Zero Time Dilemma – ZTD will force you to make some hard decisions

669

Pernahkah kalian menonton film Saw? Dalam film itu, sejumlah individu ditempatkan dalam sebuah jebakan maut di mana untuk meloloskan diri, mereka harus mengambil keputusan yang sangat fatal – misalnya memotong kaki sendiri demi melepaskan diri dari borgol. Nah, seperti itulah kira-kira gambaran dari cerita dalam Zero Time Dilemma, bagian akhir dari seri Zero Escape yang dirilis di handheld console 3DS beberapa waktu lalu. Selama dalam permainan, kalian akan dipaksa untuk mengambil berbagai keputusan sulit demi meneruskan permainan, dan menghadapi konsekwensi dari keputusan yang telah diambil. Intens dan menegangkan memang, tapi hal itulah yang membuat cerita dari visual novel yang satu ini terasa begitu menarik untuk disimak!! Dengan mengulang bagian tertentu dalam permainan dan memilih opsi berbeda, gamer dapat membuka plot cerita baru yang menampilkan intrik-intrik tersendiri sehingga menjadi replay value tersendiri bagi Zero Time Dilemma.

Screen Zero Time Dilemma 01

You Have 90 Minutes to Play
Cerita dalam Zero Time Dilemma (ZTD) terfokus pada 3 karakter yakni Diana, seorang perawat yang lemah lembut; petugas damkar bernama Carlos yang memiliki sense of justice tinggi; dan seorang bocah bernama Q yang mengenakan penutup kepala besar. Terpisah ke dalam tiga tim yang masing-masing berangotakan 3 orang, gamer harus menentukan nasib mereka di mana hanya satu tim saja yang bisa meloloskan diri dari area tempat mereka terperangkap. Itu berarti 6 orang lainnya akan mati dengan cara-cara yang cukup mengenaskan!!

Menjalani permainan jadi hal yang menegangkan dalam ZTD karena kalian hanya mempunyai waktu 90 menit in-game untuk menyelesaikan berbagai hal, utamanya menyelesaikan puzzle berbentuk escape-the-room. Inilah salah satu bagian dalam permainan yang menarik untuk dijalani, di mana gamer harus memeriksa area sekitarmu demi menemukan beragam petunjuk maupun berinteraksi dengan objek-objek yang ada untuk mencari jalan keluar dari ruangan tempat kita berada. Jika waktunya habis maka gelang di tanganmu akan menyuntikkan sejenis zat yang akan menimbulkan amnesia di mana kita akan dipaksa untuk menjalani permainan dari poin awal lagi.

Awalnya mungkin kalian bakal merasa bingung dengan beragam petunjuk yang tersedia karena terkesan random, tapi dengan bersabar dan memutar otak maka perlahan-lahan jawaban atas misteri yang tengah kita hadapi pun mulai terkuak!! Keberhasilan ini dipastikan akan membuat para pemain semakin bersemangat, sampai kemudian kita dihadapkan pada puzzle selanjutnya yang kembali memaksa pemain untuk mikir – sebuah siklus yang justru membuat Zero Time Dilemma terasa begitu menantang. Dan meski tidak semua tugas bisa diselesaikan dalam waktu 90 menit, setidaknya kalian sudah mengetahui cara untuk memecahkan sejumlah puzzle demi mempercepat jalannya permainan.

Screen Zero Time Dilemma 08

Making Some Hard Decisions
Tapi, seperti yang dijelaskan di awal bahasan, ZTD menghadapkan pemain pada sejumlah keputusan sulit yang harus diambil. Sebagai contoh, di awal permainan (setelah melewati serangkaian peristiwa) gamer akan disuruh untuk memilih tim mana yang akan dikorbankan. Ada 4 kemungkinan yang dapat terjadi berdasarkan keputusan yang kita ambil dan semuanya akan mempengaruhi storyline dalam permainan, yakni: mengorbankan C Team (Carlos), D Team (Diana), Q Team (Q), atau membiarkan ketiga tim hidup. Konsekwensi dari keputusan yang kalian ambil adalah: tim yang dikorbankan akan mati dengan cara yang mengenaskan!!

Masih kurang ekstrim? Kalau begitu mari kita lihat contoh lainnya: dalam skenario milik Diana, temanmu Sigma terikat di kursi dan sebuah pistol – berisi 3 peluru kosong dan 3 peluru asli – mengarah ke kepalanya sehingga peluang baginya untuk hidup adalah 50:50, sementara satu orang lagi yakni Phi terjebak di ruang pembakaran. Gamer bisa memilih untuk menarik pelatuk demi menolong Phi tapi mengorbankan Sigma sebagai bayarannya – atau jika beruntung peluru yang ditembakkan adalah peluru kosong hingga semua orang selamat, atau membiarkan Phi terbakar demi menolong Sigma. Jadi, pilihan mana yang akan kalian ambil?

Screen Zero Time Dilemma 05

Pros and Cons
Tidak bisa dipungkiri kalau Zero Time Dilemma, untuk ukuran sebuah game 3DS, tampil cukup solid. Salah satu faktor utamanya adalah storyline yang digarap dengan baik sehingga – terutama berkat hadirnya sejumlah keputusan sulit yang harus kita ambil selama dalam permainan – mampu mempermainkan emosi para player. Dan dengan kemampuan untuk kembali ke poin tertentu dalam game, di mana kita dapat memilih opsi yang berbeda, hal tersebut menjadi keasyikan tersendiri bagi player di mana mereka bakal mendapati result yang berbeda serta membuka plot baru yang menarik tentunya.

Mungkin satu-satunya kelemahan dari Zero Time Dilemma adalah cutscene yang kurang dipoles dengan baik, sehingga mengurangi berbagai fitur permainan yang sudah dibawakan dengan baik – karakteristik setiap karakter yang bervariasi sehingga mampu memberi warna pada storyline-nya, voice acting yang berkualitas tinggi dan masih banyak lagi. Gerakan bibir setiap tokoh ketika berbicara yang terlihat kurang pas dengan suara yang dihasilkan, sangat mengganggu gamer dalam menikmati permainan. Padahal Zero Time Dilemma memiliki banyak character moment yang membuat cerita dalam game tersebut tampil semakin mantap. A bit sad, actually.

Screen Zero Time Dilemma 06

Overall Score: 8/10

Publisher: Spike Chunsoft
Developer: Aksys Games
Genre: Adventure
Release: Juni 2016
Platform: PC, 3DS, PS Vita

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.