hidabat, youkai dengan bentuk menyerupai kelelawar yang semasa hidupnya adalah seorang hikkikomori – kalangan yang selalu menutup diri dari dunia luar, atau Manjimutt yang merupakan perwujudan dari penyesalan seorang salaryman yang meninggal secara mendadak dan tidak sempat menikmati kehidupan. Background story seperti inilah yang memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap youkai yang terdapat dalam permainan.

Screen Yo-Kai Watch 08

Karena setiap youkai biasanya menjadi penyebab di balik beragam kejadian, maka tugasmu adalah menjelajahi dunia permainan dan menyelesaikan beragam quest dari para NPC untuk memperoleh youkai baru. Meski sebagian besar mempunyai objective yang serupa di mana kalian ditugaskan untuk mendapatkan item tertentu – yang lama-lama terasa cukup membosankan, namun masih banyak quest nan unik yang bisa kalian temukan selama dalam permainan. Salah satunya adalah misteri mengenai kedua orangtuamu yang tiba-tiba saja bertengkar, di mana hal tersebut ternyata disebabkan oleh youkai bernama Dismarelda. Tapi yang membuat petualanganmu semakin menarik adalah Terror Time, yang hanya terjadi di malam hari, di mana kalian akan di bawa ke sebuah realm nan gelap dan bertugas mencari jalan keluar. Ditambah dengan kejaran Oni besar yang terus memburumu, gamer akan merasakan ketegangan yang cukup tinggi tapi mengasyikkan!!

Screen Yo-Kai Watch 13

Tapi bagaimana dengan combat system-nya? Well, seperti halnya Pokemon, dalam Yo-Kai Watch ini kalian juga dapat menjalani pertarungan dengan menggunakan beragam youkai yang kalian miliki. Tugasmu pun cukup mudah, yakni mengatur para youkai yang digunakan supaya mereka mampu bertahan dalam battle sekaligus mengalahkan musuh. Hanya saja, AI yang kurang mumpuni kadang membuat youkai milikmu sering memakai action yang tidak sesuai dengan keinginan, seperti menggunakan status attack ketika ia seharusnya melancarkan serangan fisik, dan lain sebagainya. Tapi untunglah game ini juga menyertakan fitur di mana kita dapat meningkatkan kekuatan youkai milikmu, agar mereka dapat berevolusi menjadi bentuk yang lebih tangguh. And you must admit, it’s quite fun raising your youkais.

Overall Score: 7/10

Publisher: Nintendo
Developer: Level-5
Genre: RPG
Release: November 2015
Platform: Nintendo 3DS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.